Lagi-lagi berulah, virus corona sebabkan batalnya 70 perusahaan berpartisipasi dalam Singapore Airshow 2020. Simak ulasannya berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

70 Perusahaan Batal Ikut Singapore Airshow 2020

Singapore Airshow rencananya akan digelar pada tanggal 11 hingga 16 Febuari 2020. Acara ini merupakan perhelatan pameran pesawat terbesar se-Asia. Biasanya produsen pesawat kelas dunia berduyun-duyun datang membawa karya terbaiknya.

Namun, pada tahun ini sederet perusahaan pesawat kelas dunia kompak batal untuk meramaikan acara ini. Alasannya kuatir akan terkena virus corona yang telah menyebar di Singapura.

Dilansir dari Kompas (10/02), sebanyak 33 orang warga Singapura positif terkena virus corona. Hal ini tentu menjadi faktor batalnya keikutsertaan sederet produsen pesawat. 

Dibanding dua tahun sebelumnya penurunan peserta cukup kentara pada tahun ini, setidaknya hanya akan ada sekitar 40 hingga 50 pesawat saja yang akan dipamerkan.

Singapore Airshow 2020 Diancam Corona, 70 Perusahaan Mundur 03

[Baca Juga: Gawat! Virus Corona Status Oranye di Singapura! Apa Artinya?]

 

Melansir laman CNBC Indonesia dari Bloomberg, pada tahun 2018 Singapore Airshow mampu menarik 80 ribu pengunjung dan 54 ribu peserta.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Salah satu perusahaan produsen paling terbesar di dunia, Boeing Co. akan mengurangi jumlah delegasinya, dengan alasan keamanan dan keselamatan.

Dalam keterangan resminya melansir dari Bisnis.com dari Bloomberg, Sabtu (09/02). Boeing menyatakan bahwa “Seperti kebanyakan peserta pameran lainnya, kami akan menyesuaikan kehadiran kami di pameran.” Ungkap Boeing.

Dua peserta pameran yang menyatakan batal adalah pemain raksasa seperti, Lockheed Martin dan Raytheon.

Leck Cet Lam selaku Managing Director dari Singapore Airshow mengonfirmasi pembatalan kedua perusahaan itu.

“Jumlah perusahaan yang memutuskan tidak hadir itu sekitar 8% dari total perusahaan yang sudah menandatangani kesepakatan untuk hadir.” Dikutip dari laman Tirto.id dari SMCP, Senin (10/02).

Singapore Airshow 2020 Diancam Corona, 70 Perusahaan Mundur 02

[Baca Juga: Gawat! Ada WNI Terinfeksi Virus Corona di Singapura]

 

Nyatanya, ajang pameran pesawat ini telah menjadi siklus ekonomi yang menguntungkan pemasukan Singapura, namun tahun ini penjualan tiket diprediksi menyusut dibanding pada dua tahun sebelumnya.

“Kami mengupayakan untuk menjual tiket (lebih sedikit) sehingga pengunjung terkontrol. (Jumlahnya) secara signifikan kurang dari setengah dari tiket yang dijual pada pertunjukan sebelumnya,” Lanjut Leck, melansir dari laman Tirto.id dari SMCP.

Selain itu, panitia juga memberlakukan regulasi pengecekan ketat terhadap para pengunjung yang bakal hadir. Salah satu antisipasinya yakni melakukan pengecekan suhu di pintu saat kedatangan.

Melansir dari Tirto.id dari Reuters “Singapore Airshow 2020 juga mengadopsi kebijakan ‘tanpa kontak’ dan mendorong pengunjung untuk mengadopsi salam bisnis alternatif, ketimbang berjabat tangan selama pertunjukan,” Ungkap Leck.

 

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai berita di atas? Jangan lupa utarakan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

Anda juga bisa menyebarkan kabar ini pada rekan-rekan Anda melalui beberapa pilihan yang tersedia di bawah. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Nurul Qomariyah Pramisti. 10 Febuari 2020. 70 Perusahaan Mundur dari Singapore Aishow Akibat Corona. Tirto.id – https://bit.ly/2H8A0P9
  • Muhammad Idris. 09 Febuari 2020. Gegara Corona, 70 Perusahaan Ramai-ramai Mundur dari Singapore Airshow. Kompas.com – https://bit.ly/2OF1Gzh
  • Yustinus Andri DP. 09 Febuari 2020. Perusahaan Penerbangan Ramai-Ramai Tarik Diri dari Singapore Airshow 2020. Bisnis.com – https://bit.ly/2UzOcIR
  • Barratut Taqiyyah Rafie. 10 Febuari 2020. 70 perusahaan ramai-ramai mundur dari Singapore Airshow gara-gara corona. Kontan.co.id – https://bit.ly/37frQ1I
  • Tahir Saleh. 10 Febuari 2020. Kacau! Corona Bikin Peserta Singapore Airshow 2020 Mundur. CNBC Indonesia – https://bit.ly/31D0Kkb

 

Sumber Gambar:

  • Singapore Airshow 01 – http://bit.ly/31Gc6Us
  • Singapore Airshow 02 – http://bit.ly/39kvrx9
  • Singapore Airshow 03 – http://bit.ly/3bs0poU