Status waspada virus corona di Singapura jadi oranye! Lalu apa artinya status oranye ini?

Simak penjelasan lengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apa Arti Status Oranye Virus Corona di Singapura?

Jumat, (07/02) lalu, status waspada Disease Outbreak Response System Condition (Dorscon) dari virus corona di Singapura berubah menjadi oranye setelah sebelumnya berwarna kuning.

Melansir laman liputan6.com, Ministry of Health (MOH) memutuskan untuk menaikkan tingkat peringatan risiko dari warna kuning ke oranye karena terjadi beberapa kasus virus corona di Singapura.

Virus ini bahkan tersebar meski ada pasien yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok. Perubahan status ini akan berpengaruh pada lingkungan sekolah, tempat kerja, dan lembaga layanan kesehatan di Singapura.

Status kewaspadaan ini, dilansir dari beberapa laman berbeda, memiliki empat fase, yaitu hijau, kuning, oranye, dan merah dengan arti yang berbeda untuk masing-masing warna, yaitu:

  1. Hijau, yang diartikan tidak ada masalah wabah yang serius. Memiliki dampak gangguan minimal pada kehidupan sehari-hari seperti pemeriksaan di perbatasan, saran perjalanan. Warga disarankan untuk lebih menjaga kebersihan dan diam di rumah bila sakit.
  2. Kuning, ada penyebaran ringan wabah penyakit. Memiliki dampak gangguan minimal pada kehidupan sehari-hari seperti tindakan tambahan di perbatasan dan/atau pengaturan layanan kesehatan, ketidakhadiran di kantor atau di sekolah. Warga disarankan menjaga kebersihan dan memperhatikan imbauan kesehatan dari otoritas setempat.

Waduh! Masker Wajah Bisa Tangkal Virus Corona_ 01

[Baca Juga: Lakukan 5 Langkah ini Agar Tidak Tertular Virus Corona]

 

  1. Oranye, penyebaran wabah sangat serius yang berdampak luas terhadap kesehatan masyarakat di satu negara. Ada gangguan pada perjalanan internasional, seperti karantina, pengecekan temperatur, dan pembatasan pengunjung rumah sakit. Masyarakat disarankan untuk bertanggung jawab secara sosial, jika sakit untuk tetap diam di rumah dan menjaga kebersihan pribadi, periksa kesehatan, dan mematuhi langkah-langkah pengendalian dari pihak terkait.
  2. Merah, penyebaran virus sudah sangat darurat dan tidak terkontrol yang memerlukan tanggap darurat dan kemungkinan dilakukan pengarantinaan wilayah (lockdown). Memiliki dampak gangguan besar pada kehidupan sehari-hari, seperti penutupan sekolah, perintah bekerja dari rumah, dan terjadi kematian yang signifikan. Warga diimbau untuk menjaga jarak sosial dan menjauhi area yang ramai.

 

Sementara itu, perubahan status kewaspadaan menjadi oranye juga mempengaruhi beberapa lembaga dan fasilitas umum yang ada di Singapura, seperti yang Finansialku lansir dari laman liputan6.com di bawah ini:

 

#1 Sekolah

Terjadi penangguhan yang berlangsung hingga liburan sekolah pada Maret 2020.

Direktur sekolah di Ministry of Education, Liew Wei Li menjelaskan bahwa langkah penangguhan ini bertujuan untuk mengurangi pembauran dan paparan siswa terhadap orang banyak.

Disampaikan pula oleh MOH (Ministry of Health), sekolah akan terus menerapkan langkah-langkah yang disempurnakan, seperti contohnya adalah mempersingkat waktu istirahat dan kegiatan sekolah dalam kelompok yang lebih kecil.

 

#2 Lembaga Layanan Kesehatan

Pada lembaga layanan kesehatan yang ada di Singapura, diberlakukan penerapan penyaringan suhu tubuh dan kontrol yang lebih ketat dimulai dari titik masuk di rumah sakit.

Dikatakan bahwa Rumah Sakit juga akan memperkenalkan langkah-langkah merawat pasien dengan pneumonia secara terpisah dari pasien lain untuk mengurangi risiko infeksi, sebagaimana dilansir dari laman liputan6.com.

 

#3 Perusahaan

MOH menyarankan semua perusahaan agar mengukur suhu tubuh karyawannya sebanyak dua kali sehari. MOH juga mengimbau perusahaan untuk terus mewaspadai karyawan dengan gejala gangguan pernapasan.

MOH juga menyarankan semua tempat kerja di Singapura untuk bekerja dari rumah atau tim secara terpisah.

 

Waspada Virus Corona

Menanggapi perubahan status waspada ini, Kedutaan Besar RI di Singapura meminta seluruh WNI yang ada di Singapura untuk terus waspada terkait perubahan warna ini.

“KBRI Singapura mengimbau seluruh WNI yang berada di Singapura untuk tetap tenang, bertindak secara bertanggung jawab, sebisa mungkin menghindari keramaian jika tidak mendesak, menjaga kesehatan dan kebersihan #IniDiplomasi #NegaraMelindungi.” Kata KBRI melalui akun resmi twitternya, dikutip dari laman news.detik.com, Minggu (09/02).

Tak Tertahan, Penyebaran Virus Corona Pengaruhi Sektor Ekonomi 01

[Baca Juga: Bukan Hanya Tubuh, Virus Corona Juga Serang Ekonomi Global]

 

Menambahkan pernyataan KBRI, mengutip laman kompas.com, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, melalui Safe Travel, meminta WNI yang ada dan/atau akan ke Singapura untuk melakukan pencegahan, seperti:

  1. Menjaga stamina fisik dan psikis
  2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  3. Rutin mencuci tangan
  4. Menggunakan masker
  5. Mengurangi aktivitas di luar rumah
  6. Menghindari interaksi keramaian publik.

 

Sobat Finansialku, Finansialku membutuhkan bantuan Anda untuk sama-sama mengulurkan tangan, bergotong royong dalam membantu saudara-saudara kita yang ekonominya terdampak langsung oleh virus corona.

Mereka tidak bisa hidup tanpa bantuan kita!

Oleh karena itu, mari kita tanggalkan ego, bersama-sama membantu meringankan beban mereka dengan memisahkan sebagian kekayaan kita untuk berdonasi bersama Finansialku. Tekan tombol di bawah ini, terima kasih!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Untuk sahabat Finansialku yang ada di Singapura, jangan lupa untuk terus melakukan pencegahan-pencegahan dan tetap menjaga stamina dengan rutin mengonsumsi vitamin yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, ya!

Finansialku butuh bantuan Anda untuk menyebarkan informasi penting ini pada rekan-rekan Anda, agar semakin banyak sahabat Finansialku yang mengetahui kabar ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Fitri Haryanti Harsono. 9 Februari 2020. Status Waspada Virus Corona di Singapura Berubah Oranye, Apa Makna dan Pengaruhnya?. Liputan6.com – http://bit.ly/3boLImz
  • Indra Komara. 9 Februari 2020. Virus Corona di Singapura Berstatus Oranye, WNI Diminta Hindari Keramaian. News.detik.com – http://bit.ly/38p5vR3
  • Retia Kartika Dewi. 9 Februari 2020. Memahami Kenaikan Status Singapura Menjadi Oranye untuk Virus Corona… Kompas.com – http://bit.ly/37jnAyA
  • Admin. 8 Februari 2020. Status Virus Corona di Singapura Jadi Oranye, KBRI Imbau Ini. Ayobandung.com – http://bit.ly/38pT0UY
  • Admin. 9 Februari 2020. Dampak Wabah Corona di Singapura, Kenali Kode Warna Ini. Kabar24.bisnis.com – http://bit.ly/2SxFsAk

 

Sumber Gambar:

  • Singapore Update – http://bit.ly/3boGzux