Apa sih manfaat memiliki tabungan pendidikan anak? Bagaimana strategi menyiapkannya? Penting untuk mempersiapkan masa depan lho!

Yuk simak pentingnya tabungan pendidikan anak serta strategi mengumpulkannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Manfaat Tabungan Pendidikan Anak

Banyak orang tua menolak memiliki tabungan pendidikan anak karena belum menyadari pentingnya persiapan dana pendidikan anak. Namun terkadang ini menjadi penyesalan yang besar di belakang.

Mengapa demikian?

Seperti yang telah kamu ketahui, kini biaya pendidikan menjadi hal yang mahal. Tak jarang orang tua berutang demi membiayai pendidikan anaknya karena terlambat mempersiapkan dana pendidikan.

Adapun beberapa manfaat dari memiliki tabungan pendidikan anak adalah sebagai berikut ini.

 

#1 Mendorong Rasa Disiplin

Alih-alih menabung, banyak orang tua yang memilih untuk meminjam uang sebagai solusi dana pendidikan. Alasannya sederhana, karena kesulitan menabung dan uang selalu habis di akhir bulan.

Inilah yang berbahaya, dimana kita cenderung MENYISIHKAN dan bukannya MENGALOKASIKAN dana pendidikan anak.

Di sinilah gunanya tabungan pendidikan, yang bisa membantu mengedepankan disiplin dalam menabung dana pendidikan.

Manfaat dan Strategi Memiliki Tabungan Pendidikan Anak, Sebaiknya Kamu Tahu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Dengan tabungan pendidikan yang umumnya berbentuk tabungan berjangka, kamu diwajibkan menyetorkan sejumlah uang setiap bulan selama periode yang telah ditentukan.

Jika uang dicairkan sebelum waktunya, umumnya kamu akan dikenakan denda.

Dengan demikian, jelas bahwa tabungan pendidikan akan membantu kita lebih disiplin dalam menabung dana pendidikan anak tanpa lupa atau sembarangan mencairkannya.

 

#2 Minim Risiko

Seperti kita ketahui, penting bagi dana pendidikan untuk disimpan dalam instrumen yang aman dan rendah risiko. Di sinilah muncul manfaat tabungan pendidikan yang kedua.

Tabungan pendidikan telah terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga uang yang telah kamu tabung lebih aman dan tidak akan hilang begitu saja.

Manfaat dan Strategi Memiliki Tabungan Pendidikan Anak, Sebaiknya Kamu Tahu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Tabungan Pendidikan Anak Adalah Solusi Untuk Biayai Pendidikan Anak?]

 

#3 Dapat Dimulai dengan Nilai Kecil Sekalipun

Bagi Anda yang belum mulai menabung dana pendidikan dengan alasan pendapatan terbatas, yuk mulai dari sekarang. Jangan khawatir, tabungan pendidikan dapat dimulai dengan nilai yang kecil sekalipun.

Tabungan pendidikan pada umumnya menyediakan minimum setoran yang sangat rendah hingga Rp 100.000. Jadi, pendapatan kecil bukan lagi alasan.

 

#4 Bunga Cukup Menarik

Manfaat tabungan pendidikan yang tentu tidak boleh diabaikan adalah adanya bunga yang dapat Anda nikmati.

Tabungan pendidikan menawarkan bunga hingga 6%. Walaupun angka ini tergolong tidak sebesar instrumen investasi, bunga tabungan ini dapat membantu Anda melawan risiko inflasi dan kenaikan biaya di sektor pendidikan.

 

Strategi Memiliki Tabungan Pendidikan Anak

Setelah memahami pentingnya memiliki tabungan pendidikan anak, Finansialku juga ingin membagikan strategi memiliki tabungan pendidikan anak nih.

Jika kamu juga sedang berencana menyiapkan tabungan pendidikan, yuk simak 5 strategi jitu berikut dalam persiapannya.

 

#1 Menetapkan Jumlah yang Dibutuhkan

Strategi jitu untuk menyimpan tabungan pendidikan anak yang pertama adalah mengestimasikan kebutuhan dana pendidikan.

Jumlah tabungan pendidikan setiap keluarga berbeda-beda, jadi kamu dan pasangan harus memutuskan dan menghitung berapa jumlah tabungan pendidikan anak yang dibutuhkan.

Sedikit tips dalam menghitung kebutuhan dana pendidikan, tabungan dana pendidikan anak tidak hanya meliputi biaya pendidikan, tetapi biaya hidup anak-anak seperti uang saku dan biaya kost jika perlu.

 

#2 Tentukan Periode Menabung

Strategi kedua dalam menyimpan tabungan pendidikan anak adalah menentukan kapan kamu akan membutuhkan dana tabungan tersebut. Dari sini kamu dapat tahu berapa biaya yang harus dialokasikan setiap periodenya untuk dapat memenuhi target dana pendidikan.

Rencana periode menabung tergantung dari kebutuhan setiap anak, jadi yuk mulai perhitungkan.

 

#3 Alokasikan

Mengalokasikan dana di awal ternyata merupakan strategi jitu untuk menyimpan tabungan pendidikan. Jangan menyimpan uang atau menabung di akhir bulan setelah menyisakan uang, karena umumnya tidak ada dana yang tersisa.

Dengan sistem alokasi dana di awal bulan, tentunya potensi rencana tabungan pendidikan anak bisa berhasil akan jauh lebih tinggi.

 

#4 Ikuti Rencana

Strategi keempat adalah yang terpenting, dimana penting untuk mengikuti rencana yang sudah kamu dan pasangan buat. Dengan mengalokasikan dana secara disiplin dan sesuai rencana, maka kemungkinan dana pendidikan tercapai akan jauh lebih pasti.

 

#5 Melibatkan Anak

Bagi kamu yang berencana untuk tidak melibatkan anak dalam persiapan dana pendidikan, cobalah untuk mempertimbangkannya kembali.

Mengapa demikian?

Manfaat dan Strategi Memiliki Tabungan Pendidikan Anak, Sebaiknya Kamu Tahu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Karena meskipun biaya pendidikan mereka merupakan tanggung jawab orang tuanya, mereka perlu mengetahui betapa sulitnya mengumpulkan dana yang tidak sedikit itu.

Dengan demikian, mereka akan lebih menghargai pendidikan yang didapat dan juga belajar mengenai manajemen keuangan dari contoh yang kamu berikan.

 

Terakhir, Jangan Korbankan Masa Depan Anak

Banyak orang tua yang gagal menyiapkan dana pendidikan anak sehingga harus berutang. Ini adalah cara yang salah, mengingat beban utang ini akan menyusahkan bukan hanya kamu, tapi juga si anak itu sendiri.

Jadi, mari memulai tabungan pendidikan anak sejak sekarang, manfaatkan strategi di atas dan mulai tabungannya sekarang juga yuk!

Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk menggunakan fitur budgeting, pencatatan keuangan, perencanaan keuangan, hingga fitur Finansialku check-up yang akan memberi laporan mengenai seberapa sehat keadaan finansial kamu.

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku pernah membahas lho tentang pentingnya asuransi pendidikan anak. Coba simak di sini ya!

 

Bagikan artikel ini bagi teman atau kerabat Anda yang belum merencanakan keuangan bagi anak mereka ya!

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Tim Finansialku kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Manfaat Tabungan yang Sebaiknya Diketahui. Prudential.co.id – https://bit.ly/2BgMhkZ
  • Admin. 5 Strategi Jitu Menyimpan Tabungan Pendidikan Anak yang Perlu Dipahami. Prudential.co.id – https://bit.ly/3eE3Mub
  • Admin. 21 Maret 2011. Baiknya Kapan Memulai Tabungan Pendidikan Anak? Lifestyle.kompas.com – https://bit.ly/2ZaGDJm
  • Edu Bisnis. Cara Terbaik dalam Menyiapkan Dana Pendidikan Anak. net – https://bit.ly/2BfiQ2H

 

Sumber Gambar:

  • Anak 01 – https://bit.ly/31jvmc7
  • Anak 02 – https://bit.ly/31rlEEV
  • Anak 03 – https://bit.ly/3hZjbXU
  • Anak 04 – https://bit.ly/2YCAlTJ