Hidup sehat adalah impian semua orang. Salah satu cara hidup sehat adalah dengan gemar mengkonsumsi tanaman obat.

Agar tidak ketinggalan info sehat, yuk ikuti ulasan tentang tanaman obat di Indonesia dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Indonesia, Surga Tanaman Obat Herbal

Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan struktur tanah yang bagus. Lebih dari 90 ribu jenis tanaman tumbuh subur dengan jenis tanah ini, dan 9.600 diantaranya teridentifikasi sebagai tanaman obat.

Tanaman-tanaman obat inilah yang merupakan bahan dasar dari obat-obat herbal yang kini banyak beredar di pasaran.

Obat Herbal adalah obat yang diambil dari saripati tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan, tanpa mencampurkan unsur hewani di dalamnya.

Sementara obat yang mengandung unsur hewani seperti tripang, atau telur digolongkan sebagai obat tradisional atau jamu.

 

Obat Herbal Tanpa Efek Samping yang Manjur

Terkenal tidak menimbulkan efek samping negatif, nyatanya ada beberapa jenis obat herbal yang menimbulkan efek tersebut, sehingga diperlukan uji klinis untuk menentukan dosis yang tepat.

Obat herbal berupa rebusan lebih aman dikonsumsi karena dengan merebusnya zat toksik yang mungkin ada pada tanaman obat telah berubah struktur kimianya.

Sementara obat herbal yang didapat dengan proses lain perlu diuji kelayakannya untuk dikonsumsi. Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk meminum obat herbal. 

Jika Anda dalam masa pemakaian obat medis, maka waktu yang tepat untuk meminumnya adalah sekitar dua jam setelah konsumsi obat medis.

Hal ini bertujuan untuk menghindari akibat dari interaksi senyawa kimia antar obat tersebut.

Berikut adalah 10 Tanaman Obat Asli Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat ramuan herbal tersebut.

 

#1 Temulawak

Temulawak telah dipakai lebih dari 900 produk obat tradisional yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Beberapa produk suplemen penambah nafsu makan dan obat jerawat contohnya.

Manfaat lain dari konsumsi Temulawak adalah untuk meningkatkan kinerja ginjal, pencegahan kanker, pembersihan darah, melancarkan ASI, obat anemia, antiinflamasi, antikolesterol, antioksidan, antimikroba, serta melindungi hati dari efek samping obat.

10 Tanaman Obat Asli Indonesia yang Terbukti Manjur Khasiatnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10++ Tanaman Herbal Bisa Jadi Obat, Mudah Ditemukan Lho!]

 

#2 Daun Kumis Kucing

Dikenal ampuh melancarkan saluran kemih dan mengobati kencing batu, orang Indonesia juga menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti masuk angin, batuk, dan sembelit.

Daun kumis kucing juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, serta anti bakteri.

 

#3 Jahe

Minuman jahe tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, Jahe berguna untuk mengurangi masuk angin. Jahe juga dapat menghilangkan lendir yang berlebih pada paru-paru.

Anda bisa mencampurnya dengan dua bahan lainnya yaitu bawang merah dan kunyit, maka akan sangat efektif untuk membantu pembersihan paru-paru dari racun yang disebabkan oleh asap rokok dan bakteri lainnya.

10 Tanaman Obat Asli Indonesia yang Terbukti Manjur Khasiatnya 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Obat Sakit Kepala yang Terbukti Ampuh dan Manjur]

 

#4 Srikaya

Selain memiliki rasa yang unik, buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Senyawa polifenol yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi Anda yang memerlukan perlindungan kulit dari radikal bebas.

Buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, akar, daun dan kulit buah srikaya mengandung zat-zat yang bersifat antiradang dan antidepresi.

 

#5 Seledri

Biasa digunakan sebagai penyedap masakan, seledri ternyata juga bermanfaat untuk pengobatan. Seledri disebut sebagai sayuran anti-hipertensi, anti-rematik, anti-radang, sampai meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, seledri juga bisa mengurangi kolesterol LDL dalam darah.

Senyawa Luteolin flavonoid dan Phthlides serta Polyacetylenes yang terkandung di dalamnya berfungsi mendetoksifikasi dan melawan kanker, khususnya kanker rahim.

10 Tanaman Obat Asli Indonesia yang Terbukti Manjur Khasiatnya 04 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Obat Sakit Tenggorokan Paling Mujarab (Alami dan Medis)]

 

#6 Daun Cincau

Pasti Anda tidak asing lagi dengan makanan yang berbahan dasar daun yang satu ini. Selain memiliki cita rasa yang khas, daun cincau juga telah lama dikenal sebagai tanaman obat.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan antara lain penyakit asam lambung, diabetes melitus, hipertensi, tumor, diare, tipes, dan keracunan karena makanan laut.

Kandungan magnesium, kalsium dan fosfor yang tinggi dalam daun ini berguna untuk meregenerasi sel-sel tulang yang sudah keropos, sehingga baik untuk mencegah osteoporosis.

 

#7 Mengkudu

Terkenal pahit dan memiliki bau yang menyengat, ternyata mengkudu adalah sumber gizi yang lengkap. Protein, vitamin, dan mineral selenium yang terkenal sebagai antioksidan  yang ampuh.

Kandungan tersebut ada di dalam buah dan daun mengkudu yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Selain itu, senyawa anthraquinon dan scopoletin dalam buah ini efektif digunakan untuk menyembuhkan luka.

10 Tanaman Obat Asli Indonesia yang Terbukti Manjur Khasiatnya 05 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Obat Sakit Gigi Alami yang Ampuh Menyembuhkan Rasa Nyeri]

 

#8 Meniran

Tanaman yang sekilas terlihat seperti tanaman putri malu ini berkhasiat mengobati penyakit kuning, radang sendi, batu ginjal, asam urat, hipertensi, malaria, dan menurunkan demam.

Selain itu, kandungan phyllanthin dan hypophillanthin  daun ini juga bisa menjadi antibiotik alami, sebagai pencegahan penyakit kulit.

Namun, konsumsi secara berlebih daun meniran sangat tidak dianjurkan, karena dapat mengganggu kesuburan, dan konsumsi pada ibu hamil dipercaya dapat menggugurkan kandungan.

 

#9 Lidah Buaya

Anda mungkin sering menggunakan tanaman yang satu ini untuk menyuburkan rambut.

Lidah buaya ternyata memiliki manfaat lain seperti, menurunkan kadar gula dalam darah, menstimulasi imun tubuh terhadap serangan kanker, antiinflamasi dan antibakteri.

Tanaman ini juga membantu proses regenerasi sel dalam tubuh, juga memberi nutrisi bagi para penderita kanker, dan HIV/AIDS.

10 Tanaman Obat Asli Indonesia yang Terbukti Manjur Khasiatnya 06 - Finansialku

[Baca Juga: Penyakit Maag: Kenali Gejala Maag Penyebab dan Cara Mengobatinya]

 

#10 Cabe Jawa

Cabe jenis ini tidak bisa Anda gunakan sebagai bahan dasar sambal, melainkan sebagai bahan dasar obat tradisional.

Tanaman ini tumbuh di lahan kering dan iklim yang kering yang  dapat dijumpai di dataran rendah sampai 600 m di atas permukaan laut.

Madura, Lampung, dan Lamongan dikenal sebagai produsen utama tanaman jenis ini. Cabe jawa berkhasiat untuk mengobati hipotensi, diabetes, flu, sakit kepala, bronchitis, sesak napas, kolera, serta lemah syahwat.

 

Manfaatkan Tanaman Obat Asli Indonesia untuk Kesehatan

Itulah 10 jenis tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, yang sebagian besar merupakan antioksidan dan antikanker.

Tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda mengkonsumsinya untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Tentunya dengan memahami lebih dulu dosis dan efek sampingnya.

Selain itu, pastikan Anda juga sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar kondisi keuangan Anda dapat lebih baik lagi.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan pula informasi bermanfaat di atas pada sebanyak mungkin kenalan yang ingin hidup lebih sehat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Firdaus Anwar. 20 April 2019. 7 Tanaman Obat Asli Indonesia yang Terbukti Bermanfaat Menyehatkan. Health.detik.com – http://bit.ly/2LpPGPp

 

Sumber Gambar:

  • Tanaman Obat 1 – http://bit.ly/2NJzhIt
  • Tanaman Obat 2 – http://bit.ly/30OhuDS
  • Tanaman Obat 3 – http://bit.ly/32molVu
  • Tanaman Obat 4 – http://bit.ly/2PBm4UU
  • Tanaman Obat 5 – http://bit.ly/2UlbrEk
  • Tanaman Obat 6 – http://bit.ly/2ZqDWGq