Dalam menjual suatu produk diperlukan teknik dan juga strategi pemasaran produk yang ampuh sehingga penjualan produk dapat meningkat dan keuntungan pun jadi berlipat. Kenali strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien agar penjualan produk Anda dapat meningkat melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Strategi Penjualan = Peningkatan Penjualan

Tahukah Anda bahwa penjualan dan distribusi yang superior dengan sendirinya dapat menciptakan sebuah monopoli, bahkan untuk produk yang tidak memiliki keistimewaan sekalipun.

Tidak peduli seberapa hebat produk yang Anda jual, bahkan seandainya produk tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya dan disukai oleh para pembeli, Anda harus tetap mendukung strategi pemasarannya dengan berbagai rencana distribusi yang ampuh.

Dalam usaha penjualan produk, teknik dan strategi pemasaran sangat berpengaruh pada jumlah penjualan produk yang Anda akan jual. Selain mempertahankan proses marketing, Anda juga dapat membuat para konsumen Anda tetap loyal terhadap pembelian produk Anda.

Oleh karena pemasaran memegang peranan penting dalam penjualan, izinkan Tim Finansialku memberikan beberapa tips yang efektif dan efisien untuk Anda dalam menjaga stabilitas penjualan dan distribusi produk kepada konsumen dengan baik, selain itu tentu saja dapat meningkatkan arus penjualan produk Anda.

Kenali Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Dalam Bisnis Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara yang Terbukti Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Kamu]

 

#1 Kenali Pasar dan Calon Pelanggan

Sebelum menjual produk, Anda perlu mengenali dan mengidentifikasi pasar yang akan dituju dan tentu saja sasaran dari calon pembeli dan pelanggan Anda. Targetkan beberapa target market Anda menjadi beberapa kategori. Apabila barang yang akan Anda pasarkan berupa kaos sport atau jersey, kelompokkan usia pembeli dan juga gender mereka sesuai dengan barang yang akan Anda pasarkan.

Dengan mengetahui target pasar dan pelanggan, Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga dan malahan lebih terfokus dengan sasaran Anda. Ketika Anda memiliki pelanggan dari toko Anda, hubungan antar pembeli dan penjual juga perlu diperhatikan.

Tahukah Anda bahwa memelihara pelanggan lama akan lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama?

Alangkah lebih baik apabila Anda membuat database mengenai pelanggan Anda dan masukan data-data penting yang diperlukan sehingga Anda dapat menginformasikan produk-produk Anda yang terbaru dengan berbagai promo menarik kepada para pelanggan setia Anda. Jalin hubungan yang baik dengan para pelanggan Anda.

Mengenal Asumsi Return yang Wajar untuk Investasi Reksa Dana Campuran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula]

 

#2 Pemilihan Lokasi Pemasaran

Dalam menjual produk, lokasi pemasaran juga menentukan omzet penjualan produk Anda. Rasanya mustahil dapat menjual produk di tempat yang sepi dan tidak banyak orang berlalu lalang. Demikian juga sesuaikan produk yang Anda jual dengan target pasar Anda.

Apabila Anda ingin menargetkan calon pelanggan Anda adalah kaum ibu, Anda dapat membuka toko di dekat sekolah dimana banyak kaum ibu akan menjemput anaknya dan bisa mampir ke toko Anda.

Atau Anda menjual peralatan kebutuhan sekolah dan kantor di area dekat gedung sekolah dan perkantoran. Pemilihan lokasi yang strategis dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

 

#3 Membagi Produk Sample dan Promo Menarik

Dewasa ini banyak promo menarik seperti buy 1 get 1 free atau beli 2 dapat potongan 50% untuk pembelian ke-3. Siapa yang tidak tergiur dengan promo?

Bahkan mereka yang sebetulnya tidak memerlukan produk tersebut sebelumnya, karena melihat tawaran promo yang menggiurkan malahan berubah pikiran untuk membelinya. Munculkan ide-ide kreatif Anda dalam melakukan pemasaran.

Apabila Anda menjual makanan ringan seperti snack, Anda dapat membagikan sample produk Anda dengan meminta calon konsumen untuk dapat menyicipi sedikit dari snack yang Anda jual.

Hal ini dapat menarik perhatian dari para konsumen untuk dapat membeli produk Anda karena mereka dapat merasakan sedikit dari produk Anda yang berkualitas tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Setidaknya mereka dapat merasakan produk Anda dan menilai kualitas dari produk tersebut sehingga dapat memutuskan untuk membeli produk Anda dengan keyakinan dari rasa yang sudah dicicipi sebelumnya.

Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Setelah konsumen Anda membeli produk Anda, jangan hanya stuck sampai disitu. Perjalanan strategi pemasaran Anda belum selesai.

Anda perlu menanyakan kualitas dan keluasan dari produk serta pelayanan yang diberikan kepada mereka. Ini adalah salah satu strategi untuk membuat mereka tetap “lengket” dengan kita sehingga konsumen merasa diperhatikan dan dilibatkan dan pembuktian kualitas produk Anda.

 

#4 Gunakan Media Sosial

Di era digital yang serba semakin modern dan kecanggihan smartphone serta teknologi komunikasi yang dapat mendekatkan yang jauh, mari manfaatkan hasil karya otak manusia melalui Media Sosial.

Senjata ini sangat ampuh untuk mendapatkan konsumen-konsumen yang tidak terjangkau secara fisik oleh kita.

Produk yang kita pasarkan dapat dikenal oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia, tanpa Anda harus mengeluarkan ongkos pergi ke sana.

Cukup dengan mem-posting produk yang Anda jual pada media sosial dan tentu saja dengan berbagai maintenance dan menambah jumlah pertemanan dan jejaring sosial, maka seluruh dunia dapat mengakses produk Anda.

Siapa tahu produk yang Anda jual adalah produk yang mereka cari.

40 Kata-Kata Bob Sadino yang Harus Diketahui Setiap Entrepreneur 04 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-Kata Bob Sadino yang Harus Diketahui Setiap Entrepreneur]

 

Fokus Pada Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dan tentu saja Anda mendapatkan banyak pelanggan darinya. Jangan heran apabila Anda berfokus juga pada strategi pemasaran yang Anda lancarkan, maka penjualan Anda akan semakin meningkat dan tentu saja menambah keuntungan bagi bisnis Anda.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam melakukan bisnis dan memasarkan produk Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Selain itu, bagikan juga artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Rifzan. 7 Agustus 2016. Strategi dan cara pemasaran produk yang efisien. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/P8qCSi
  • Renny Sartika. 26 Oktober 2015. 7 Cara Pemasaran Produk yang Efektif dan Cepat. LinkedIn.com – https://goo.gl/bI76zZ
  • Risa Ermaniah. 21 April 2014. 6 Strategi Pemasaran Sukses dengan Cara yang Lebih Mudah. Mebiso.com – https://goo.gl/F3bE6r

 

Sumber Gambar:

  • Pegembangan Strategi – https://goo.gl/5j0HxJ
  • Strategi Pemasaran – https://goo.gl/OBbm1M

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana