Ingin mengajukan KPR untuk rumah baru Anda, bingung pilih bank dengan suku bunga KPR yang paling menguntungkan? Mari ketahui dulu suku bunga KPR mana yang paling menguntungkan untuk kebutuhan KPR Anda.

 

 

Apa Itu KPR?

Memiliki rumah merupakan dambaan semua orang. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa harga rumah tidaklah murah. Bahkan, harga rumah terus meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, salah satu alternatif untuk bisa membeli rumah adalah dengan mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR dapat dikatakan sebagai cara yang paling umum untuk membeli rumah.

[Baca Juga: KPR Uantuk Milenial: Cara Membeli Rumah Tanpa Ribet]

 

KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Layanan ini menyediakan fasilitas bagi masyarakat berupa produk pembiayaan untuk pembelian rumah dengan skema pembiayaan berkisar 85% hingga 90% dari harga rumah.

Meskipun KPR mempermudah pembelian rumah, sejumlah uang harus tetap dikumpulkan untuk bisa membayar cicilan KPRnya. Bingung berapa besaran biaya untuk mengalokasikan pendapatan Anda?

Anda bisa gunakan aplikasi Finansialku yang bisa membantu Anda menghitung dana membeli rumah lengkap dengan perhitungan inflasi dan bunga KPR.

Jika Anda ingin mengetahui lebih khusus tentang bagaimana cara membeli rumah pertama, Anda bisa juga membaca e-book finansialku berikut ini.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Fasilitas KPR disediakan oleh bank yang memiliki produk KPR dengan besaran bunga yang beragam. Ada banyak bank di Indonesia yang menyediakan layanan KPR, lho. Wah bagaimana cara membandingkannya ya?

Nah, untuk itulah Finansialku ingin mengajak Anda melihat besaran suku bunga KPR yang diberikan setiap bank untuk mencari KPR yang cocok untuk Anda.

Tentu saja, bunga KPR yang tertera ini hanya menjadi salah satu pertimbangan Anda memilih KPR, Anda tetap harus mencari tahu lebih lanjut mengenai layanan KPR di bank yang suku bunganya menarik perhatian Anda.

 

Daftar Bank Dengan Suku Bunga KPR Rendah per Oktober 2022

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi suku bunga KPR dari bank-bank yang ada di Indonesia. Sebagai referensi bagi Anda, berikut ini rangkuman lima bank dengan suku bunga KPR rendah per Oktober 2022. 

#1 Bank BTN

Bank yang pertama yakni Bank Tabungan Negara (BTN). Pada Bulan Oktober 2022 ini, BTN meluncurkan program yang bernama KPR BTN Subsidi bebas premi asuransi dan PPN. Selain itu pada Maret 2022 lalu, BTN juga telah menawarkan bunga KPR yakni sebesar 3,72%. Padahal, Berdasarkan data Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) Kredit non KPR BTN berada di angka 8,75%.

#2 Bank BNI

Kemudian daftar bank yang kedua adalah Bank Negara Indonesia (BBNI). Di tengah tren suku bunga KPR yang cenderung alami kenaikan, akan tetapi BNI masih menawarkan promo bunga KPR. Salah satunya adalah promo suku bunga BNI Griya yang masih berlaku hingga kuartal II. Suku bunga yang ditawarkan sendiri yakni sebesar 6,75% dan pilihan masa fixed selama 2 tahun pertama.

#3 Bank Mandiri

Salah satu bank plat merah lainnya yakni Bank Mandiri  (BMRI) juga menawarkan suku bunga KPR yang tak kalah kompetitif. Meskipun mereka telah menetapkan SBDK untuk segmen kredit KPR berada di angka 7,25% pada Juni 2022, akan tetapi pada September 2022 lalu, Bank Mandiri memberikan pilihan suku bunga 3,88% fix 3 tahun atau 4,88% fix 5 tahun.

Tak sampai di situ, mereka juga memberikan opsi pilihan penawaran. Di antaranya suku bunga fix 10 tahun, mulai dari 3,98% fix tahun pertama hingga tahun ketiga. Kemudian, 7,68% fix tahun keempat hingga tahun keenam, lalu 9,68% fix tahun ketujuh hingga tahun kesepuluh.

#4 Bank BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) saat ini tengah menawarkan suku bunga KPR yakni sebesar 4,99% fixed untuk tiga tahun pertama. Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Perusahaan, Aestika Oryza, suku bunga floating mereka saat ini berada di angka 13 persen. 

Kendati demikian BRI telah menawarkan program KPR dengan suku bunga promo (khusus) mulai dari 2,88 persen fixed 1 tahun.

#5 Bank BCA

Beralih ke bank swasta yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Bank swasta terbesar di Indonesia ini memberikan fasilitas peminjaman untuk pembelian beberapa jenis properti seperti apartemen, ruko, hingga rumah baik dalam kondisi baru maupun second. Tidak hanya itu proses peminjaman juga bisa dilakukan secara online.

BCA sendiri saat ini menawarkan beberapa pilihan suku bunga KPR, meliputi

  • 3,99 persen untuk fix selama 3 tahun.
  • 5,08 persen untuk fix selama 5 tahun.
  • 6,38 persen untuk fix selama 8 tahun.
  • 6,88 persen untuk fix selama 10 tahun.

#6 Bank CIMB Niaga

Selanjutnya datang dari PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA). Bank swasta yang satu ini menawarkan program KPR bernama KPR Xtra CIMB Niaga. Tenor yang ditawarkan dalam program ini hingga 25 tahun dengan limit kredit antara Rp100 juta sampai dengan Rp30 miliar.

Suku bunga kredit yang mereka tawarkan yakni mulai dari 4,5 persen per tahun dengan metode bunga tetap maupun floating. Jenis agunan dari program ini antara lain rumah, apartemen, ruko, hingga tanah.

#7 Bank BSI

Untuk Anda yang menginginkan produk KPR dari bank syariah, maka PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) bisa menjadi pilihan. Bank BUMN syariah ini menawarkan program yang bernama Griya Hasanah Online. Melalui program ini berbentuk penambahan pembiayaan serta pembiayaan eksisting BSI untuk kebutuhan konsumtif dari nasabah.

Pembiayaan dari program ini menggunakan akad refinancing syariah dengan menerapkan skema al-bai’ dalam rangka musyarakah mutanaqisah (MMQ).

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membeli Rumah dengan KPR? Ini 5 Tahapannya]

 

Selain beberapa bank di atas, berikut ini adalah rangkuman penawaran suku bunga KPR lainnya dari beberapa bank lain:

  • PT Bank Panin, Tbk. 4,5 % – 9,80 %
  • PT Bank DBS Indonesia, 7,24 %
  • PT Bank Jasa Jakarta, 7,50 %
  • PT Bank Danamon, 8,25%
  • PT Bank OCBC NISP, Tbk. 8,25%

  • PT Bank HSBC Indonesia, 9,25%
  • PT Bank Artha Graha Internasional, 8,94%
  • PT Bank Mega, Tbk. 10,84%
  • PT Bank Nationalnobu, Tbk. 9,25% 

Hal yang Harus Diperhatikan Mengenai Suku Bunga KPR

Selaku debitur, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seputar suku bunga KPR supaya keputusan untuk mengambil KPR tidak salah langkah. Untuk itu berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Pastikan Anda harus memperhatikan Down Payment (DP) terlebih dahulu.
  • Bandingkan terlebih dahulu tingkat dan jenis bunga KPR-nya.
  • Tentukan masa pinjaman (tenor) dari KPR.
  • Pastikan Anda mengetahui semua ketentuan dan kebijakan dari pihak bank.
  • Anda perlu melunasi kredit sebelum masa cicilan habis.
  • Ketahui pula penurunan sisa nilai KPR.

 

 

 

 

Jadi, apakah Anda mau mengajukan KPR? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Jangan lupa untuk bagikan artikel bermanfaat ini terutama pada teman Anda yang sedang membutuhkannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Otoritas Jasa Keuangan. 2019. Suku Bunga Dasar Kredit. Ojk.go.id – https://bit.ly/2OouP0E
  • Adhyasta Dirgantara. 28 Oktober 2019. Daftar Bunga KPR, Mana yang Paling Ringan di Kantong?. Okezone.com – https://bit.ly/37qmMJs
  • Tim Editorial. 11 Oktober 2022. 15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah per Oktober 2022. Rumah.com – https://bit.ly/3snBGvI
  • Redaksi. Suku Bunga KPR Terbaru 10 Bank Besar: BRI, BCA, hingga BTN. Bisnis.com – https://bit.ly/3W02bEO

Sumber Gambar:

  • Suku Bunga KPR 01 – http://bit.ly/33axIaB
  • Suku Bunga KPR 02 – http://bit.ly/2D6UDsX