Startup Goola mendapat suntikan dana hingga Rp71 M. Goola merupakan usaha yang sedang dirintis oleh Anak Presiden Joko Widodo. Siapa investor yang berani menyuntik dana sebesar itu?

Kali ini Finansialku akan membahasnya melalui artikel di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Startup ‘Goola’ Disuntik Rp71 M oleh Alpha JWC Ventures

Startup Goola yang merupakan usaha milik anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Gibran Rakabuming mendapatkan suntikan dana hingga US$5 juta atau setara dengan Rp71 miliar.

Goola yang didirikan oleh Gibran Rakabuming dan Kevin Susanto ini dimulai pada 2018 dengan mengusung minuman tradisional yang dikemas dengan cara kekinian dan dapat dinikmati di mana saja.

Suntikan dana yang didapatkannya itu diperoleh dari Firma Modal Ventura, Alpha JWC Ventures. Managing Partner Alpha JWC Ventures, Jefrey Joe mengatakan pihaknya melihat potensi yang besar dari Goola. Jefrey mengatakan:

“Kami melihat potensi besar dan kesuksesan awal Goola. Dengan pengalaman dan keahlian kami, kami yakin Alpha JWC Ventures akan menjadi rekan yang tepat bagi misi besar dan rencana ekspansi Goola.”

 

Sebelumnya, Alpha JWC Ventures juga pernah menyuntikan dana ke bisnis minuman milik anak Indonesia yaitu ‘Kopi Kenangan’ dengan besaran modal sekitar US$8 juta atau setara dengan Rp113 miliar.

Dalam keterangan perusahaannya, Alpha JWC Ventures, Sebagai investor dan tim asal Indonesia, salah satu misi utama kami adalah untuk membawa wirausahawan dan startup Indonesia sukses di dalam negeri dan membawa mereka ke panggung internasional.

Meskipun minuman Goola ini dikemas dengan tren saat ini, tetapi minuman tradisional yang manis ini tidak meninggalkan ciri khas jadulnya.

Misalnya seperti penggunaan pacar cina untuk menggantikan bubble tea dan santan sebagai ganti cheese foam.

Gibran Rakabuming Memperkenalkan Goola, Minuman Tradisional Kekinian 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gibran Rakabuming Kenalkan Goola, Minuman Tradisional Kekinian]

 

Produk utama Goola saat ini adalah versi modern dari minuman tradisional yang sudah populer seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau dan Es Goola Aren, sehingga tidak asing bagi lidah masyarakat Indonesia.

Meskipun saat ini tren kuliner sedang dikuasai oleh minuman bubble tea dan es kopi, sejak mendirikan gerai pertama pada 17 Agustus 2018, Goola sudah memiliki lima gerai di Jakarta.

Beberapa tahun ke belakang, bubble tea memiliki total pasar global mencapai 1,9 miliar dolar di 2019 dan diperkirakan akan terus berkembang 7,4 persen per tahun hingga 2023. Gibran mengatakan:

“Jika bubble tea saja bisa, kenapa minuman lokal kita tidak, Produk kami telah diterima baik oleh pelanggan.”

 

Pada tahun 2019 ini, Kevin dan Gibran menargetkan akan membuka 15 gerai lainnya di Indonesia dan mencapai 100 gerai pada 2020.

Dengan memiliki suntikan dana sebesar Rp71 miliar, Goola juga ingin berekspansi ke negara lain di Asia Tenggara pada 2019.

Namun meski ingin menambah jumlah gerai, Goola tidak berencana menjadikan bisnis ini sebagai bisnis franchise. Salah satu alasannya adalah demi menjaga kualitas produk.

 

Memulai Bisnis dengan Perencanaan Keuangan yang Matang

Nah itu dia bisnis minuman tradisional kekinian yang mendapatkan suntikan dana hingga Rp17 M. Setelah membaca artikel di atas apakah Anda ingin membuka bisnis? Tapi bingung bagaimana merencanakan keuangannya?

Sebelum memulai, yuk sharing dengan Finansialku tentang bagaimana cara mengatur keuangan Anda. Caranya dengan download Aplikasi Finansialku dan gunakan menu Tanya Perencana Keuangan.

Aplikasi Finansialku bisa dengan mudah Anda download secara GRATIS melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Anda juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan.

Sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 rupiah, jika dihitung-hitung hanya Rp25.000/bulan lho! Terjangkau bukan? Yuk upgrade sekarang dan capai tujuan keuangan Anda dengan tepat.

Oh iya, selain itu, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Semoga setelah membaca artikel di atas Anda bisa memulai bisnis dan bisa merencanakan keuangan Anda untuk modal. Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Dni. 22 Agustus 2019. Startup Anak Jokowi Disuntik Rp 71 Miliar, Ternyata Begini Pengakuan Gibran. Okezone.com – https://bit.ly/2U5zgjq
  • Athika Rahma. 18 Agustus 2019. Goola, Startup Milik Anak Jokowi Dapat Tambahan Modal Rp 71 Miliar. Merdeka.com – https://bit.ly/33NYUgS

 

Sumber Gambar:

  • Startup Goola – http://bit.ly/2Nw5oLQ