Seberapa penting tes psikotes untuk menentukan kepribadian seseorang?  Siapa sangka, beberapa hal berikut perlu dipahami dalam prosedur tersebut. 

Ikuti artikel Finansialku berikut hingga selesai untuk dapat ulasan lengkapnya. 

 

Summary

  • Psikotes dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan psikologi seseorang saat penerimaan anggota baru.
  • Jika ingin hasil yang maksimal, kita bisa mengikuti latihan di buku kumpulan soal tes psikotes, atau mengakses beberapa situs belajar psikotes.
  • Tes psikotes bukanlah ujian, sehingga kurang tepat jika ada pernyataan bahwa tidak lulus ujian psikotes.

 

Apa Itu Tes Psikotes?

Psikotes atau tes psikologi merupakan serangkaian tes yang dilakukan oleh psikolog untuk mendeskripsikan aspek-aspek psikologi seseorang.

Kegiatan ini biasanya ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis tentang individu tertentu.

Tes psikotes menjadi jenis tes yang sering dilakukan saat suatu instansi akan menerima anggota baru (pelajar, pegawai, dan lainnya).

Keseluruhan pada tes psikologi umumnya dilakukan sesuai dengan standar pelayanan kode etik psikolog.

Sebenarnya tes ini bukanlah ujian, oleh karena itu, kurang tepat jika ada pernyataan bahwa tidak lulus ujian psikotes.

Para psikolog hanya meminta respon dari pertanyaan yang diberikan pada individu sesuai dengan keadaan sesungguhnya yang dialami pihak bersangkutan.

Respons yang diberikan ini yang nantinya dijadikan sebagai indikator untuk memberikan gambaran profil setiap peserta tes.

 

Tujuan Tes Psikotes

Saat ini, tes psikologi sudah banyak dilakukan di berbagai instansi untuk memenuhi kebutuhan tertentu, seperti syarat masuk, dan lainnya.

Tes ini dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti diagnosis untuk seleksi, keperluan bimbingan & konseling dan terapi, serta pemilihan jabatan. 

Namun untuk sekarang, tes ini paling banyak dilakukan di berbagai instansi untuk seleksi penerimaan siswa, mahasiswa, atau pegawai.

Selain itu, psikotes juga dilakukan  untuk seleksi pemilihan jabatan dalam organisasi pemerintahan atau bisnis.

Sedangkan untuk maksud bimbingan konseling dan terapi biasanya dilakukan untuk mengatasi permasalahan psikologis individu di instansi.

Misalnya pelajar atau pegawai mengalami masalah psikologis, maka pihak yang bersangkutan akan mengikuti tes ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Persiapan Tes Psikotes

Sebelum mengikuti psikotes, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang penting untuk mendukung keberhasilan saat mengikuti tes nanti. Hal penting pertama yang harus dipersiapkan adalah mental dan fisik. 

Persiapkan mental dan fisik Anda untuk mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan, baik secara online maupun offline.

Anda memang perlu mempelajari materi tes, namun pastikan porsi kegiatan belajar seimbang, sehingga tidak mengganggu kesehatan. 

Kemudian untuk belajar, Anda bisa membeli buku latihan psikotes yang sudah banyak beredar sesuai dengan kebutuhan. Buku latihan ini bisa membantu Anda untuk bisa mempelajari materi tes dengan baik.

Persiapkan juga semua hal pendukung tes, seperti alat tulis, laptop, smartphone, seragam sesuai ketentuan dan hal-hal lainnya.

[Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal Psikotes Gambar dan Cara Menjawabnya]

 

Tentunya, persiapan tersebut memerlukan biaya, bukan? Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyiapkan keuangannya dengan baik. Jangan sampai menggunakan dana darurat untuk menyiapkan hal-hal di atas.

Anda bisa memasukkan hal pendukung tersebut dalam anggaran bulanan. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat anggaran yang benar, Anda bisa baca dulu ebook berikut ini dan langsung praktikkan.

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC
Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - HP

 

Contoh Soal Psikotes

Dalam tes psikologi nanti terdapat banyak jenis soal yang muncul dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut beberapa contoh jenis soal yang sering terdapat di berbagai tes psikologi.

 

#1 Psikotes Verbal

Psikologi Verbal - The Asian Parent

Psikologi Verbal. Sumber: The Asian Parent

 

Pada psikotes verbal, jenis soal yang muncul biasanya berupa sinonim, antonim, dan analogi, korelasi makna. Soal ini dibuat untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menghadapi situasi tertentu.

Soal psikotes verbal bisa melihat bagaimana calon pegawai atau pelajar memahami hubungan sebab akibat dari sebuah masalah.

 

#2 Psikotes Wartegg

tes-wartegg - Seputar Karir

Tes Wartegg. Sumber: Seputar Karir

 

Berbeda dengan soal psikotes verbal, psikotes wartegg biasanya dibuat untuk mengetahui karakter yang ada dalam diri seseorang.

Contoh karakter yang dimaksud seperti kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, dan kemauan dalam bekerja.

Jenis soal psikotes wartegg biasanya mengharuskan peserta tes untuk menggambar pola lanjutan dari pola yang ada di soal.

[Baca Juga: Ikuti Psikotes Online Sebelum Masuk Ke Perusahaan Incaran Anda]

 

#3 Psikotes EEPS

psikotes-epps - Konsultan Psikologi

Psikotes EPPS – Konsultan Psikologi

 

Soal psikotes EEPS merupakan soal yang dibuat untuk mengetahui kepribadian seseorang secara detail dan menilai konsistensi seseorang.

Pada soal ini, peserta tes hanya menjawab pertanyaan yang tersedia sesuai dengan kepribadian dirinya. Saat menjawab soal jenis ini, para peserta tes harus mencari tahu angka selanjutnya yang sesuai dengan pola yang ada.

 

#4 Psikotes Logika Deret Gambar

Psikotes Logika Deret Gambar - Quiz123

Psikotes Logika Deret Gambar. Sumber: Quiz123

 

Psikotes logika deret gambar merupakan sebuah tipe soal yang dibuat untuk mengetahui bagaimana konsentrasi seseorang.

Biasanya soal ini berbentuk perintah dan nantinya peserta akan melaksanakan perintah serta menganalisa masalah dan mengambil keputusan.

 

#5 Psikotes Logika Aritmatika

Psikotes Logika Aritmatika - Konsultan-Psikologi-Jakarta

Psikotes Logika Aritmatika. Sumber: Konsultan Psikologi Jakarta

 

Selanjutnya ada soal psikotes logika aritmatika yang memiliki bentuk soal berupa deret angka dengan pola tertentu.

Saat menjawab soal jenis ini, para peserta tes harus mencari tahu angka selanjutnya yang sesuai dengan pola yang ada. 

Soal psikotes logika aritmatika dibuat untuk mengetahui bagaimana fokus seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Selain itu, soal ini juga bisa mengetahui bagaimana seseorang mengatur waktu dalam mengerjakan sesuatu.

[Baca Juga: 5 Contoh Soal Psikotes Yang Sering Muncul & Kiat Menghadapinya]

 

Tempat Latihan Psikotes

Tes psikologi sebenarnya bukan tes salah benar seperti tes matematika, sehingga Anda bisa memilih untuk berlatih atau tidak.

Namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengikuti latihan yang ada di buku latihan psikotes. Latihan untuk mengikuti tes psikologi bisa dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan tutor.

 

Jika memilih untuk melakukan latihan secara mandiri, Anda bisa membeli buku latihan atau mengakses berbagai situs belajar psikotes.

Beberapa situs online yang bisa diakses jika Anda ingin belajar psikotes mandiri adalah psikotesyuk.com, latihanpsikotes.com, ggkarir.com, dan proprofs.com.

Sedangkan jika ingin belajar dengan bantuan tutor, Anda bisa mengikuti bimbel atau kursus psikotes offline maupun online.

Saat ini sudah tersedia banyak pihak yang menyediakan layanan kursus untuk mengikuti psikotes dan biayanya pun cukup beragam.

Anda bisa memilih jenis kursus yang cocok dan tempat kursus mana yang berkualitas dan biayanya cukup terjangkau.

 

Tips Lolos Psikotes

Dalam mengikuti tes psikologi, sebagian besar peserta tentu berharap bisa lolos supaya bisa diterima di suatu instansi. Supaya bisa lolos dalam tes psikologi, Anda harus mempelajari materi dan mulai mengerjakan latihan soal

Hal tersebut bisa membantu Anda untuk lebih mudah dan cepat saat menjawab soal tes. Selanjutnya, latih diri Anda supaya bisa mengatur waktu dengan baik saat menjawab soal supaya semua soal bisa terjawab.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda fokus saat menjawab, supaya bisa menjawab pertanyaan yang ada dengan baik.

Demikian informasi lengkap tentang tes psikotes atau tes psikologi yang perlu Anda ketahui sebelum mengikutinya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk lebih mengenal tentang jenis tes ini.

 

Apakah Anda siap untuk mengikuti psikotes? Jangan lupa, jika ada teman atau orang terdekat yang butuh informasi di atas, bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share ya, terima kasih. 

 

Editor: Ratna Sri H

Sumber Referensi: 

  • Shirley Candrawardhani. 23 Maret 2022. 10 Contoh Soal Tes Psikotes Gratis dan Jawabannya. Mau Tahu? kitalulus.com – https://bit.ly/3ObEcyR
  • Isna Rifka. 3 Januari 2022. Tips dan Trik 7 Contoh Soal Psikotes Kerja. money.kompas.com – https://bit.ly/3JRksx4
  • Siti Hadijah. 20 September 2021. Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja. cermati.com – https://bit.ly/3OhnFcu