Bergaya nyentrik dan kerap tampil mewah di televisi, kira-kira seberapa banyak kekayaan Hotman Paris?

Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di artikel berikut.

 

Summary

  • Hotman Paris terkenal dengan gayanya yang nyentrik dan glamour hingga mendapat julukan sebagai ‘pengacara Rp30 miliar’.
  • Kariernya yang moncer sebagai pengacara membuat pundi-pundi penghasilan mengalir deras ke kantongnya dan menjadi sosok yang makin tajir melintir.

 

Jumlah Kekayaan Hotman Paris

Pengacara kondang Tanah Air yang menjadi langganan para artis ini memang seringkali menjadi bahan pembicaraan publik. 

Hotman Paris terkenal dengan gayanya yang nyentrik dan glamour hingga dirinya mendapat julukan sebagai pengacara Rp30 miliar.

Julukan tersebut tersemat karena ia kerap memakai berbagai aksesoris seperti jas, sepatu, cincin, dan lain sebagainya dengan total mencapai Rp30 miliar.

Lantas, sebenarnya berapa harta kekayaan Hotman Paris?

Dalam salah satu acara televisi nasional, menyebutkan bahwa harta kekayaan Hotman Paris bukan lagi miliaran rupiah, tetapi sudah triliunan rupiah. 

Meski ia menolak mengatakan nominalnya, harta kekayaan yang ia miliki ternyata telah mencapai Rp4,5 triliun.

Namun, ia juga mengaku bahwa jumlah pajak yang harus ia bayarkan adalah sebesar Rp30 miliar ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan pengampunan pajak.

 

Sumber Kekayaan Hotman Paris

Sobat Finansialku pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Di atas langit masih ada Hotman Paris’.

Istilah tersebut biasanya terlontar untuk orang-orang yang memamerkan harta mereka namun kekayaannya masih belum melampaui laki-laki yang kerap menggoyangkan jari penuh cincin ini.

Kariernya yang moncer sebagai pengacara membuat pundi-pundi penghasilan mengalir deras ke kantongnya. Lalu, apakah kekayaan Hotman Paris hanya berasal dari kariernya sebagai pengacara? 

Berikut Finansialku rangkum 5 sumber kekayaan Hotman Paris yang membuatnya semakin tajir melintir.

 

#1 Pengacara

Pemilik nama lengkap Hotman Paris Hutapea ini kerap menangani hampir semua masalah hukum. Seperti masalah perceraian hingga masalah hukum serus lainnya.

Ia bahkan pernah menangani kasus perusahaan pertambangan besar di Indonesia. Dari kasus tersebut, ia mendapatkan fee hingga Rp160 miliar.

Hotman Paris juga mematok tarif sebesar Rp1,3 miliar untuk satu kali kasus. Tak heran jika profesinya sebagai pengacara ini menjadi sumber utama kekayaannya.

 

#2 Villa dan Hotel

Selain menjadi pengacara, Hotman Paris ternyata merupakan pengusaha sukses. Ia memiliki total 12 vila mewah yang tersebar di Bali dengan nilai hingga miliaran rupiah per vila.

Salah satunya adalah The Cliff Hotman Paris VI Pandawa di Uluwatu, Bali, dengan biaya sewa mulai dari Rp10 juta per malam.

Ada juga beberapa hotel yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya Hotel Sere Nauli yang terletak di Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara.

 

#3 Bisnis Properti dan Aset Bangunan

Pengacara kondang yang satu ini juga memiliki bisnis properti, yaitu jual beli ruko. Total ada 200 unit ruko yang tersebar di wilayah Jakarta dengan harga sewa hingga Rp200 juta per tahun.

Selain itu, ia juga memiliki aset berupa bangunan rumah dan apartemen mewah sebanyak 500 unit.

[Baca Juga: Tiru 5+ Tips Bisnis Properti dengan Modal Kecil Ini Biar Sukses!]

 

#4 Pembawa Acara

Hotman Paris telah menjadi pembawa acara yang bertajuk Hotman Paris Show di salah satu stasiun TV swasta sejak akhir 2017.

Kabarnya, acara yang tayang sekali seminggu itu membayar Hotman hingga ratusan juta rupiah untuk satu episode.

 

#5 Barang Branded dan Mobil Mewah

Hotman Paris juga memiliki koleksi barang-barang branded seperti jam tangan, sepatu, dan cincin berlian yang harganya cukup fantastis. Selain itu, ia juga memiliki beberapa koleksi mobil mewah. 

Termasuk Lamborghini Huracan seharga Rp11 miliar, Bentley Mulsanne seharga Rp10 miliar, Ferrari California seharga Rp4,5 miliar, dan Lamborghini Gallardo seharga Rp14,5 miliar.

Tak heran jika ia kerap tampil mewah dengan memakai setelan jas dan perhiasan hingga miliaran rupiah.

 

Profil Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris Hutapea lahir pada tanggal 20 Oktober 1959 di Laguboti, Sumatera Utara.  Ia merupakan putra sulung dari pasangan Binahar Hutapea dan Rusmini Tiobinur Simanjuntak.

Hotman memiliki istri yang bernama Agustianne Marbun dan 3 orang anak, yakni Frank Alexander Hutapea, Felicia Putri Parisienne Hutapea, dan Fritz Paris Junior Hutapea.

Pengacara dengan julukan ‘Pengacara Rp30 Miliar’ ini merupakan salah satu pengacara paling kaya di Indonesia.

Kecerdasan dan kemampuannya dalam menangani berbagai kasus dan masalah hukum sebagai pengacara membuatnya sukses dan terkenal hingga ke luar negeri.

Selain itu, ia juga mendapatkan julukan ‘Celebrity Lawyer’ dan ‘The Most Dangerous Lawyer’ oleh majalah SWA serta ‘Bling-bling Lawyer’ oleh salah satu majalah di Australia.

Keberhasilannya sebagai pengacara para artis dan orang ternama membuat Hotman Paris memiliki tarif yang fantastis untuk satu kasus. Bahkan Hotman Paris mematok harga Rp1,3 miliar per kasus.

Mahalnya harga tersebut tentu saja sebanding dengan kemampuannya dalam menangani berbagai kasus.

Bahkan, ia pernah menerima fee hingga 12 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp160 miliar.

Meski begitu, ia juga tak segan menjadi pengacara untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

[Baca Juga: 8 Cara Menambah Penghasilan Tambahan Bagi Karyawan]

 

Perjalanan Karir Hotman Paris

Pada awal kariernya, Hotman pertama kali bekerja di firma hukum OC Kaligis. Kemudian pada tahun 1982, ia pindah ke firma hukum Nasution Lubis Hadiputranto.

Ia juga pernah bekerja untuk salah satu firma hukum di Sydney Free Hill Hollingdale & Page pada tahun 1987. 

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan firma hukum miliknya sendiri dengan nama Hotman Paris Hutapea & Partners.

 

Pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan

Kariernya yang cemerlang tentu saja membuatnya terkenal sebagai pengacara ternama Tanah Air. 

Namun, siapa sangka bahwa profesinya sebagai pengacara ini tak pernah menjadi cita-citanya.

Hotman lebih memilih menjadi arsitek atau dokter hingga pernah mengikuti ujian masuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Akan tetapi, ujian masuk tersebut berakhir dengan kegagalan.

Kemudian, ia memilih berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan Bandung dan lulus hanya dalam waktu 3,5 tahun pada 1981.

Pada tahun 1990, ia melanjutkan studinya di S2 Magister Ilmu Hukum University of Technology, Sydney, Australia dan S2 Master Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Hotman Paris juga telah meraih gelar S3 Doktor di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran pada tahun 2011 silam.

 

Karier Sebagai Pengacara

Setelah lulus dari Universitas Parahyangan Bandung, Hotman bekerja di firma hukum OC Kaligis atas saran dari rekan instrukturnya.

Di Kaligis, ia berhasil memiliki pengalaman peradilan pertamanya. Hanya saja, gaji yang ia terima saat itu cukup rendah, yaitu Rp182.000 per bulan.

Tak lama berselang, ia bergabung dengan firma hukum milik pengacara senior Adnan Buyung Nasution, yaitu Nasution Lubis Hadiputranto pada tahun 1982.

Kemudian pada tahun 1983, ia bekerja di Makarim dan Taira S yang merupakan firma hukum bisnis internasional.

Kariernya pun semakin melejit ketika ia memegang beberapa posisi untuk anak perusahaan Australia Freehill, Hollingdale and Page sejak 1987 hingga 1998.

Setelah sukses di beberapa tempat, ia mulai memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri dan meninggalkan Makarim dan Taira S.

Pada tahun 1999, Hotman mendirikan firma hukum miliknya yang ia beri nama Hotman Paris Hutapea and Partners.

Perusahaannya berfokus pada litigasi keuangan internasional dan penyelesaian sengketa. Hotman juga terkenal karena membantu beberapa perusahaan Indonesia dalam membatalkan utang luar negeri.

 

Banyak Cuan dari Berbagai Sumber Penghasilan

Itulah beberapa sumber kekayaan dan perjalanan karier Hotman Paris sebagai pengacara kondang di Indonesia.

Meski memiliki harta kekayaan yang melimpah, Hotman juga terkenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi dan suka membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sobat Finansialku juga bisa belajar dari Hotman Paris yang memiliki sumber penghasilan lebih dari satu. Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dan menjadi kaya di usia muda.

Nah, kamu bisa cari referensi dan menemukan strategi yang tepat untuk menambah penghasilanmu dengan membaca ebook Finansialku berikut ini. Yuk, siap cari cuan sebanyak mungkin! 

Ebook GRATIS, Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu

Banner Iklan Ebook Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu - PC
Banner Iklan Ebook Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu - HP

 

Jangan lupa bagikan artikel ini lewat berbagai platform yang tersedia, agar dapat menginspirasi orang lain. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi:

  • Ratih Ika Wijayanti. 16 Mei 2022. 7 Sumber Kekayaan Hotman Paris, Hartanya Tembus Hingga Rp4,5 Triliun. Idxchannel.com – https://bit.ly/3DViBIi
  • Shifa Nurhaliza. 05 Juni 2022. Perjalanan Karier Hotman Paris, Pengacara Kondang Langganan Artis dan Selebragm. Idxchannel.com – https://bit.ly/3flkIup
  • Arya Ravato Bagasraga. 07 April 2022. Hotman Paris Hutapea Tajir Melintir, Ini Dia 4 Sumber Kekayaannya. Sindonews.com – https://bit.ly/3Ccyj0q
  • Abdul Razak. 20 April 2022. 5 Fakta Kekayaan Hotman Paris sebagai Pengacara, Honor per Kasus hingga Dibayar Pakai Dolar. Celebrities.id – https://bit.ly/3ReBqJr