Rumah sitaan BTN. Rencananya, ada 10.000 rumah bakal dilelang di situs Rumahmurahbtn.com milik BTN.

Selain investor, pembeli yang minat menggunakan rumah tersebut bisa juga mengikuti lelangnya. Simak caranya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ikut Lelang Rumah Sitaan BTN

Situs dan aplikasi besutan Bank Tabungan Negara (BTN) yaitu Rumahmurahbtn.com menyediakan lelang rumah sitaan BTN.

Tidak hanya investor yang dapat mengikuti lelang, namun pembeli yang berniat menggunakan rumah tersebut pun bisa ikut lelang untuk meraih rumah yang diincarnya.

Tata cara membeli rumah lelang sama dengan pembelian rumah baru pada umumnya, dimana sertifikat dipegang oleh Bank dan diberikan saat pelunasan.

Bedanya, calon pembeli mendaftarkan diri melalui situs Dirjen Kekayaan Negara (DJKN). Setelah itu, calon pembeli menyetor uang jaminan sebesar kurang lebih 30 persen dari harga limit yang telah ditetapkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Setelah dinyatakan menang oleh pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), maka pembeli akan melakukan pelunasan sisa pembayaran. Kemudian, diterbitkan risalah lelang dari KPKNL.

Risalah lelang ini nantinya menjadi dasar bagi pemenang lelang untuk pengambilan sertifikat di Bank BTN juga untuk balik nama di BPN (Badan Pertanahan Nasional) setempat.

Seperti dilansir dari Liputan6.com, salah satu investor, Andreas mengungkapkan beberapa kelebihan berinvestasi dengan membeli rumah sitaan.

Pertama, membangun rumah dari nol jauh lebih mahal dan berbelit karena proses perizinan yang panjang dan lama. Hal ini berbeda dengan rumah bekas yang sebagian izin sudah ada.

“Dengan demikian, Return of Investment (ROI) jauh lebih cepat dibanding dia harus membangun dari nol. Toh harga rumah sitaan BTN atau rumah bekasnya cukup kompetitif dibanding rumah baru.”

 

Andreas kemudian mengatakan, selain menyediakan dana segar untuk melunasi rumah lelang, peserta lelang juga harus berani menawar dengan harga yang wajar.

“Karena itu, tetap harus survei harga pasar dan ke lapangan untuk melihat langsung kondisi rumah untuk memberi gambaran berapa tawaran yang akan kita ajukan saat lelang dan estimasi harga renovasi.”

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

BTN Luncurkan Aplikasi Rumah Bekas

Setelah diresmikan awal 2018 lalu, situs Rumahmurahbtn.com mewadahi sedikitnya 5.200 rumah yang akan dilelang dari target 10.000 rumah di berbagai wilayah di Indonesia.

Tentunya, rumah-rumah yang disediakan adalah rumah dengan kredit yang bermasalah dan dipatok dengan harga murah.

Soal Rumah Sitaan BTN yang Dilelang, Ini Cara Ikut Prosesnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Supaya Untung Saat Membeli Rumah Lelang, Baca Dulu Strateginya!]

 

Direktur Collection & Asset Management Bank BTN, Nixon L.P. Napitulu, menargetkan 10.000 unit rumah sitaan BTN bisa diunggah di portal Rumahmurahbankbtn.com.

Situs ini bisa diakses di manapun dan kapanpun dengan menggunakan gadget Anda.

“Target kami 10.000 rumah akan di posting. Kami pastikan dulu surat-suratnya clear karena kami kan enggak mau jual rumah bermasalah.”

 

Properti, termasuk rumah sitaan BTN, yang dilelang berupa rumah tinggal baik subsidi maupun non-subsidi, tempat usaha, maupun kavling tanah yang tersebar di seluruh Nusantara.

“Nilai outstanding yang bisa dipulihkan dari aset properti (termasuk rumah sitaan) tersebut mencapai Rp1,4 triliun. Kualitas kredit BTN bisa membaik dengan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk membeli rumah lelang BTN tersebut.”

 

Setelah membaca artikel ini, apa Anda berminat mengikuti lelang rumah? Berikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ini

 

Sumber Referensi:

  • Yayu Agustini, Fiki Ariyanti. 18 April 2018. 10 Ribu Rumah Sitaan BTN Bakal Dilelang, Simak Caranya. Liputan6.com – https://goo.gl/qmqT4f

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Sitaan BTN – https://goo.gl/RsrCwD
  • Nixon L.P. Napitulu – https://goo.gl/B7wPgD