Bagaimana cara menghasilkan uang dari internet yang cocok untuk pemula dengan modal yang minim bahkan tanpa modal?

Yuk temukan jawabannya dalam panduan praktis mendapatkan uang dari internet berikut ini.

 

Menghasilkan Uang dari Internet

Dulu, orang mungkin tak terpikir cara mendapatkan uang dari mesin pencarian di internet.

Kini, Anda bisa memanfaatkan Google sebagai ladang penghasilan yang menjanjikan. Bagaimana bisa menghasilkan uang dari Google?

Jika Anda pernah mendengar istilah Google Adsense, Anda pasti paham pekerjaan yang dimaksud, yakni content creator.

Tak sulit menjadi seorang content creator dan bekerja dari balik layar. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memulainya adalah sebagai berikut.

 

Menghasilkan Uang dari Google Adsense

Pilih Platform yang Digunakan

Anda bisa memilih media yang akan dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, yakni YouTube dan website. Keduanya memiliki plus dan minus masing-masing, sehingga Anda butuh belajar ekstra keras.

Misalnya saja YouTube, Anda mesti melahirkan konten-konten kreatif yang tak membosankan. Tentunya konten yang dibuat harus berbentuk video. Berbeda dengan website yang bisa berupa tulisan atau artikel.

 

Buat Akun Pribadi dengan Nama Unik

Bila Anda sudah memutuskan pilihan, buatlah akun pribadi. Proses pembuatan akun terbilang mudah, Anda cuma butuh akun Google aktif.

Buat Anda yang tertarik mengembangkan website, ada baiknya belajar pula perihal hosting dan domain.

Tak masalah menggunakan blogspot atau wordpress di awal karir. Tapi sebaiknya gunakan domain berbayar untuk website jangka panjang.

Daftarkan website atau channel YouTube untuk dimonetisasi oleh Google.

Monetisasi biasanya memberlakukan aturan tersendiri, seperti traffic pengunjung sampai engagement.

Anda mesti bekerja keras untuk bisa menjadikan website atau channel YouTube se-berpengaruh itu. 

Setidaknya, kembangkan akun sebaik mungkin sampai diminati oleh banyak orang.

 

Rancang Konten Menarik

Mengingat banyaknya pesaing di bidang yang sama, Anda mau tak mau harus tampil beda. Apa yang membuat Anda bisa dilirik dan diingat oleh penonton tanah air?

Konten menjadi salah satu cara jitu merebut perhatian masyarakat. Di awal, masyarakat bisa jadi masih bingung dengan keberadaan akun Anda. Namun jangan patah semangat untuk terus berkarya.

 

Pertahankan Kualitas Konten yang Memberikan Efek Domino

Buatlah konten menarik secara konsisten dalam kurun waktu tertentu. Dengan begini, algoritma Google lebih mudah menyarankan website atau channel YouTube Anda kepada para pengunjung.

Semakin banyak pengunjung yang mampir setiap harinya, maka makin banyak pula uang yang Anda dapatkan. Ini layaknya efek domino yang berbekal dari ‘klik’ iklan di internet.

 

Mempromosikan Channel Youtube atau Website Pribadi

Anda punya media sosial bukan? Manfaatkan media sosial Anda untuk mempromosikan website atau channel YouTube pribadi. Lakukan promosi secara gencar untuk menarik perhatian banyak orang.

Sebagian besar content creator memang mengalami kendala pengunjung di awal. Untuk itu, Anda tak perlu terlalu sedih kalau jumlah pengunjung masih kecil di awal memulai.

 

Hasilkan Uang dari Rumah

Selain memanfaatkan AdSense, ada juga beberapa pekerjaan lain yang bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan uang dari internet, seperti:

 

Menjadi Dropshipper

Dropshipping merupakan cara berjualan online tanpa harus menyediakan barangnya. Dengan kata lain, Anda menjual barang milik orang lain.

Sistemnya, mereka akan mengirimkan pesanan kepada konsumen dengan menggunakan nama toko online milik Anda.

 

Menjual Foto dan Video

Menjual foto dan video sekarang ini menjadi peluang yang bagus. Pasalnya, banyak influencer di media sosial yang membutuhkan jasa ini.

Anda bisa menjual foto dan video Anda melalui platform penyedia stock foto, seperti Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto, Free Digital Photos, dsb.

 

Bermain Games di Smartphone

Anda pecinta games? Jangan sampai waktu terbuang sia-sia. Manfaatkanlah untuk mendapatkan uang tambahan. 

Caranya, Anda bisa memainkan game ini hingga level tertentu. Setelah itu, akun game tersebut bisa Anda jual.

Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa memainkan game orang lain. Tugas Anda hanya menaikkan level game mereka dan mendapatkan item tertentu.

 

Menjadi Influencer

Menjadi influencer butuh kreativitas. Anda harus membuat pengguna Instagram tertarik. Caranya, buatlah konten yang menarik seperti meng-upload foto-foto yang apik.

Setelah followers  bertambah, tawaran endorse akan menghampiri Anda. 

 

Trading Kripto

Cara menambah penghasilan tanpa modal berikutnya adalah transaksi Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dirancang sebagai alat tukar. Proses pembuatannya dilakukan dengan teknik enkripsi dan dikelola oleh jaringan peer to peer.

Salah satu jenis cryptocurrency yang paling populer yaitu Bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang digital terkuat di dunia saat ini. Nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah percoin.

Kegiatan transaksi cryptocurrency biasanya dilakukan untuk jual beli Bitcoin di pasar bursa, crowdfunding, penggalangan dana massal, dan pengeluaran personal.

Dengan manfaat dan harga cryptocurrency tersebut, kita bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari sini. Pastikan juga bahwa Anda memahami setiap risiko sebelum melakukan transaksi.

 

Mengisi Survei Online

Mengisi survei online ternyata bisa memberikan keuntungan untuk kita. Di survei online, perusahaan menanyakan opini tentang produk mereka untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Di Indonesia sendiri, survei online pun sudah ada. Anda bisa mengunjungi situs surveiberbayar.com atau in.tinjauperbandingan.net. Jika Anda ingin mendapatkan dolar, coba menggunakan aplikasi Whaff.

Tentu saja, Anda harus selalu waspada. Jangan sampai Anda tertipu. Cirinya, jika Anda justru diminta sejumlah uang. Ini jelas penipuan. Jadilah pengisi survei online yang cerdas.

 

Affiliate Marketing

Affiliate marketing bisa menambah pundi-pundi keuangan Anda. Affiliate marketing berbasis komisi. Artinya, suatu perusahaan akan membayar komisi pada Anda jika orang membeli dengan nomor referensi atau tautan dari Anda.

Misalnya, kalau Anda seorang blogger, Anda bisa berafiliasi dengan Amazon. Daftarlah program afiliasinya. 

Jika blog Anda sesuai dengan preferensi Amazon, Anda bisa memposting link suatu barang atau jasa di blog Anda.

Jika pengunjung blog Anda mengklik link tersebut dan membeli barang tersebut, Anda akan mendapatkan komisi.

 

UX Design

UX design atau User Experience Design merupakan proses peningkatan kepuasan pengguna dalam suatu website maupun aplikasi.

Banyak perusahaan yang mencari orang untuk melakukan hal ini. Seorang desainer UX handal biasanya mampu merancang flow website atau aplikasi yang simple dan mudah digunakan pengguna.

Oleh karena itu, desainer UX harus menguasai perancangan keseluruhan, agar nantinya dapat menghubungkan visual yang dapat terkoneksi dengan sistem.

 

Online Coaching

Cara mendapatkan uang di internet tidak harus dengan menjual barang. Kalau Anda punya keahlian atau bakat tertentu, jangan segan untuk memanfaatkannya.

Anda bisa menjual bakat atau keahlian lewat online coaching. Dengan kemajuan teknologi, coaching online menjadi lebih mudah.

 

Membuka Kanal Podcast

Saat ini, podcast mulai populer. Apalagi, ketika pola hidup manusia semakin dituntut untuk bisa cepat. Dengan jadwal dan jalan yang padat, banyak orang mendengarkan podcast di sela-sela waktunya.

Tentu saja, banyak podcast yang bermanfaat, ketimbang mendengarkan lagu. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti Youtube, Spotify, dsb.

 

Bisnis Barang Bekas

Cara menambah penghasilan tanpa modal terakhir adalah bisnis barang bekas. Kalau punya barang yang sudah tidak terpakai lagi, jangan langsung dibuang.

Ada baiknya didonasikan atau jadikan bisnis untuk menambah penghasilan Anda. Dengan memanfaatkan dunia maya, Anda bisa menjual barang bekas.

Misalnya saja, Anda bisa menjualnya di Carousell. Situs ini khusus untuk Anda yang ingin menjual barang bekas

Mulai dari baju, sepatu, tas, dsb. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace lainnya.

Ingat, less is more. Dengan mengurangi kepemilikan barang-barang yang tidak terpakai lagi, pikiran pun akan lebih tenang dan damai, lho

 

Menjadi Penerjemah

Anda fasih berbahasa asing? Isi waktu luang Anda dengan menyediakan jasa penerjemah. Meskipun sambil bekerja, Anda bisa mengerjakan usaha sampingan ini di waktu luang Anda.

Dengan demikian, keahlian Anda berbahasa dapat menjadi sebuah usaha online yang menguntungkan juga.

Apabila tertarik, Anda bisa menjual jasa penerjemah di beberapa platform berikut:

  • Fiverr
  • Sribulancer
  • OneHourTranslation

Selain itu, banyak calon pemilik blog yang membutuhkan pembuatan artikel bahasa Inggris yang terjangkau. Anda bisa menemukan mereka di forum ads.id.

 

Menjadi Asisten Virtual

Asisten virtual sangatlah luas cakupannya. Namun pada dasarnya adalah menjadi asisten yang melayani satu orang secara berulang.

Penghasilannya bervariasi, namun biasanya dibayarkan per jam dan bergantung pada spesialisasinya.

Adapun beberapa bidang asisten virtual antara lain:

  • Penulis
  • Desain grafis
  • Riset
  • Editing
  • Copywriting
  • Manajemen media sosial
  • Translasi
  • Programming
  • Input data, dan sebagainya.

 

Menjadi Kolektor Nama Domain

Domain itu ibaratnya lokasi bisnis pada bisnis offline. Domain sangat berpengaruh terhadap sebuah bisnis, karena semakin baik lokasinya maka semakin baik pula bisnis berjalan.

Nah, nama domain yang bagus bisa dihargai mulai dari US$500 sampai US$100.000 bahkan lebih dari itu. Menakjubkan bukan?

Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi kolektor nama domain karena banyak yang berlomba-lomba untuk memperoleh nama domain yang strategis.

 

Menyewakan Kamar di AirBnB

AirBnB merupakan sebuah platform sewa menyewa kamar atau akomodasi bagi para traveller atau yang hanya sekedar pergi dinas.

Kelebihannya adalah di sini harga yang ditawarkan terjangkau, hingga bisa juga diarahkan kepada backpacker.

Nah, apabila Anda memiliki kamar kosong di rumah yang jarang dipakai, mengapa tidak menyewakannya saja? 

Kamar akan lebih hidup saat ditempati, ditambah Anda memperoleh penghasilan yang lumayan. Ide bisnis yang menarik, bukan?

 

Selanjutnya, Anda dapat membaca panduan belajar: Dropship vs Affiliate vs Reseller.

 

Jika Anda mempunyai masalah keuangan, Yuk konsultasi dengan Certified Financial Planner (CFP) Finansialku.

Namun, sebelumnya lakukan dahulu cek kesehatan keuangan supaya konsultasi Anda bisa selesai tepat sasaran, ya. Tenang! Cek kesehatan keuangan bisa Anda lakukan melalui aplikasi Finansialku juga, kok.

Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku di Apps Store atau Play Store dan manfaatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode promo: WEBTAHUNAN untuk biaya member PREMIUM yang lebih ekonomis selama satu tahun.

 

Jadi kaya meski di rumah saja? Bisa banget loh. Simak video di bawah ini selengkapnya. Jangan lupa untuk subscribe Youtube Finansialku untuk update tips keuangan lainnya.

 

Editor: Nurdevi Noviana

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3ksxeJp