Surat lamaran kerja merupakan salah satu surat formal yang harus diketahui cara penulisan serta formatnya yang benar.

Artikel ini akan memberikan 5 kiat jitu untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris agar semakin tepat dan menarik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Siapa yang tidak mau bekerja di perusahaan multinasional dan bergaul dengan kolega yang non-Indonesia. Pasti semua orang ingin mendapatkan pengalaman tersebut.

Namun salah satu halangan terberatnya adalah mengingat bahasa ibu kita adalah Bahasa Indonesia, tentu saja tidak biasa untuk menulis surat formal dalam Bahasa Inggris, salah satunya adalah surat lamaran kerja.

5+ Kiat Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 03

[Baca Juga: Cek Dulu 5+ Kelengkapan Surat Sebelum Membeli Rumah Bekas]

 

Dalam Bahasa Inggris, surat lamaran kerja ini dikenal dengan nama cover letter. Biasanya surat ini dapat diberikan dengan 2 jenis format tergantung pada kebijakan perusahaan.

Ada yang menghendaki format fisik seperti surat fisik yang dikirim melalui pos atau format digital yang dikirim melalui email. Namun bagaimanapun formatnya, isi dari surat ini adalah hal yang paling krusial.

Di bawah ini adalah beberapa kiat jitu yang dapat Anda ikuti untuk menulis surat lamaran kerja yang baik, benar dan menarik.

 

#1 Ditulis dengan Tata Bahasa Inggris yang Benar dan Sopan

Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tentunya harus ditulis dengan bahasa Inggris yang memiliki tata yang benar dan tepat. Jangan menggunakan mesin penerjemah online karena biasanya hasilnya akan kacau.

Anda dapat meminta bantuan dari keluarga atau teman yang fasih berbahasa Inggris. Anda juga dapat menyewa jasa native speaker untuk mengecek apakah bahasa yang Anda gunakan di dalam surat telah tertata dengan benar.

 

#2 Pastikan Dituju Ke Orang yang Benar dan dari Kontak yang Benar

Banyak yang meremehkan sebuah panggilan nama atau detil kecil. Padahal hal tersebut akan memberikan nilai tambah jika Anda memperhatikannya. Mulailah dari nama perusahaan hingga nama pihak yang menerima surat Anda.

Setelah itu, bubuhi tanggal penulisan surat sehingga perusahaan tersebut mengetahui kapan Anda menulisnya atau kapan Anda mengetahui penawaran kerja.

5+ Kiat Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 04

[Baca Juga: 5 Contoh Surat Resmi Undangan yang Baik dan Benar!]

 

Tentu segala informasi ini dapat Anda ketahui jika Anda telah melakukan riset mengenai perusahaan tersebut sebelumnya.

Intinya, Anda harus memeriksa secara keseluruhan dan usahakan untuk tidak membuat kesalahan sama sekali. Mulai dari nama, informasi yang diberikan serta kosakata di dalam surat.

 

#3 Terdiri dari Awal, Isi dan Penutup

Hal ini tidak berbeda jauh dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Dalam surat lamaran kerja berbahasa Inggris, Anda harus memberikan pendahuluan yang dapat berupa sapaan dan pendahuluan serta tujuan surat tersebut ditulis.

Awal surat ini cukup penting karena menarik atau tidaknya lamaran Anda akan bergantung pada beberapa kalimat awal yang dibaca.

Pastikan paragraf tersebut menarik dan membuat pembaca untuk terus membaca surat hingga selesai.

5+ Kiat Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 01

[Baca Juga: Begini Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnya]

 

Kemudian, Anda dapat memberikan isi surat yang biasanya berisi keahlian Anda, pengalaman kerja, kelebihan serta kelemahan yang Anda miliki. Isi surat ini juga dapat menginformasikan jumlah lampiran serta lampiran apa saja yang Anda sertakan.

Setelah pendahuluan dan isi, maka Anda dapat mengakhiri surat Anda. Akhir surat ini dapat berisi kontak pribadi sehingga perusahaan tahu kepada siapa mereka harus menghubungi jika mereka tertarik. Penutup surat juga sebaiknya terdiri dari 1 paragraf singkat.

 

#4 Memiliki Isi yang Singkat, Padat dan Jelas

Sebuah surat yang terlalu panjang dan bertele-tele akan membuat bosan pembacanya. Apalagi jika tidak memiliki isi yang jelas. Salah satu tips untuk mempersingkat isi Anda adalah dengan menggunakan poin-poin.

Selain dapat memberikan informasi dengan jumlah yang banyak, poin-poin juga tidak memerlukan basa-basi seperti ‘selanjutnya’, ‘kemudian’, ‘pertama, kedua’. Hal ini akan menghemat waktu pembaca dan membuat mereka lebih fokus kepada hal yang penting saja.

 

#5 Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Agar Anda memiliki gambaran surat lamaran kerja berbahasa Inggris yang benar, di bawah ini adalah salah satu contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.

 

Dear Sir/Madam (Jika nama serta jenis kelamin tidak diketahui)

Dear Mr./Mrs./Ms. (Last Name) (Jika nama serta jenis kelamin diketahui)

 

I am writing to apply for the position as a Public Relation Executive which your company has advertised on ABC. Through the skills and experiences listed below, I believe to be a strong candidate for this job.

 

Having the professional and academic experience in creative writings and media, the field of public relation is no longer a foreign industry of mine. I’m a Master of Arts graduate from University of Westminster, London, UK, specialized in Creative Media & Writings. I’ve worked for Impact Arts which is a Marketing Specialist for the Arts Industry. As the Public Relations for this company, I have dealt with Impact’s clients including the British Film Institute, London’s major museums, West End theatres, and many more. Aside from meeting with clients, writing reports, press release and pictorial representations were other duties that I have coped with. Therefore, handling multiple tasks at one period of time would not be an issue at all.

I hope my past experience is intriguing enough. For further questions, please feel free to contact me on +62812- 1212xxx. Thank you for your time. I look forward to hearing from you soon.

 

Sincerely,

Jane Doe

 

Bedakan Diri Anda dari Yang Lain

Sebuah surat lamaran kerja adalah seperti image pertama yang Anda berikan kepada perusahaan. Oleh karena itu, buatlah surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang tepat dan benar serta utarakan maksud Anda dengan cermat dan bijaksana.

Download aplikasi Finansialku untuk merencanakan keuangan anda di kemudian hari. Dapatkan aplikasinya di Google Play dan App Store.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda memiliki gambaran lebih tentang membuat surat lamaran kerja yang benar.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris. Ef.co.id – https://bit.ly/37F5uHm
  • Admin. Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik. Uprint.id – https://bit.ly/2PegTaN

 

Sumber Gambar:

  • Lamaran 01 – https://bit.ly/2PMNC7p
  • Lamaran 02 – https://bit.ly/3ctAVbn
  • Lamaran 03 – https://bit.ly/38sI746
  • Lamaran 04 – https://bit.ly/2TsLq7n