Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan

BPJS Ketenagakerjaan dibutuhkan! Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan. Apakah Anda juga sudah merasakannya?

Kalau belum, simak beberapa alasan berikut ini mengapa BPJS Ketenagakerjaan dibutuhkan.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

BPJS Ketenagakerjaan

Setiap Program dari BPJS Ketenagakerjaan memang sangat bermanfaat. Banyak keuntungan yang didapatkan bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaatnya tidak hanya dapat dirasakan bagi para pekerja formal, tetapi juga mereka yang bekerja secara informal.

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan hasil akumulasi berbagai undang-undang (UU) dan peraturan yang bertujuan untuk memberikan jaminan dan perlindungan sosial bagi para pekerja di Indonesia.

Program Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini memang diwajibkan bagi semua pekerja di Indonesia, tanpa terkecuali, termasuk mereka yang adalah pekerja warga negara asing yang berdomisili di Indonesia.

Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gak Pakai Ribet! Anda Dapat Mengakses e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan]

 

Jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan formal, maka perusahaan tempat Anda bekerja wajib menanggung sejumlah iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.

Jika perusahaan Anda tidak melakukan demikian, makan Anda wajib melaporkannya.

BPJS Ketenagakerjaan sangat diperlukan karena BPJS Ketenagakerjaan menyediakan program-program perlindungan dasar yang dapat menjamin masa depan Anda sebagai seorang pekerja.

Misalnya, adalah sebagai solusi atas risiko yang mungkin terjadi ketika Anda bekerja, seperti sakit, kecelakaan kerja, pemutusan hubungan kerja, pensiun, kematian, dan lain sebagainya.

Dengan terdaftarnya Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda tidak lagi menanggung beban atas risiko kerja tersebut seorang diri, tetapi akan dibantu oleh adanya program-program BPJS Ketenagakerjaan.

 

Program dan Segudang Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, mari kenali lebih dalam mengenai setiap program dan manfaat yang seharusnya Anda dapatkan ketika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

#1 Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Untuk program JHT, iuran yang perlu dibayarkan setiap bulannya adalah sebesar 5,7% dari total upah/gaji.

Dalam hal ini, 3,7% dari total iuran tersebut akan dibayar oleh perusahaan tempat Anda bekerja, sehingga Anda hanya perlu membayar 2% sisanya. 

Jangan Gunakan Jasa Calo BPJS Ketenagakerjaan untuk Cairkan Saldo Jamsostek dan JHT Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daftarkan Diri Anda Melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Sekarang!]

 

Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus apabila peserta mencapai usia pensiun atau meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap, dimana yang dimaksud usia pensiun termasuk peserta yang berhenti bekerja karena mengundurkan diri, terkena PHK dan sedang tidak aktif bekerja di manapun atau peserta yang meninggalkan wilayah Indonesia untuk selamanya.

 

#2 Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

JKK akan memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan pada saat mulai berangkat kerja sampai kembali ke rumah atau menderita penyakit akibat hubungan kerja.

Iuran untuk JKK ini dibayarkan sepenuhnya oleh perusahaan, yang nilainya 0,24 persen hingga 1,74 persen sesuai dengan kelompok usaha. Manfaat yang diberikan JKK antara lain pelayanan kesehatan, santunan berupa uang, program kembali bekerja (return to work) berupa pendampingan mulai dari peserta masuk perawatan di rumah sakit sampai peserta tersebut dapat kembali bekerja dan lain sebagainya.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Program Jaminan Kematian (JKM)

Jaminan Kematian diperuntukkan bagi ahli waris dari peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja.

Peserta program JKM yang merupakan pegawai atau karyawan suatu perusahaan (penerima upah) perlu membayar iuran bulanan sebesar 0,3% dari total upah/gaji setiap bulannya.

Sementara bagi peserta yang bukan penerima upah (BPU), perlu membayar iuran bulanan sebesar Rp6.800.

Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan dan Rasakan Manfaatnya! 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Terlindungi & Punya Jaminan Hari Tua? Ini Persyaratan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan!]

 

Jumlah jaminan yang akan diberikan adalah sebesar Rp24 juta. Uang tersebut terdiri dari santunan kematian sebesar Rp16,2 juta, biaya pemakaman sebesar Rp3 juta dan santunan berkala sebesar Rp4,8 juta yang dibayar sekaligus.

Selain itu, kepada setiap peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja dan telah memiliki masa iuran paling singkat 5 (lima) tahun diberikan uang jaminan sebanyak Rp12 juta sebagai beasiswa pendidikan anak.

 

#4 Program Bukan Penerima Upah

Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi pemberi kerja, pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri, misalnya petani, tukang ojek, sopir angkot, pedagang keliling, dokter, pengacara/advokat, artis, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Nilai iuran yang perlu dibayarkan untuk program ini adalah 1% untuk jaminan kecelakaan kerja (berdasarkan nominal tertentu sesuai kemampuan penghasilan), Rp6.800 untuk jaminan kematian, dan 2% untuk jaminan hari tua.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Program untuk Sektor Jasa Konstruksi

Karena memiliki potensi biaya yang cukup tinggi, para pekerja konstruksi didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu berlaku untuk semua pekerja termasuk tenaga kerja harian lepas, tenaga borongan atau tenaga kerja yang terikat perjanjian kerja tertentu.

Jaminan sosial untuk program ini biasanya kombinasi antara Jaminan Keselamatan Kerja dan Jaminan Kematian dengan jumlah iuran 0,24% dari total proyek.

 

#6 Program Jaminan Pensiun

Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Kenali Program BPJS Ketenagakerjaan dan Rasakan Manfaatnya! 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kabarnya BPJS Ketenagakerjaan Beri Pinjaman untuk Beli Harga Rumah Rp500 Juta, Apakah Benar? Gimana Caranya?]

 

Manfaat jaminan pensiun berupa sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

 

Daftar Sekarang Juga

Melihat berbagai manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan yang  menjamin perlindungan sosial bagi para pekerja di Indonesia, kenapa tidak segera daftarkan diri Anda sebagai salah satu peserta yang menerima manfaat tersebut?

Jika Anda belum belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, ada baiknya Anda mulai menyiapkan setiap syarat pendaftaran yang diperlukan.

Bagi Anda yang telah bekerja, BPJS Ketenagakerjaan akan cukup membantu Anda untuk menghadapi kejadian-kejadian yang tidak Anda inginkan atau pun ketika Anda memasuki masa pensiun.

Kabar Gembira! Bayar BPJS Ketenagakerjaan Semakin Mudah dan Praktis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kenali Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sekarang]

 

Jika Anda masih mendapatkan kendala seputar pengurusan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau pencairan dana JHT, segera hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan 1500910

Call Center BPJS Ketenagakerjaan melayani Anda selama jam kantor. Nomor 1500910 dapat diakses melalui telepon dengan tarif pulsa lokal dari seluruh Indonesia.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Rizkia K. 4 Program Utama BPJS ketenagakerjaan (BPJS TK) Serta Manfaatnya. Pasienbpjs.com – https://goo.gl/kvoRac
  • Hamizan. Manfaat Keuntungan BPJS Ketenagakerjaan. https://goo.gl/ZoXT8c
  • Achmad Dwi Afriyadi. 12 April 2017. Ini Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja. Liputan6.com – https://goo.gl/QRGwwG

 

Sumber Gambar:

  • BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan 1 – https://goo.gl/eWxXYd
  • BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan 2 – https://goo.gl/s8cTWK

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-18T08:18:59+00:00 November 18th, 2017|Categories: BPJS, BPJS Ketenagakerjaan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment