Dua emiten saham baru yakni PT Panca Anugerah Wisesa Tbk dan PT Ladangbaja Murni Tbk bakal mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Ketahui selengkapnya dalam berita Finansialku berikut.

 

BEI Kedatangan Dua Emiten Saham Baru, Gimana Potensinya?

Pasar modal Indonesia akan kedatangan dua emiten saham baru. Pada awal Juni 2021, PT Panca Anugerah Wisesa Tbk. dan PT Ladangbaja Murni Tbk. bakal mencatatkan saham perdananya atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

PT Panca Anugerah Wisesa Tbk. bakal melepas 400 juta saham dalam aksi IPO saham. Dengan harga penawaran Rp 135 per saham. Perseroan akan mencatatkan saham dengan menggunakan kode MGLV.

Dengan demikian, Panca Anugerah berpotensi menggalang dana sebesar Rp 54 miliar dalam aksi IPO tersebut.

Panca Anugerah sendiri tengah dalam masa penawaran umum pada 31 Mei hingga 2 Juni 2021, tanggal penjatahan 4 Juni 2021 dan tanggal pencatatan saham pada BEI 8 Juni 2021, melansir dari Bisnis.com.

Adapun setiap pemegang satu saham baru perseroan berhak memperoleh satu waran. Setiap satu waran memberikan hak kepada pemegang untuk membeli satu saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

[Baca juga: Awas Hati-hati! Ini Daftar 26 Investasi Bodong Terbaru Di Indonesia]

 

Sementara itu, PT Ladangbaja Murni Tbk. yang merupakan distributor produk baja dan turunan baja ini menawarkan 200 juta unit saham dengan nilai nominal Rp 25. Harga penawaran saham Rp 125. Dana hasil penawaran saham perdana yang akan diperoleh Rp 25 miliar.

Selain itu, perseroan juga menerbitkan sebanyak 280 juta waran seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 35% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Bagi Sobat Finansialku yang berniat membeli saham perdana dari dua emiten tersebut, kalian bisa terlebih dulu mendengarkan audiobook di bawah ini, demi menghindari kesalahan berinvestasi.

Yuk dengarkan audiobook dari Finansialku khusus untuk kalian yang ingin investasi bercuan.

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Setiap pemegang lima saham baru perseroan berhak memperoleh tujuh waran seri I dengan setiap waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan.

 

Untuk diketahui, PT Ladangbaja Murni Tbk. telah mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 Mei 2021. Masa penawaran umum dilakukan pada 2-4 Juni 2021.

Penjatahan dilakukan pada 8 Juni 2021, pengembalian uang pemesanan dan distribusi saham dan waran secara elektronik pada 9 Juni 2021. Pencatatan saham dan waran pada BEI pada 10 Juni 2021.

Untuk jadwal waran antara lain awal perdagangan waran seri I pada 10 Juni 2021, akhir perdagangan waran seri I di pasar reguler dan negosiasi pada 4 Juni 2024 dan pasar tunai pada 6 Juni 2024.

Sedangkan periode pelaksanaan waran seri I pada 10 Desember 2021-7 Juni 2024, tanggal berakhirnya masa berlaku waran seri I pada 7 Juni 2024. Harga pelaksanaan waran ditetapkan Rp 150.

Adapun bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek untuk IPO Panca Anugerah adalah PT Henan Putihrai Sekuritas, sedangkan penjamin pelaksana emisi efek untuk IPO Ladangbaja Murni adalah PT Panin Sekuritas Tbk. dan PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk.

 

Apa sih yang biasa Sobat Finansialku persiapkan sebelum membeli saham yang baru melakukan IPO? Ceritain yuk pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Editor: Ari A. Santosa

 

Sumber Referensi:

  • Agustina Melani. 01 Juni 2021. Dua Emiten Bakal Jadi Pendatang Baru di BEI pada Awal Juni 2021. Liputan6.com – https://bit.ly/3iaoLZX
  • Dhiany Nadya Utami. 31 Mei 2021. 2 Emiten Baru Melantai di BEI Awal Juni, Cek Harga IPO & Jadwalnya. Bisnis.com – https://bit.ly/3cdz242

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2RdOwgZ