Perhelatan Asian Games baru saja dibuka dengan opening ceremony yang digelar pada hari Sabtu (18/8/19).

Sebuah opening yang sangat memukau, apalagi ketika Presiden RI beraksi di atas motor gede (moge).

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jokowi Gunakan Stuntman Saat Pembukaan Asian Games 2018

Video Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai motor gede atau moge pada pembukaan Asian Games 2018 menjadi sangat viral, dan pastinya menjadi sorotan publik.

Tak hanya disorot di Tanah Air, aksi Jokowi semalam juga sukses menyita perhatian sejumlah media asing.

Aksi ini juga menjadi perbincangan hangat di Korea Selatan setelah media asal Korea Selatan, Insight, menulis artikel dengan judul “Presiden Indonesia datang ke pembukaan ke seremoni menggunakan motor”.

Aksinya itu memang nampak tak biasa. Presiden Republik Indonesia tersebut seolah seperti freestyler moge yang handal. Bahkan, salah satu cuplikan memperlihatkan Jokowi dengan motornya melompat tinggi melewati kerumunan orang-orang.

Wow! Aksi Motor Jokowi di Pembukaan Asian Games Pakai Stuntman, Berapa Gajinya 2 Finansialku

[Baca Juga: Pundi-pundi di Balik Medali Emas Asian Games]

 

Namun, belakangan diketahui bahwa atraksi Jokowi saat itu dilakukan oleh pemeran pengganti alias stuntman. Hal tersebut tentunya sudah menjadi barang pasti, karena seorang kepala negara tidak mungkin menempatkan diri dalam posisi berbahaya dengan risiko yang terlalu besar.

Stuntman sendiri memang biasa digunakan dalam aksi-aksi berbahaya yang sering Anda saksikan di film-film layar lebar. Misalnya, saat adegan menerjang api, melompat dari gedung tinggi, hingga kebut-kebutan di jalan.

Yang membuat penasaran adalah, berapa gaji pemeran pengganti tersebut?

 

728x90 - Motor
300x250 Kotak - Motor

 

Mengutip The Hollywood Reporter, Senin (20/8/18), pemeran pengganti memiliki gaji yang lumayan besar. Tak heran, hal itu disesuaikan dengan risiko pekerjaannya.

Dalam catatan The Hollywood Reporter 2014 lalu, gaji stuntman atau stunt person berada di kisaran US$50 ribu (setara dengan Rp725 juta) hingga US$1 juta (setara dengan Rp14,5 miliar) per tahun.

The American Federation of Television and Radio Artist (AFTRA), lembaga yang mewakili profesi aktor di televisi maupun radio juga menyebut penghasilan stuntman mencapai US$889 per hari (setara dengan Rp12,9 juta) atau sekitar US$50 ribu (setara dengan Rp725 juta) per film dengan asumsi lama produksi film 3 bulan.

Tom McComas misalnya, salah stuntman kelas Hollywood yang seringkali melakukan aksi-aksi gila.

Stuntman dalam film The Dark Knight hingga Mission: Impossible ini telah melakukan berbagai aksi yang bikin geleng-geleng kepala, mulai dari mengendarai sepeda motor melewati dinding hingga mengendarai kendaraan semi trailer dengan kecepatan tinggi.

Dengan aksinya tersebut, Tom menghasilkan sekitar US$500 ribu (sekitar Rp7,25 miliar) dalam setahun.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Stuntman Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018

Lalu siapakah orang yang menjadi stuntman Jokowi saat motornya meliak liuk di jalan dan melompat dengan tinggi? Banyak media yang memberitakan bahwa stuntman Jokowi dalam aksi motornya dilakukan oleh pria bernama Withithep Komolhiran.

Pria yang kerap dipanggil Suddum ini merupakan stunt rider dari negeri gajah putih, Thailand.

Keterlibatannya ini disampaikan oleh seorang stunt rider asal Indonesia, Wawan Jarwanto.

Kabar ini juga diperkuat dengan unggahan Saddum di laman Instagramnya. Ia membagikan fotonya di atas motor dengan keterangan ‘Behind the scenes’.

Suddum tak menuliskan keterangan lebih rinci, namun latar belakang foto yang diunggahnya sama persis dengan adegan di video saat Jokowi melompati truk.

Wow! Aksi Motor Jokowi di Pembukaan Asian Games Pakai Stuntman, Berapa Gajinya 3 Finansialku

[Baca Juga: Wow! Anggaran Asian Games 2018 Mencapai Jumlah yang Fantastis]

 

Tak berselang lama, akun Instagram Suddum langsung diserbu warganet, utamanya warga Indonesia.

Banyak warganet yang mengaku bangga dengan aksi Suddum karena ia turut mengharumkan nama bangsa Indonesia lewat aksinya di depan jutaan pasang mata di dunia yang menyaksikan video tersebut.

Namun, tidak ada yang tahu berapa gaji dari stuntman Jokowi tersebut. Apa mungkin pemeran pengganti sang presiden mendapat bayaran sebesar stuntman Hollywood? Bagaimana menurut Anda?

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah informasi dalam artikel ini menambah wawasan dan berguna untuk Anda? Apakah ada teman-teman atau rekan Anda yang membutuhkan informasi ini juga?

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afriyadi. 20 Agustus 2018. Aksi Motor Jokowi Pakai Stuntman, Gajinya Berapa Ya? Detik.finance.com – https://goo.gl/a2BVdG
  • Alsadad Rudi. 19 Agustus 2018. Inikah “Stuntman” Jokowi di Video Moge Pembukaan Asian Games. Otomotif.kompas.com – https://goo.gl/EYDxsA

 

Sumber Gambar:

  • Stuntman Jokowi – https://goo.gl/9bUvTs
  • Stuntman Jokowi 2 – https://goo.gl/Lk6uGk
  • Stuntman Jokowi 3 – https://goo.gl/WWfcaY