Apa sih fungsi dari surat keterangan kerja? Bagaimana cara membuatnya?

Cari jawabannya di artikel Finansialku satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surat Keterangan Kerja, Untuk Apa?

Sobat Finansialku, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai surat keterangan kerja.

Surat ini merupakan salah satu surat rekomendasi dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya.

Umumnya, surat ini bisa menjadi dokumen yang penting saat akan melamar kerja selain CV dan surat lamaran.

Surat ini digunakan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar bekerja di tempat yang dituliskan dalam CV.

Isinya sendiri berupa keterangan posisi ketika bekerja di perusahaan sebelumnya, serta berapa lama Sobat Finansialku menjalani profesi tersebut.

Surat tersebut umumnya akan dikeluarkan oleh bagian personalia yang memiliki wewenang untuk mengeluarkannya, untuk dilampirkan pada saat melamar kerja di tempat baru.

Nah, selain untuk melamar kerja ternyata surat ini punya beberapa fungsi lain. Penasaran? Yuk lihat apa saja fungsinya:

Surat Dinas Arti, Kegunaan, Ciri-ciri dan Contohnya 01 -Finansialku

[Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri]

 

#1 Persyaratan untuk Menarik Dana BPJS Ketenagakerjaan

Surat ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin mencairkan BPJS ketenagakerjaan (wajib dilegalisir dari perusahaan dan sertakan fotokopinya).

Dengan melampirkan surat ini, Sobat Finansialku bisa mencairkan 10-30 persen dana dari BPJS ketenagakerjaan, meski kita masih bekerja sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

 

#2 Melakukan Pinjaman Ke Bank

Surat keterangan ini juga bermanfaat bagi Sobat Finansialku yang ingin mengajukan pinjaman ke bank.

Di mana umumnya untuk sejumlah uang membutuhkan surat keterangan ini sebagai persyaratan untuk mendapatkan persetujuan pihak bank.

Hal ini sebagai bukti bahwa Sobat Finansialku merupakan karyawan dengan penghasilan tetap sehingga meyakinkan pihak bank perihal kemampuan kita untuk membayar pinjaman.

 

#3 Pengajuan Beasiswa Jalur Profesional

Fungsi selanjutnya dari surat ini adalah untuk pengajuan beasiswa untuk jalur professional.

Pada tahapan pendaftaran, dibutuhkan surat keterangan bekerja yang sah dan dilegalisir oleh pihak perusahaan sebagai salah satu persyaratannya.

 

Membuat Surat Keterangan Kerja yang Profesional

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Surat ini merupakan salah satu surat rekomendasi dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, sekaligus bukti bahwa Anda pernah bekerja di suatu tempat dengan jabatan tertentu.

Mengingat banyaknya fungsi surat ini seperti telah diungkapkan di atas, Finansialku mengajak Anda melihat cara membuat surat keterangan kerja yang baik, nih. Yuk simak selengkapnya di sini!

 

Sobat Finansialku yang ingin mengisi waktu luang di luar jam kerja, bisa diisi dengan mendalami hobi, atau menghasilkan uang tambahan. Bagaimana caranya?

Finansialku punya video yang harus ditonton untuk temukan inspirasi, apa saja yang bisa dilakukan di luar jam kerja tanpa khawatir harus kehilangan uang, tapi pasti cuan!

 

Apakah Sobat Finansialku memiliki pertanyaan mengenai cara dan fungsi surat ini? Tinggalkan komentar Anda di bawah ini, ya!

Apabila artikel ini dirasa sangat bermanfaat untuk dibaca oleh teman-teman dan keluarga Sobat Finansialku, bagikan artikel ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vera Khairifah. 19 November 2019. Contoh & Cara Buat Surat Keterangan Kerja yang Benar. Cekaja.com – https://bit.ly/3dzIWfb
  • Chintya Maretha. 17 Juni 2019. Fungsi Surat Keterangan Kerja dan Contohnya. Glints.com – https://bit.ly/3dzIWfb