Jika anda seorang Blogger, tentunya Anda mengetahui betapa sulitnya membuat para pembaca tertarik. Anda harus terus mencari ide, menuliskannya dengan menarik, dan memastikan untuk selalu meng-update konten. Mari kita lihat beberapa strategi yang jitu untuk membuat konten yang disukai pembaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Beberapa Kendala Bisnis Blog

Bagi Anda para blogger pemula yang sudah menjalani bisnis ini beberapa saat tentu mengetahui bahwa bisnis blog juga memiliki beberapa kendala. Untuk menjadi seorang professional blogger yang sukses, tentunya Anda harus mengatasi kendala-kendala tersebut.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa strategi yang dapat membantu Anda untuk membuat konten yang lebih disukai pembaca.

Strategi Jitu Professional Blogger untuk Membuat Konten yang Disukai Para Pembaca 02 - Finansialku

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

 

#1 Buatlah List

Jika Anda menulis artikel yang mengandung poin-poin, gunakanlah list. List lebih mudah dicerna oleh pembaca dan lebih mudah juga untuk ditulis. Tetapi jangan gunakan list setiap saat, gunakan hanya jika diperlukan saja.

 

#2 Gunakan Kata “Anda”

Penggunaan kata ganti orang yang tepat dapat menarik pembaca untuk lebih terhubung dengan isi konten. Daripada menggunakan kata ganti “kita” atau “mereka”, kata ganti “Anda” lah yang paling mendeskripsikan pembaca. Bagaimanapun, blog dibuat untuk pembaca, sehingga sebaiknya menggunakan kata ganti yang mendeskripsikan mereka dengan baik.

 

#3 Nyatakan dengan Tegas

Apakah Anda akan tertarik untuk membaca blog berjudul “Anda Mungkin Ingin Tahu 5 Tips yang Mungkin Membantu dalam Menulis Konten”? Belum tentu. Hindari menggunakan kata-kata penuh keraguan dan nyatakan segala sesuatunya dengan tegas. Dengan demikian pembaca akan lebih yakin bahwa penulis memahami isi tulisannya secara mendalam dan lebih menarik minat pembaca.

 

#4 Buatlah Judul yang “Nyambung”

Anda tentu pernah mendengar bahwa untuk menarik pembaca, Anda harus membuat judul yang singkat namun membuat pembaca penasaran. Namun tidak ada artinya jika judul yang dibuat tidak “nyambung” dengan isinya. Buatlah judul yang merepresentasikan isinya dengan baik.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?]

 

#5 Pastikan Konten Anda Mudah Dibaca

Isi yang menarik tidak akan mengundang pembaca jika sulit untuk dibaca. Perhatikanlah penggunaan latar belakang, ukuran font, jenis font, dan hindari penggunaan kalimat terlalu panjang. Jangan lupa gunakan warna tulisan yang kontras dan tidak membutakan pembaca seperti warna-warna highlight.

 

#6 Konten Adalah untuk Pembaca, bukan Anda

Ingatlah bahwa konten yang Anda tulis adalah untuk pembaca, sehingga sebaiknya Anda menulis konten yang diinginkan pembaca, bukan yang Anda inginkan. Konten umumnya berisi topik yang Anda kuasai atau gemari, tapi pastikan materinya diminati pembaca dan meningkatkan rasa ingin tahu pembaca.

 

#7 Blog Bukanlah Ajang Promosi

Pembaca sangat tidak menyukai iklan dalam sebuah blog atau blog yang ujung-ujungnya bertujuan untuk menjual sesuatu. Memang betul Anda membuat blog dengan tujuan memperoleh penghasilan, tapi minimasikanlah iklan dan maksimalkanlah isi dari blog tersebut.

Jika isi dari konten Anda menarik, biasanya pembaca pada akhirnya akan tertarik untuk membeli e-book atau produk yang Anda jual.

 

#8 Berikan Solusi dari Permasalahan Pembaca

Blog yang baik akan menerima masukan dari pembaca seperti pertanyaan-pertanyaan dan masalah yang dialami pembaca, dan kemudian memberikan solusinya.

Anda perlu memahami masalahnya terlebih dahulu, menjabarkan permasalahan yang ada, baru kemudian menyelesaikan masalahnya dengan pengetahuan dan keterampilan Anda. Dengan demikian pembaca akan mempercayai kemampuan Anda dan lebih menghargai isi dari konten tersebut.

Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula]

 

#9 Pentingnya SEO

Jangan lupakan pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dalam kesuksesan sebuah blog. Salah satu cara untuk mendorong ketenaran blog adalah dengan memastikan topiknya sesuai dengan pencarian banyak orang.

 

#10 Berilah Solusi untuk Melakukan Sesuatu

Pernahkah Anda menuliskan “Bagaimana cara …..?” pada search engine? Hal tersebut menunjukkan betapa banyak orang yang mengandalkan internet untuk membantu memudahkan kegiatan sehari-harinya.

Dengan membuat konten yang membantu pembaca dalam melakukan sesuatu, Anda dapat menarik pembaca karena terdapat keterkaitan antara kebutuhannya dengan isi dari konten yang Anda buat.

 

#11 Carilah Konten yang Diperhatikan

Anda perlu mengetahui isu terbaru yang sedang trending atau isu yang diabaikan. Dengan demikian Anda bisa memilah-milah konten yang sebaiknya Anda tulis. Anda dapat mencari post yang sedang trend dengan memperhatikan jumlah views, likes, atau re-tweeting dan mengetahui isu yang sedang hangat dan banyak dicari pembaca.

 

#12 Beritahukan Inti Tulisan Anda Berulang Kali

Blogging bertujuan untuk membuat pembaca ingat dengan isi konten Anda, bukan hanya sekedar membacanya. Pastikan siapakah target pembaca Anda dan cari tahu apa yang mereka cari dari sebuah konten. Sebagai blogger yang baik, Anda perlu membuat konten yang memberi nilai lebih pada pembaca.

 

#13 Berikan Langkah Selanjutnya bagi Pembaca

Apakah Anda pernah melihat blog yang menyarankan Anda untuk membagikan blog tersebut kepada teman-teman Anda? Jika ya, lakukan hal serupa jika Anda membuat blog.

Pembaca situs tidak akan berkembang jumlahnya jika pembaca tidak melakukan apapun setelah membaca blog tersebut. Mintalah pembaca untuk memberikan like, subscribe, dan membagikan konten Anda kepada teman-temannya.

Infografis Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Memulai Usaha Rumahan Bisnis Online dengan Menjadi Seorang Blogger]

 

Jadilah Blogger yang Lebih Sukses

Jadikanlah blog Anda sebagai sebuah blog yang menghasilkan, bukan hanya sekedar hobi. Dengan beberapa tips di atas, maka blog Anda dapat menjadi salah satu blog yang berkembang dengan peluang sukses yang lebih tinggi.

 

Apakah Anda mengetahui strategi jitu lainnya untuk membuat konten yang disukai pembaca? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Constant Contact. A Beginner’s Guide to Small Business Blogging. Constantcontact.com

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer – https://goo.gl/7KLYDM dan https://goo.gl/8hghn8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang