Bagaimana cara cepat registrasi dan mengaplikasikan SIPP online BPJS Ketenagakerjaan? Tahukah Anda manfaat SIPP Online bagi para pekerja?

Simak dulu yuk informasi lengkapnya pada artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Kegunaan dan Manfaat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda pemilik perusahaan maka wajib untuk mendaftarkan setiap individu ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Badan resmi pemerintah ini akan memberikan jaminan perihal keselamatan jiwa dari para pekerja.

Pemilik perusahaan umumnya memberlakukan potongan terhadap gaji. Potongan ini merupakan iuran bersifat wajib yang harus disetorkan ke BPJS rutin setiap bulannya.

Lalu data dari setiap karyawan yang diikutsertakan bisa pemilik usaha akses kapanpun dan dimanapun dengan layanan aplikasi canggih bernama saluran informasi pelaporan perusahaan (SIPP).

Pemilik perusahaan dengan bebas dapat melakukan pendaftaran tiap pekerjanya dan menggunakan laporan data secara online tanpa antri.

Transaksi kegiatan yang umumnya dikelola oleh SIPP online berupa pendaftaran karyawan, perpindahan karyawan, pembayaran iuran wajib bulanan dan laporan upah karyawan.

 

Tahapan Pendaftaran dan pengelolaan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Setiap pemilik usaha akan mendaftarkan dirinya beserta karyawannya untuk memperoleh suatu jaminan yang diberikan BPJS ketenagakerjaan. Proses pendaftaran saat ini tidak serumit yang Anda bayangkan.

Dukungan teknologi masa kini yang canggih, mampu pihak BPJS berikan kepada Anda. Anda cukup melakukan proses secara online, data tersimpan aman dan segera lakukan konfirmasi offline ke kantor BPJS ketenagakerjaan di wilayah Anda.

 

#1 Proses Registrasi Secara Online BPJS Ketenagakerjaan

Anda harus melakukan beberapa langkah registrasi secara urut. Beberapa langkah tersebut adalah Anda cukup membuka website resmi BPJS ketenagakerjaan.

Website tersebut yakni BPJSketenagakerjaan.go.id. Jika laman telah terbuka maka Anda cukup mengklik kalimat daftarkan saya. Biasanya setelah klik maka akan muncul tiga pilihan.

Klaim-JHT-BPJS-Ketenagakerjaan-Aplikasi-eKlaim-1-Finansialku

[Baca Juga: Apa Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Kontrak?]

 

Pilihan tersebut antara lain: perusahaan, individu, dan pekerja migran. Ketika Anda menjatuhkan pilihan kepada item perusahaan. Maka lengkapi dengan menginput email perusahaan yang Anda miliki.

Jika sudah diinput alamat email perusahaan, Anda cukup menunggu balasan email dari pihak BPJS ketenagakerjaan.

Setelahnya ada beberapa langkah berikutnya yang bisa Anda ikuti. Jika semua langkah terpenuhi, Anda bersegera menyerahkan persyaratan ke kantor BPJS ketenagakerjaan pada area Anda.

Langkah ini untuk mendapatkan nomor kepesertaan yang digunakan untuk registrasi SIPP secara online.

Registrasinya tetap dapat dilakukan secara online. langkah-langkahnya antara lain:

  • Anda buka situs BPJSketenagakerjaan.go.id.
  • Setelah masuk ke halaman yang dituju dan telah terbuka. Anda silahkan klik daftar SIPP online. Pada bagian ini terdapat form online yang wajib diisi sesuai dengan data yang sesungguhnya.

Setelah selesai lalu masukkan nomor kepesertaan BPJS ketenagakerjaan.

 

#2 Cara Untuk Mendaftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online

Adopsi teknologi canggih dari BPJS ketenagakerjaan memberikan dampak positif terhadap pengguna layanan.

Mereka akan diberikan kemudahan pengoperasiannya hanya dengan fasilitas internet yang dimiliki. Kemudahan cara untuk mendapatkan SIPP online bisa dilakukan langkah mudah.

Definisi SIPP Online Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan]

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SIPP bisa langsung otomatis diperoleh dengan memenuhi pengisian form pada website resmi BPJS ketenagakerjaan.

Anda hanya perlu memilih item menu pendaftaran, dan memilih perusahaan. Jika sudah dipilih, beberapa langkah setelahnya segera dilaksanakan. Sehingga SIPP online sudah bisa disajikan kepada Anda.

Walaupun sangat mudah Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang mengikat.

Persyaratan tersebut berupa dokumen penting dari karyawan dan diri Anda pribadi yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Persyaratan mengikat tersebut jika dijabarkan secara online berupa pengisian data pokok seperti: nama-nama pekerja, alamat email milik perusahaan, nama dari perusahaan, dan lain sebagainya.

Jika sudah selesai tahapan selanjutnya bisa dijalankan dengan tetap melakukan pengisian data vital.

Ketika Anda telah sempurna dan lengkap untuk pengisian data dalam sistem online. Maka secara otomatis account dari SIPP BPJS ketenagakerjaan online dapat dioperasikan secara sempurna pada waktu yang sama.

Hal yang perlu Anda garis bawahi terkait account SIPP online yakni, satu account dapat Anda pergunakan untuk beberapa jenis perusahaan milik Anda. Akan tetapi perusahaan Anda yang lain harus ber NPP berbeda.

 

#3 Cara Menjalankan Sistem SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online

Ketika semua proses telah dijalankan untuk mendapatkan account dari SIPP online. Hal selanjutnya yang tidak kalah pentingnya terkait cara penggunaan yang tepat.

Pada awal pengoperasian SIPP online, Anda diharuskan untuk mengetikkan email beserta password yang mengikatnya.

Langkah selanjutnya, ketika Anda memiliki lebih dari satu perusahaan yang telah terdaftar dalam SIPP online, maka Anda harus melakukan sortir satu perusahaan saja untuk dilakukan pengolahan datanya.

Jika perusahaan sudah tersortir, Anda bisa melakukan perbaikan terhadap data dari pekerja. Kalau Anda memutuskan untuk menambah pekerja baru dalam sistem SIPP online, maka Anda cukup mengklik item tambah karyawan baru.

Setelah halaman tersebut terbuka, segera isikan kelengkapan data pekerja baru yang Anda miliki.

Pada langkah ini biasanya timbul suatu polemik. Jika pekerja baru Anda sudah mempunyai nomor BPJS ketenagakerjaan, maka Anda cukup menginput nomor yang masih aktif tersebut.

Lain halnya jika pekerja Anda belum mempunyai nomor, maka sudah menjadi kewajiban Anda untuk mendaftarkannya ke pihak BPJS ketenagakerjaan. Ketika semua tahapan ini terselesaikan dengan baik, Anda tidak perlu khawatir.

Karena semua data yang Anda inputkan sudah otomatis tersimpan dalam database SIPP BPJS ketenagakerjaan online. Selain itu langkah approval juga langsung dilakukan oleh sistem SIPP online.

 

Kemudahan Yang Diberikan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP online telah memberikan beribu manfaat kemudahan untuk penggunanya. Terlebih pihak perusahaan yang sangat menginginkan pemerataan kesejahteraan untuk karyawannya.

Pihak perusahaan tidak perlu susah lagi untuk merubah, menambah dan memantau data pada SIPP online setiap bulannya.

Aplikasi BPJS ketenagakerjaan memang tidak diragukan lagi performanya. Semoga kedepannya tetap berkinerja baik untuk sistem online-nya.

Apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik? Tenang, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana, selamat membaca.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, kapan Anda ingin mendaftar SIPP online BPJS Ketenagakerjaan?

Jangan lupa ajak teman atau saudara yang juga peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikuti panduannya sesuai artikel di atas ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Maret 2018. SIPP Online: Panduan & Cara Pendaftaran Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Sleekr.co – http://bit.ly/2JovfTx
  • Ferry Rinaldi. Cara Daftar dan Menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2018. Kembar.pro – http://bit.ly/2XzBN5B
  • Admin. Sudah dengar Tentang SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan? Cek Manfaat dan Cara Daftar Di sini. Halomoney.co.id – http://bit.ly/2JBJWBz
  • Admin. Mengenal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Manfaat dan Cara Penggunaan. Karyaone.co.id – http://bit.ly/32eROBl
  • Admin. 24 Februari 2019. Cara Antri Online BPJS Ketenagakerjaan. BPJS-online.com – http://bit.ly/2XSyeLM

 

Sumber Gambar:

  • Pengguna Laptop – http://bit.ly/2Jw5aAx
  • SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan – http://bit.ly/2YJskty