Seberapa besar sih bedanya SPP sekolah negeri dan swasta? Lalu, bagaimana cara memaksimalkan anggaran biaya sekolah?

Ayo cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

SPP Sekolah Negeri VS Swasta

SPP adalah salah satu biaya dari sekian biaya-biaya yang harus disiapkan orang tua untuk menyekolahkan anak.

Memang benar, selain biaya tersebut masih ada biaya-biaya lain yang harus disiapkan seperti biaya gedung, biaya tahunan, biaya urunan orang tua, perlengkapan anak, kegiatan anak, dan lain sebagainya.

Boleh jadi antara satu sekolah dengan sekolah lainnya tidak meminta jenis biaya yang sama. Namun untuk SPP sekolah, sudah pasti semua sekolah akan meminta biaya pendidikan ini.

Karenanya, memenuhi biaya tersebut adalah kewajiban dan mengetahui berapa besarannya bisa membantu orang tua dalam menyiapkan hal tersebut.

 

Inilah Kisaran Besaran Biaya Sekolah Tiap Jenjang Pendidikan

Mulai dari kisaran biaya untuk SD sampai SMA, juga mencakup informasi kisaran biaya untuk sekolah negeri dan swasta. Simak berapa saja kisarannya berikut.

 

#1 SD Negeri

Sebenarnya setiap sekolah di setiap daerah bisa-bisa saja memiliki rentang biaya bulanan atau SPP yang berbeda-beda. Namun tetap bisa saja ditarik rata-rata untuk rentang biaya ini. Untuk jenjang pendidikan SD negeri, rata-rata biaya bulanan adalah Rp 100.000 sampai Rp 300.000.

Tetap tidak menutup kemungkinan bila ternyata yang diminta kurang dari Rp 100.000 atau lebih dari Rp300.000. Di kota-kota besar, rentang biayanya bisa Rp 400.000 sampai Rp 600.000 per bulan.

Cari Tahu Sekarang! Gini Besaran SPP Sekolah Negeri VS Swasta 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Kiat Sukses Dalam Mengajarkan Anak Hidup Sederhana]

 

#2 SD Swasta

Tentu saja SPP sekolah di sekolah swasta lebih tinggi dibanding di sekolah negeri. Untuk jenjang pendidikan SD, biaya bulanan yang dibutuhkan berkisar antara Rp 1.500.000 sampai Rp 2.200.000

Biaya sekolah bulanan jutaan biasa diselenggarakan oleh sekolah swasta Al Azhar. Sekolah-sekolah swasta lain di kota besar maupun kota kecil juga sudah biasa meminta uang bulanan sekian juta.

Apalagi jika sekolah swasta yang dipilih adalah sekolah swasta internasional, bisa lebih besar.

 

#3 SMP Negeri

Masuk ke jenjang selanjutnya, jika anak sudah masuk pendidikan SMP maka biaya bulanan yang dibutuhkan sudah berbeda. menurut sumber, rentang biaya sekolah bulanan yang dibutuhkan untuk SMP negeri adalah Rp 150.000 – Rp 1.000.000.

Biayanya memang bisa sebesar Rp 100.000 dan bahkan kurang, sebab untuk jenjang SMP sudah banyak yang diberi bantuan oleh pemerintah.

Karenanya, cukup wajar jika biaya bulanannya sekian namun sekolahnya sendiri sudah ternama dan bagus fasilitasnya.

Cari Tahu Sekarang! Gini Besaran SPP Sekolah Negeri VS Swasta 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

#4 SMP Swasta

SMP swasta tentu saja tak memiliki kesempatan untuk mendapat bantuan pemerintah, dan sangat wajar jika uang bulanan yang dibutuhkan lebih besar.

Untuk skala SMP, uang bulanannya memiliki rentang Rp 2.000.000 – Rp 4.500.000.

 

#5 SMA Negeri

Untuk SMA negeri, rentang biaya uang bulanannya adalah Rp 150.000 sampai Rp 5.000.000. Namun telah didapatkan angka rata-rata biaya bulanan sekolah-sekolah SMA di Indonesia, yaitu Rp 1.250.000.

Seperti jenjang sebelumnya, untuk jenjang pendidikan seperti SMA memang tetap masuk akal jika uang bulanan yang dibutuhkan bisa sekecil Rp 150.000, yaitu dikarenakan adanya bantuan dari pemerintah.

Cari Tahu Sekarang! Gini Besaran SPP Sekolah Negeri VS Swasta 03 - Finansialku

[Baca Juga: Enam Persiapan Sebelum Memiliki Anak yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Muda, Termasuk Anda!]

 

#6 SMA Swasta

Kalau untuk swasta, uang bulanan yang dibutuhkan bisa mulai dari Rp 2.500.000 sampai Rp 10.000.000. Biaya tepatnya sangat tergantung banyak hal, bisa karena sekolah yang dipilih, gaji orang tua, jalur apa yang didaftarkan, dan lain sebagainya.

 

Pastikan SPP dan Biaya Sekolah Lain Terencana Anggarannya

SPP adalah salah satu biaya yang harus disiapkan orang tua untuk menyekolahkan anak. Karena bisa jadi biayanya besar, maka persiapan akan sangat dibutuhkan.

Apalagi masih ada biaya-biaya lain yang juga harus disiapkan. Anda bisa membaca ebook di bawah ini untuk mengetahui perencanaan menyekolahkan anak tanpa utang.Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Anda telah mengerti berapa rentang biaya yang harus disiapkan dan bagaimana perencanaannya melalui ebook di atas, sehingga Anda lebih siap secara finansial saat menyekolahkan anak nantinya.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan beberapa hal dalam merencanakan pendidikan anak agar tidak hal yang fatal terjadi. Untuk mengetahui apa saja hal tersebut, simak video berikut ini.

 

Jadi, Anda akan menyekolahkan si kecil di lembaga negeri atau swasta? Ayo berbagi informasi di atas pada sesama orang tua yang akan mendaftarkan putra putrinya ke sekolah, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Estrin Vanadianti Lestari, 6 April 2020. Persiapan Dana Pendidikan SD Mulai dari Uang SPP hingga Bimbel. Cekaja.com – https://bit.ly/3iAGHL8
  • Yovika Arika. 11 Mei 2020. Sekolah Negeri Dilarang Pungut Biaya untuk Penerimaan Siswa Baru. Bebas.kompas.id – https://bit.ly/320crn5
  • Finley Susanto. Checklist Biaya Tahun Ajaran Baru 2018/2019. Uangnya Sudah Siap Belum? Amalan.com – https://bit.ly/2ZNAKC6

 

Sumber Gambar:

  • SPP Sekolah 1 – https://bit.ly/3gCtW0P
  • SPP Sekolah 2 – https://bit.ly/2BP7keS
  • SPP Sekolah 3 – https://bit.ly/3eays51