Beli rumah idaman untuk karyawan, emang bisa? Bisa! Ikuti strateginya dalam panduan belajar Finansialku ini.

 

Beli Rumah Idaman

Bagi orang yang baru berkeluarga atau berencana untuk menikah, memikirkan kebutuhan seperti tempat tinggal atau rumah, sangatlah penting.

Terdapat berbagai hal yang harus dipersiapkan saat akan membeli rumah apalagi bila itu adalah rumah idaman Anda. Apabila Anda pasangan baru atau bujang, mungkin Anda belum berpengalaman dalam membeli rumah.

Itulah mengapa perencanaan sebelumnya harus dilakukan dengan matang dan tidak lupa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Salah satu perencanaan yang tidak kalah penting ialah perencanaan keuangan.

Lakukan perencanaan keuangan di usia Anda saat ini, untuk mengetahui hal apa saja yang harus direncanakan secara keuangan.

 

Strategi Beli Rumah Idaman untuk Karyawan

Bagi yang ingin membeli rumah untuk pertama kalinya. Ataupun ingin membeli rumah idaman. Anda memerlukan berbagai strategi atau tips.

Pastikan segala sesuatunya telah diukur dengan baik serta dicermati terlebih dahulu. Berikut ini strategi atau tips dalam usaha memperoleh rumah idaman:

 

Rencanakan Tipe dan Harga Rumah yang Dibutuhkan

Bagi pasangan baru yang ingin memiliki rumah untuk berkeluarga, maka siapkan terlebih dahulu besaran anggarannya. Jumlah untuk membeli rumah ini sebaiknya sekitar sepertiga dari penghasilan yang dimiliki.

Maksudnya adalah sepertiga dari penghasilan digunakan untuk mencicil rumah setiap bulannya. Cara seperti ini sesuai dengan kebijakan dari perbankan dan bisa menjadikan keuangan keluarga lebih terkendali untuk kebutuhan lainnya.

Kemampuan keuangan ini bisa dianalisis sehingga diketahui berapa anggaran yang mampu untuk dijangkau. Hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui tipe serta lokasi mana perumahan yang ingin dipilih sebagai tempat tinggal.

 

Kenali Cara-cara Memperoleh Rumah dari Proses Pembayarannya

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah sesuai dengan kemampuan finansial. Anda bisa membeli tanah kemudian membangunnya, atau membeli di perumahan baik secara tunai ataupun kredit.

Bagi yang ingin membeli tanah dan membangunnya, sebelumnya Anda bisa mencari harga pasaran dari tanah saat ini. Usahakan jangan terburu-buru tentukan harga dan anggaran yang dimiliki serta lokasi idaman untuk membuat rumah.

Jangan lupa untuk memastikan biaya-biaya lainnya dengan pihak kontraktor agar rumah idaman dapat direalisasikan dengan baik.

 

Pilih Developer yang Terpercaya

Pada saat memilih rumah, pastikan pihak developer yang dipilih merupakan pihak terpercaya. Hal ini bisa dicari berdasarkan informasi yang bisa Anda gali dari berbagai sumber. Pastikan tidak ada yang ditutupi atau termasuk transparan.

Orang yang ingin membeli rumah sebaiknya menanyakan segala hal secara jelas. Jangan sampai ada yang belum terjawab. Pihak developer seharusnya menjawab semua pertanyaan yang Anda tanyakan sejelas mungkin.

Apabila terdapat hal yang mencurigakan, maka segera memilih pihak developer lain saja.

 

Bandingkan Perusahaan yang Mengatur Proses Pembelian

Sebelum membeli rumah, bandingkan perusahaan yang mengatur proses pembelian satu dan lainnya. Cari yang terbaik di antara mereka, dengan mempertimbangkan harga serta lokasi.

 

Jangan Sampai Ada Kredit Macet

Apabila Anda hendak membeli rumah dengan cara mencicil, maka pastikan Anda tidak memiliki utang.

Hal ini sangat penting dikarenakan seseorang yang sedang memiliki utang, terutama bagi yang sebelumnya mengalami kesulitan membayar, maka akan sulit memperoleh rumah cicilan.

Sulitnya memperoleh cicilan ini disebabkan oleh pihak bank yang tidak mempercayai Anda sebagai pemohon kredit.

 

Utamakan Rumah yang Standar Supaya Biaya Tidak Membengkak

Bagi yang baru ingin memiliki rumah, pastikan bahwa hunian tersebut dalam kondisi yang baik.

Bentuknya yang standar atau umum adalah hal penting agar tidak memerlukan biaya perawatan yang besar.

 

Pertimbangkan Tabungan dan Investasi Lain

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh rumah, di antaranya adalah menabung terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan.

Cukup banyak produk investasi yang bisa Anda pilih. Investasi emas bisa dipilih agar terhindar dari risiko terkena inflasi.

Cara ini penting agar Anda tidak kehilangan nilai uang karena turun akibat dari inflasi, terutama jika jangka panjang.

 

Perhatikan Kondisi Lingkungan untuk Jangka Panjang

Bangunan rumah yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan sangat penting untuk sebuah hunian.

Selain itu, kondisi lingkungan juga perlu diperhatikan untuk menjamin kenyamanan sebuah hunian.

Pastikan bahwa lingkungan sekitarnya aman karena akan dihuni hingga waktu yang sangat lama.

 

Ingat Membeli Rumah untuk Hunian Sekaligus Aset

Rumah merupakan kebutuhan utama bagi sebuah keluarga. Hunian tersebut harus bisa menunjang kehidupan keluarga sehari-harinya.

Selain itu, hal yang harus Anda ingat ialah hunian yang akan Anda beli merupakan aset jangka panjang sebuah keluarga, selain harganya memang termasuk tinggi.

 

Pisahkan Tabungan Khusus Rumah

Bagi yang ingin membeli rumah dengan cara menabung, maka Anda harus mengalokasikannya dengan terencana.

Pastikan bahwa kebutuhan lainnya telah dianggarkan dengan baik sehingga semua keperluan rumah tangga tidak terabaikan.

 

Selanjutnya, Anda dapat membaca panduan belajar: Strategi Beli Mobil.

 

Kalau Anda tertarik memiliki perencanaan karier dan keuangan yang lebih baik, Anda dapat berkonsultasi dengan Certified Financial Planner (CFP) Finansialku.

Namun, sebelumnya lakukan dahulu cek kesehatan keuangan supaya konsultasi Anda bisa selesai tepat sasaran, ya. Tenang! Cek kesehatan keuangan bisa Anda lakukan melalui aplikasi Finansialku juga, kok.

Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku di Apps Store atau Play Store dan manfaatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode promo: WEBTAHUNAN untuk biaya member PREMIUM yang lebih ekonomis selama satu tahun.

 

Jika Sobat Finansialku punya pilihan, beli rumah atau apartemen? Yuk temukan jawabannya pada video berikut ini. Jangan lupa untuk subscribe Youtube Finansialku agar tidak ketinggalan update tips keuangan lainnya.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/2WEt1Zc