Baru-baru ini, terdapat sebuah data hasil survei yang menunjukkan bahwa 90% karyawan tidak siap pensiun.

Tentunya fakta ini sangat membuat stres, mengingat sudah menjadi cita-cita semua orang untuk dapat menikmati hidup dan pensiun dengan bahagia.

Namun sayangnya banyak yang mengharapkan hasil tanpa berusaha. Nah, bagaimana mengatasinya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Bisa Tidak Siap Menghadapi Pensiun?

Belum lama ini sebuah studi yang dilakukan Kompas menunjukkan bahwa kurang dari 10% pekerja berada dalam jalur yang tepat demi menjamin tujuan masa pensiunnya. Nilai ini tergolong sangat kecil.

Terlebih lagi, laporan dari Financial Finesse menunjukkan bahwa 61% dari pekerja tidak tahu apakah simpanan mereka akan cukup untuk menjamin masa pensiun yang bahagia.

Kelompok ini tersesat dalam ketidaktahuan karena kurangnya perencanaan. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan:

“Those who fail to plan, plan to fail.”

 

Artinya, Anda yang gagal membuat rencana sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Dalam kondisi terburuk, Anda bisa saja harus menunda pensiun sementara atau selamanya untuk bisa bertahan hidup.

Jika Anda tidak mau mengalaminya, maka Anda perlu mempersiapkannya sejak dini, jauh sebelum Anda memasuki masa pensiun. Mengapa?

Karena perencanaan masa pensiun bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk menjamin gaya hidup Anda tetap sejahtera pada masa pensiun nanti.

Sebagai ilustrasinya, Finansialku akan membahas sedikit mengenai siklus hidup manusia (human life stage). 

Wealth Management 02a - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Melalui siklus tersebut Anda bisa melihat bahwa masa pensiun merupakan tahapan terakhir dalam siklus kehidupan, biasanya dicapai pada usia 55 tahun ke atas. Pada masa tersebut, grafik penghasilan mulai menurun.

Sayangnya, 90% orang tidak bisa menghidupi diri sesuai standar hidupnya setelah grafik penghasilan mulai menurun ini. Kok bisa?

Nah, salah satu penyebab 90% orang yang tidak siap menghadapi pensiun adalah karena kurangnya persiapan sejak usia muda. Disinilah pentingnya sebuah perencanaan pensiun (retirement plan).

Dengan perencanaan pensiun, Anda akan memperoleh beberapa benefit berikut:

  1. Anda dapat mengetahui estimasi berapa jumlah uang yang Anda butuhkan saat pensiun.
  2. Anda dapat mengetahui berapa lama Anda harus berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun tersebut.
  3. Perencanaan dana hari tua akan berperan sebagai peta (penunjuk jalan), untuk memperjelas arah investasi Anda. Tahukah Anda banyak orang yang investasi bodong karena mereka tidak tahu arah dan tergoda dengan “janji” atau “iming-iming” keuntungan besar.
  4. Sangat memungkinkan Anda dapat mempertahankan gaya hidup (lifestyle) Anda saat pensiun, sehingga Anda bisa menjalani masa pensiun dengan sejahtera. Syaratnya, jangan terlambat melakukan perencanaan dana hari tua.
  5. Memungkinkan Anda untuk tetap memiliki sumber pendapatan saat memasuki masa pensiun. Misalnya bunga deposito, pendapatan pasif dan lain sebagainya.
  6. Anda dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam mempersiapkan dana hari tua, jika Anda memiliki perencanaan dana hari tua.

 

Kabar baiknya, kini sudah banyak tools yang dapat membantu Anda membuat perencanaan pensiun, misalnya dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Dengan demikian masa pensiun bisa dihadapi dengan tenang dan sejahtera.

Yuk download Aplikasi Finansialku sekarang secara gratis melalui Google Play Store.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Nah, jadi terbukti kan bahwa merencanakan masa pensiun adalah hal yang penting? Tapi sayangnya masih banyak karyawan yang tidak siap pensiun dengan alasan tidak punya dana untuk mulai perencanaan pensiun.

Lantas bagaimana mengatasinya? Satu jawaban bagi Anda, yaitu wealth management.

Quiz 4 Jenis Kepribadian Dalam Mengatur Keuangan, Kamu yang Mana 03 Atur Keuangan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Punya Sisa Uang Jajan Rp 100.000 Mending Investasi Reksa Dana atau Jajan]

 

Apa itu Wealth Management?

Melihat siklus hidup tersebut, maka dapat diketahui bahwa demi mencapai pensiun yang sejahtera memerlukan persiapan keuangan yang memadai pada saat usia masih produktif.

Istilah lain dari persiapan keuangan tersebut yakni wealth management atau manajemen kekayaan.

Wealth management ini berguna sebagai sebuah langkah yang tepat sehingga walaupun sudah pensiun, dapat mengurangi kesulitan keuangan sebagai dampak tidak bekerja lagi.

Peran wealth management ini merupakan langkah logis untuk akumulasi aset keuangan dimana orang yang melaksanakan wealth management dengan tepat akan lebih sejahtera daripada yang tidak melakukannya.

Hal ini disebabkan karena arus kas masuk lebih mungkin dipertahankan dan bahkan dapat diperbesar dengan adanya wealth management.

Wealth management mulai populer dua tahun belakangan ini meski sebenarnya wealth management adalah ilmu keuangan yang lebih tua dari manajemen risiko. 

Istilah wealth management muncul pada tahun 1990 dikalangan perusahaan pialang saham, bank dan asuransi.

Jasa wealth management sendiri mulai bermunculan pada awal tahun 2000, ketika bank asing yang beroperasi di Indonesia menawarkan jasa wealth management.

Mengelola Keuangan Sebagai Freelancer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Setelah itu mulai bermunculan berbagai ahli yang mendefinisikan wealth management. Sebagai contohnya adalah beberapa definisi berikut ini:

SumberDefinisi
Yarman (2008)Manajemen kekayaan merupakan perencanaan kegiatan investasi berdasarkan tujuan keuangan dan kriteria masing-masing individu. Perencanaan investasi itu meliputi pengelolaan hutang, pengembangan aset secara efektif, melindungi kekayaan melalui perencanaan pajak, trust, manajemen risiko, serta pengalokasian kekayaan berdasarkan perencanaan pajak.
Purwati (2009)Manajemen kekayaan adalah manajemen keuangan keluarga yang bisa dilakukan setiap orang dengan mempertimbangkan semua peluang dan risiko yang mungkin dihadapi.

 

Namun apa manfaat dari wealth management ini? Yuk simak penjabarannya berikut ini!

 

Manfaat Wealth Management

Sebuah pengetahuan atau ilmu tentunya muncul karena adanya manfaat yang bisa diambil darinya. Hal tersebut juga berlaku dalam kasus wealth management ini, dimana beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

 

#1 Menjamin Masa Tua yang Lebih Baik

Standar kesejahteraan dalam masa tua bagi setiap orang mungkin berbeda. Namun, stabilitas dan kenyamanan terutama dalam perihal keuangan adalah hal mutlak yang diharapkan.

Banyak karyawan yang belum menyadari bahwa masa tuanya bukanlah sesuatu yang pantas dijadikan beban bagi orang lain.

Dengan mempersiapkan masa tua, maka Anda sudah meminimalisasi risiko membebani keluarga atau kerabat Anda tercinta di masa depan.

Tidak heran, permasalahan penting yang menjadi alasan dari keberadaan wealth management adalah untuk mempersiapkan masa tua tersebut.

Dengan wealth management yang baik di masa kini, Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan di masa depan.

Kabar baik bagi Anda, wealth management kini sudah bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda dengan mudah.

 

#2 Menciptakan Kenyamanan Finansial

Apabila Anda masih stres setiap bulannya dalam mengelola keuangan, artinya Anda belum mencapai sebuah kenyamanan finansial.

Memang betul mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, terlebih dengan adanya pajak, utang, investasi, dan permasalahan keuangan lainnya. Terlebih bagi kita yang kurang paham akan ilmu ekonomi.

Tetapi, mau tidak mau Anda harus melakukannya demi memperoleh kenyamanan finansial. Jika bukan untuk sekarang, demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Wealth management dapat membantu Anda menemukan cara terbaik untuk menjaga gaya hidup saat ini misalnya dengan menemukan jenis investasi yang tepat, mempersiapkan segala risiko yang mungkin terjadi.

Dengan demikian Anda bisa memperoleh kenyamanan finansial sebelum memasuki masa tua.

Manajemen Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

 

#3 Merangsang Kebiasaan Keuangan yang Baik

Mengelola keuangan alias wealth management yang baik membutuhkan sebuah kebiasaan yang baik. Proses ini merupakan sebuah proses panjang yang tidak bisa diubah begitu saja.

Dengan wealth management, Anda secara tidak langsung menerapkan kebiasaan keuangan yang baik pada diri Anda sejak dini.

Sebagai contohnya adalah berinvestasi, yaitu sebuah kebiasaan yang kecil namun berarti di kemudian hari.

Kebiasaan yang dibentuk sejak dini akan terus terbawa hingga tua nanti, dan efek positifnya dapat terus Anda nikmati.

Dengan wealth management yang baik, Anda akan diarahkan untuk mempersiapkan segala hal dalam bidang keuangan, baik itu produk investasi maupun non investasi yakni dengan menabung di tempat yang tepat agar masa tua lebih tenang.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 Lebih Cepat Mencapai Kematangan Finansial

Kematangan finansial bukan hanya dapat Anda peroleh saat di usia yang juga matang. Dengan wealth management yang baik, Anda dapat memperolehnya sejak dini.

Semakin Anda memulai lebih cepat, maka semakin cepat juga Anda akan menikmati benefit-nya. Karena Anda akan diarahkan kepada fitur-fitur keuangan yang menguntungkan, misalnya pilihan tabungan yang tepat dan juga investasi.

Namun satu hal yang perlu diingat, kematangan finansial bukan berarti mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya.

Namun juga mengenai bagaimana memaksimalkan dana yang tersedia agar terus bertumbuh seiring berjalannya waktu.

Keberadaan wealth management bukan hanya tentang mempersiapkan masa depan, namun juga untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan keuangan di masa kini.

Oleh sebab itu, yuk siapkan wealth management yang baik sedini mungkin!

Apakah Kondisi Keuangan Anda Stabil 10 Hal Ini Jadi Tolok Ukurnya 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

Pilar Utama Wealth Management

Wealth management mempunyai tiga pilar utama, yakni Wealth Protection and Preservation, Wealth Accumulation and Growth, dan Wealth Distribution and Transition.

Mari kita simak penjabaran singkat ketiganya berikut ini:

 

#1 Wealth Protection and Preservation

Dalam pilar wealth management pertama, ditekankan pentingnya pengelolaan dan proteksi kekayaan. Proteksi ini dilakukan pada semua risiko yang dapat terjadi dan memberikan dampak merugikan bagi kekayaan Anda.

Pada umumya, proteksi atau perlindungan terhadap risiko dapat dilakukan melalui asuransi, yaitu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain (perusahaan asuransi).

Pada umumnya produk asuransi dibedakan menjadi tiga bagian besar, yakni asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi umum.

 

#2 Wealth Accumulation and Growth

Pilar kedua dari wealth management, yaitu tekanan pada pertumbuhan kekayaan dan akumulasi kekayaan.

Pertumbuhan dan akumulasi kekayaan dikelola melalui beberapa manajemen, yakni manajemen pajak (tax management), manajemen investasi (investment management), business venture dan money management.

 

#3 Wealth Distribution and Transition

Pilar terakhir dari wealth management adalah perencanaan kekayaan setelah melewati masa produktif. Perencanaan ini meliputi warisan (estate) dan pensiun (pension).

Perencanaan masa pensiun dapat dilakukan sendiri ataupun melalui suatu dana pensiun yang diselenggarakan oleh suatu badan.

Dana pensiun dapat berupa dana pensiun pemberi kerja, dan dapat berupa dana pensiun lembaga keuangan.

Selain mengikuti dana pensiun untuk perencanaan masa pensiunnya, seorang klien dapat melakukan personal saving untuk memenuhi kebutuhan perencanaan masa pensiun tersebut.

Laporan Keuangan Ibu Rumah Tangga 02 Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Pensiun, 3 Masalah Keuangan Ini Harus Diwaspadai Pria Usia 50-an]

 

Siap Pensiun Dengan Wealth Management yang Baik

Mayoritas orang hanya mencita-citakan masa pensiun yang bahagia tanpa mempersiapkannya. Ujung-ujungnya mereka merasakan penyesalan yang teramat dalam karena masa pensiunnya tidak seindah yang dibayangkan.

Tetapi Anda bisa belajar dari kesalahan ini dan mempersiapkan masa pensiun bahagia. Caranya yakni dengan memulai perencanaan pensiun dan wealth management yang baik mulai dari sekarang.

Dengan demikian, Anda bisa menghadapi masa pensiun dengan tenang dan sejahtera. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai wealth management? Silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ini Pentingnya Mempersiapkan Wealth Management Sejak Muda. Dbs.com – https://goo.gl/YHp38e
  • Peter Garlans Sina. Wealth Management Untuk Pensiun Yang Sejahtera. Media.neliti.com – https://goo.gl/53wzSZ
  • Scott Spann. 15 Oktober 2016. Tips to Prepare for Retirement Success (How Improving your Financial Wellness Today Will Lead to Retirement Success). Thebalance.com – https://goo.gl/E4qrzq

 

Sumber Gambar:

  • Wealth Management 1 – https://goo.gl/ndj9ai
  • Wealth Management 2 – https://goo.gl/EnULbb