Panduan praktis memulai bisnis online dengan 10 langkah mudah dari pakarnya. Apa saja langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk sukses berbisnis online?

Yuk simak dalam panduan memulai bisnis online berikut ini.

 

Memulai Bisnis Online

Menurut Allen Moon (seorang pakar di bidang internet marketing) mengungkapkan 10 langkah yang dapat membantu Anda memulai bisnis online

Dia mengatakan sudah banyak orang yang sukses memulai bisnis online dengan 10 langkah berikut ini.

 

Temukan Kebutuhan dan Penuhi Kebutuhan Tersebut

Menurut Allen Moon, idealnya calon entrepreneur memulai dengan mencari apa yang dibutuhkan pasar dan kita jual solusinya. Apa maksudnya? Apakah kita perlu riset pasar? Anda dapat mulai melakukan riset dengan cara:

Kunjungi forum-forum online, dan temukan pertanyaan-pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang-orang. Setelah itu cari tahu, apa, sih, permasalahan yang sebenarnya mereka hadapi.

Cara kedua adalah lakukan riset kata kunci (keyword research). Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner, Google Trend atau alat lainnya untuk melakukan riset kata kunci.

Kunjungi website pesaing dan pelajari apa yang ditawarkan oleh kompetitor dan cari tahu layanan yang ditawarkan oleh kompetitor. 

Jika Anda tidak dapat membuat produk baru, setidaknya Anda dapat menawarkan produk yang lebih baik daripada yang ditawarkan kompetitor.

 

Ciptakan Kata-Kata Penawaran yang Menjual

Sebagai pakar di bidang internet marketing, Allen Moor memiliki rumusan tersendiri untuk membuat kata-kata penawaran yang menjual. Nah, berikut ini formulanya:

  • Ciptakan ketertarikan dengan membuat judul yang menarik dan mengundang.
  • Deskripsikan solusi yang ditawarkan oleh produk Anda.
  • Bangun kredibilitas Anda sebagai pakar dan problem solver.
  • Berikan testimoni orang-orang yang telah mencoba produk Anda.
  • Bicarakan manfaat yang didapat pengguna, bukan fitur produknya.
  • Buat penawaran yang menarik.
  • Berikan garansi pengembalian uang atau garansi produk.
  • Ciptakan suasana yang urgent atau harus segera diselesaikan.
  • Jangan lupa, minta pengunjung untuk membeli (Call to Action) layanan atau produk Anda.

Dengan menggunakan 9 formula tersebut, Anda sudah dapat membuat kata-kata penawaran yang menjelaskan keunikan produk Anda, permasalahan apa yang dapat terselesaikan. 

Saran Allen Moor adalah pikirkan bahwa Anda adalah calon pembeli dan bertanya: Apa produk ini cocok untuk saya?

 

Buat Website

Setelah Anda mengetahui pasar dan produk, serta Anda sudah menyiapkan kata-kata ampuh untuk berjualan, sekarang saatnya Anda memikirkan website

Anda dapat menyewa jasa website developer atau website designer untuk membuat website Anda. 

Jangan pernah berpikir membuat website yang sempurna atau perfect web design, karena website tidak akan pernah sempurna. Buatlah website yang sederhana, menarik, mudah dimengerti, alur yang mudah.

Berikut ini titipan pesan dari Allen moon, ketika Anda berdiskusi dengan website developer pastikan Anda meminta:

  • Gunakan 1 atau 2 jenis tulisan yang sederhana dengan background warna putih.
  • Buat navigasi yang jelas dan sederhana. Sebisa mungkin, navigasinya sama di setiap halaman website.
  • Maksimalkan penggunaaan gambar, audio atau video untuk menyampaikan pesan.
  • Sertakan juga formulir (optin offer) agar Anda dapat mengumpulkan data-data pengunjung website Anda.
  • Pastikan calon pembeli Anda dapat membeli produk hanya 2 atau 3 klik.

Website yang Anda akan buat, nantinya berfungsi sebagai toko atau storefront. Jadi buatlah toko yang ramah dengan calon pembeli.

 

Gunakan Mesin Pencari untuk Mendatangkan Pengunjung ke Website

Allen Moon menyarankan untuk websitewebsite baru, sebaiknya gunakan iklan atau payperclick advertising (contoh Google Adwords dan Facebook Ads) untuk mendatangkan pengunjung ke website

Penggunaan iklan ini memiliki dua keuntungan utama yaitu website Anda akan langsung tampil di mesin pencari Google dan Anda dapat menguji kata kunci (focus keyword). 

Setelah Anda mengetahui kata kunci yang sesuai, Anda dapat menggunakan kata tersebut untuk halaman-halaman website Anda.

Penjelasan Allen Moon di atas, memang teknis sekali. Anda dapat menggunakan jasa agensi iklan digital untuk membantu Anda beriklan di Google atau Facebook

Pastikan Anda tetap fokus pada bisnis utama Anda, sekaligus Anda juga update ilmu internet marketing Anda.

 

Bangun Reputasi Baik 

Mayoritas orang yang menggunakan internet, adalah orang yang ingin mencari informasi

Anda sebagai pemilik bisnis, sebaiknya memberikan informasi-informasi yang terkait secara gratis. Anda dapat memberikan informasi tersebut ke dalam artikel atau blog

Menurut pengalaman Allen Moon, blog dapat meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

Berikut ini saran-saran dari Allen Moon:

  • Berikan konten gratis, seperti artikel, video atau informasi berguna lainnya. Distribusikan konten – konten tersebut melalui media sosial dan direktori artikel.
  • Minta ke website developer Anda untuk memberikan fitur berbagi atau kirimkan kepada teman (sharing lewat email atau media sosial) pada blog Anda.
  • Bangun reputasi baik dan jadilah ahli di industri Anda. Caranya Anda harus aktif di forum dan media sosial.

 

Gunakan Email Marketing

Seperti yang dijelaskan pada step 3, salah satu komponen website adalah form atau optin list

Nah, setelah Anda mendapatkan alamat email, pengunjung website Anda, maka saatnya Anda mengirimkan e-mail kepada mereka.

Beberapa keuntungan pemasaran menggunakan email (email marketing) adalah:

  • Anda sudah mendapatkan izin dari mereka.
  • Anda dapat membangun relasi dengan mereka.
  • Aktivitas pemasaran terukur.
  • Pemasaran dengan email jauh lebih murah dan efektif dibandingkan dengan beriklan di TV, radio atau mengirimkan surat penawaran.

 

Jangan Lupa UpSelling

Berdasarkan pengalaman Allen Moon strategi utama pemasaran dengan internet adalah membangun hubungan jangka panjang dengan pembeli (customer’s lifetime value). 

Jika Anda melakukan follow up, setidaknya 36% pembeli akan melakukan pembelian ulang.

 

Melakukan Manajemen Keuangan dengan Benar

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha online shop paling utama. Banyak yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal me-manage keuangannya.

Apabila Anda ingin sukses memulai usaha online shop, mulailah anggap penting manajemen keuangannya. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan professional.

Sebagai contoh adalah dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur. Ketahui alasannya dalam artikel berikut Perlukah Menggabungkan Keuangan Pribadi dan Bisnis?.

Kemudian Anda harus mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya.

Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri atau menyewa jasa akuntan sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin.

Jangan lupa juga untuk menghitung modal kerja atau new working capital, yang merupakan kalkulasi likuiditas yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar liabilitas saat ini dengan dengan aset saat ini.

Alat ukur ini penting bagi banyak pihak, mengingat kemampuannya untuk menunjukkan bagaimana sebuah usaha memanfaatkan asetnya secara efisien.

Net working capital berfokus pada liabilitas saat ini seperti trade debts, accounts payable, dan vendor notes yang harus segera dibayarkan.

Apabila sebuah usaha tidak bisa memenuhi kewajibannya dengan aset yang tersedia, maka pemilik usaha akan dipaksa untuk menggunakan aset jangka panjangnya.

Hal ini bisa mengakibatkan penurunan tingkat operasi, penjualan, dan bahkan bisa menjadi sebuah indikasi masalah keuangan dan organisasi yang parah.

Rumus net working capital bisa diperoleh dengan mengurangi liabilitas saat ini dari asetnya. Secara umum, rumusnya dapat diformulasikan sebagai berikut:

Net working capital = aset saat ini – liabilitas saat ini

 

Keterangan:

Aset saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah uang tunai, accounts receivable, inventory, dan investasi jangka pendek.

Liabilitas saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah accounts payable, accrued expenses dan pajak, customer deposits, dan trade debt (beberapa orang juga memperhitungkan utang jangka panjang sebagai liabilitas).

 

Luncurkan Produk Beta (Ship a beta version to customers)

Berikutnya entrepreneur harus meluncurkan produk beta. Produk beta ini berguna untuk mengetahui kesalahan-kesalahan teknis dan animo masyarakat. 

Tahapan ini juga sering disebut sebagai tahapan untuk memverifkasi model bisnis Anda.

Biasanya entrepreneur juga akan mencari pendanaan dari angel investors atau venture capital untuk mendanai proyeknya. Setelah entrepreneur tersebut meluncurkan produk betanya.

 

Luncurkan Produk Premium (Ship the final version to customers)

Fokus terkahir adalah meluncurkan produk premium, mulai berjualan, memenangkan pembeli. Dalam tahapan ini seorang entrepreneur harus fokus sepenuhnya memenuhi kebutuhan customer.

 

Selanjutnya, Anda dapat membaca panduan belajar: Mendapatkan Uang dari Internet.

 

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis online dan bingung harus memulai dari mana, Anda bisa konsultasi dengan Certified Financial Planner (CFP) Finansialku.

Namun, sebelumnya lakukan dahulu cek kesehatan keuangan supaya konsultasi Anda bisa selesai tepat sasaran, ya. Tenang! Cek kesehatan keuangan bisa Anda lakukan melalui aplikasi Finansialku juga, kok.

Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku di Apps Store atau Play Store dan manfaatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode promo: WEBTAHUNAN untuk biaya member PREMIUM yang lebih ekonomis selama satu tahun.

 

Mau memulai bisnis tapi bingung gak punya modal? Inilah 5 cara mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis, yuk simak videonya dibawah ini. Jangan lupa untuk subscribe Youtube Finansialku untuk update tips keuangan lainnya.

 

Editor: Nurdevi Noviana

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/2UUSpJ3