Dewasa ini, semakin banyak artis-artis kelas dunia yang diketahui memiliki gaya hidup sederhana.

Walaupun dengan uang yang berlimpah mereka bisa mendapat fasilitas yang mewah, tapi mereka memilih untuk hidup sederhana.

Penasaran bagaimana gaya hidup sederhana ala artis papan atas dunia? Mari kita simak pembahasannya berikut ini! Gaya hidupnya bisa menjadi sebuah pelajaran bagi kita, lho.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Memulai Menabung Saat Sukses

Anda tentunya sudah pernah mendengar betapa besarnya pendapatan seorang artis papan atas dunia.

Dilansir dari TahuPedia.com, artis dengan pendapatan terbesar pada akhir tahun 2016 adalah Dwayne Johnson dengan nilai yang luar biasa yakni USD64 juta atau setara dengan Rp832 miliar.

Pegulat profesional ini berhasil merambah ke dunia akting, dan tak tanggung-tanggun ia berhasil memperoleh gelar aktor dengan bayaran tertinggi di tahun 2016.

Mulai dari perannya dalam film Fast and Furious mendampingi Vin Diesel, hingga Baywatch dan remake Jumanji yang tayang di layar bioskop pada awal 2018 lalu.

Melihat penghasilan sebanyak itu, siapa yang tidak mau?

Kebanyakan orang berpikir bahwa artis dengan penghasilan tinggi kerap menjalani gaya hidup mewah, mulai dari liburan mewah hingga pakaian bernilai ratusan juta rupiah.

Namun, ternyata masih ada loh artis papan atas dunia yang hidup sederhana meski penghasilannya ratusan miliar rupiah per tahunnya.

Biasanya artis seperti ini menunda kemewahan untuk berbisnis dan menabung di puncak kesuksesannya, dengan harapan masa pensiun yang bahagia.

Terlebih mengingat karier dalam dunia akting tidak dapat diprediksi, karier seseorang bisa hancur dalam sekejap.

Nah, siapa saja sih artis papan atas dunia yang hidup sederhana meski bergelimang harta? Finansialku telah merangkumnya sebagai berikut:

 

#1 Leonardo DiCaprio

Siapa yang tidak kenal dengan Leonardo DiCaprio? Namanya mencuat setelah membintangi film legendaris Titanic bersama Kate Winslet.

Leonardo memiliki kekayaan mencapai USD245 juta dan pernah masuk daftar Forbes sebagai salah satu artis terkaya di dunia.

Mungkin sebagian mengira Leonardo sebagai seorang yang hidupnya luar biasa mewah dengan wanita cantik dan tidur beralaskan lembaran uang.

Namun kenyataannya ia menjaga hidupnya tetap sederhana meski kekayaannya segudang.

Contohnya, Leonardo tak pernah memamerkan mobil sport terbaru seharga miliaran rupiah. Ia hanya punya satu mobil pribadi, yaitu Toyota Prius.

Bukan hanya hemat, ia memilih mobil ini karena ramah lingkungan.

Tengok-Gaya-Hidup-Sederhana-Leonardo-DiCaprio-Finansialku

[Baca Juga: 16 Asuransi Unik yang Dimiliki Oleh Artis dan Atlet di Dunia]

 

Bertentangan dengan gaya hidup mewah yang diperankannya di film Wolf of Wall Street, pemeran Jack di film Titanic ini juga tidak menggunakan jet pribadi layaknya artis papan atas lain.

Ia lebih senang menggunakan maskapai komersial karena lebih hemat dan melindungi lingkungan dari emisi gas buang yang gak diperlukan.

Nah, meski Leonardo selalu berhemat dan tak menghamburkan uang demi kemewahan pribadi, bukan berarti ia lupa berdonasi. Ia selalu aktif dalam kegiatan amal.

Leonardo bahkan membangun yayasan amal bernama Leonardo DiCaprio Foundation, yang telah menyumbang lebih dari USD80 juta atau setara dengan 1,084 triliun rupiah sejak 2010.

Mari belajar dari aktor papan atas yang satu ini, di mana kekayaan bukan semata-mata demi kepentingan pribadi, namun juga perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu orang lain dan menjaga lingkungan agar tetap sehat dan nyaman.

 

#2 Kristen Bell

Kristen Bell merupakan salah satu pengisi suara karakter utama Frozen, film animasi Disney yang sukses membuat gempar dunia animasi.

Hasilnya, kesuksesan film tersebut meningkatkan tarif akting Kristen hingga mencapai USD20 juta atau setara dengan 271 miliar rupiah.

Namun ternyata penghasilan yang luar biasa itu tidak membutakan mata aktris cantik ini.

Saat berbagai selebriti menggunakan gaun bernilai miliaran rupiah saat menghadiri acara penghargaan, Kristen Bell memilih sebuah gaun seharga USD45 atau setara dengan Rp610 ribu dari toko retail Target.

Tengok-Gaya-Hidup-Sederhana-Kristen-Bell-Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda, Ini Dia Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri?]

 

Tentunya hal ini bukan karena dirinya tidak mampu, namun Kristen menunjukkan bahwa kecantikan seseorang bukan berarti harus mahal.

Kita dapat memetik pelajaran dari Kristen Bell, di mana kenaikan penghasilan yang cukup drastis bukan berarti Anda harus langsung ubah gaya hidup.

Anda bisa tetap menjalankan gaya hidup lama dan menginvestasikan sisa uang demi masa depan.

Terlebih lagi, pakaian mahal memang terbukti bukanlah kebutuhan sebuah primer.

 

#3 Jay Leno

Jay Leno merupakan seorang artis Amerika, komedian, dan pembawa acara terkenal.

Meski kini Jay dikenal royal dengan koleksi mobil klasiknya, namun nyatanya ia sempat hidup sederhana, lho!

Jay memulai kariernya dengan menjadi stand-up comedian sejak tahun 1977.

Kesuksesannya berawal saat Jay mulai membawakan acara The Tonight Show di stasiun televisi NBC pada tahun 1992.

Gajinya saat itu berada di angka USD15 juta per tahun atau setara dengan Rp203 miliar.

Tengok-Gaya-Hidup-Sederhana-Jay Leno-Finansialku

[Baca Juga: 16 Asuransi Unik yang Dimiliki Oleh Artis dan Atlet di Dunia]

 

Namun dia tetap melakukan pekerjaan sebagai stand-up comedian di lain tempat.

Akhirnya dengan gaya hidup sederhana dan kegigihannya untuk bekerja ganda, Jay berhasil mengumpulkan kekayaan hingga mencapai nilai USD350 juta yang setara dengan Rp4,7 triliun!

Apa yang bisa kita petik dari kisah Jay Leno? Tentunya kerja kerasnya dan sifat tak mudah puas, di mana saat penghasilannya sudah lebih dari cukup, ia tetap mengupayakan penghasilan tambahan demi masa depan yang lebih baik.

 

#4 Paul McCartney

Sir James Paul McCartney merupakan salah satu pentolan band rock legendaris dunia, The Beatles.

Tak heran jika Paul McCartney punya kekayaan yang menakjubkan. Diestimasikan Paul memiliki sekitar USD800 juta atau setara dengan Rp10,4 triliun.

Namun kekayaannya yang mencapai triliunan rupiah ini tidak membuat dirinya menghambur-hamburkan uang.

Paul bahkan meminta putrinya untuk membayar uang kuliahnya sendiri. Padahal dirinya bisa saja membeli kampus putrinya tersebut.

Tengok-Gaya-Hidup-Sederhana-Paul-McCartney-Finansialku

[Baca Juga: Praktikan 45 Cara Hidup Hemat dari Kebiasaan Sederhana Sehari-hari!]

 

Kita bisa belajar banyak dari kehidupan sederhana Paul McCartney, mulai dari gaya hidup hematnya yang menolak mentraktir orang lain setiap hari hingga membiasakan buah hatinya untuk tidak manja soal materi.

Sikapnya ini tentu bertujuan untuk mempersiapkan putrinya di kehidupan yang keji ini, terutama jika sudah menyangkut materi atau uang.

 

#5 Sarah Jessica-Parker

Berbeda dengan gaya hidup super mewah yang ditampilkannya dalam film dan film seri Sex and the City, Sarah Jessica-Parker ternyata terkenal akan keunikannya.

Keunikannya adalah membiarkan anak-anaknya mengenakan pakaian bekas dari orang lain.

Hal ini dilakukannya dengan tujuan mendidik anaknya agar tidak besar kepala meski memiliki orangtua dengan kekayaan selangit.

Tengok-Gaya-Hidup-Sederhana-Sarah-Jessica-Parker-Finansialku

[Baca Juga: 6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5?]

 

Sarah memang terkenal punya selera fashion yang tinggi dan ditaksir punya kekayaan senilai USD90 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun.

Dengan harta yang begitu banyak, ia bisa saja berfoya-foya dan membeli pakaian senilai miliaran rupiah. Tetapi dirinya tetap memilih untuk hidup secukupnya.

Pelajaran yang bisa diambil dari Sarah Jessica-Parker adalah tidak perlu malu mendidik anak dan menjalani gaya hidup sederhana.

Semua orang tahu bahwa dirinya kaya, sehingga tidak perlu lagi menunjukkannya dengan gaya hidup mewah.

Justru uang triliunan rupiah itu bisa ditabung atau diinvestasikan sehingga bisa menjamin kehidupan di hari tuanya.

 

Selalu Ada Pengalaman Berharga yang Bisa Diambil

Sukses tidak selalu berujung bahagia. Seseorang bisa saja menjadi artis papan atas dengan penghasilan miliaran rupiah, namun saat ia gagal mengelola kekayaannya itu, karier dan kehidupannya bisa hancur seketika.

Oleh karena itulah kami mengajak Anda untuk selalu memetik pelajaran berharga dari kisah sukses dan gagal orang lain.

Tidak peduli berapa usia Anda saat ini, kita bisa memetik pengalaman berharga ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai hidup sederhana ala artis papan atas dunia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 23 Januari 2018. Inspiratif! Gaya Hidup Sederhana 5 Selebriti Ini Patut Ditiru. Blog.duitpintar.com – https://goo.gl/g9LVTc
  • Reagan. 21 September 2016. 10 Artis Dunia Dengan Bayaran Termahal 2016. Tahupedia.com – https://goo.gl/d8YRZy

 

Sumber Gambar:

  • Artis Hollywood Sederhana – https://goo.gl/MgNWXR, https://goo.gl/7AaHHm
  • Sarah Jessica Parker – https://goo.gl/drGwNv
  • Leonardo DiCaprio – https://goo.gl/5P179Z
  • Jay Leno – https://goo.gl/zYeYaT
  • Kristen Bell – https://goo.gl/ZkBwfB
  • Paul McCartney – https://goo.gl/ggMxLG

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Summary
Tengok Gaya Hidup Sederhana Ala Artis Papan Atas Dunia
Article Name
Tengok Gaya Hidup Sederhana Ala Artis Papan Atas Dunia
Description
Dewasa ini, semakin banyak artis-artis kelas dunia yang diketahui memiliki gaya hidup sederhana.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo