Kamu pengen punya tambahan uang dengan menjadi creator TikTok? Tapi gimana cara menghitungnya? Tenang, ada TikTok Money Calculator!

Cari tahu lebih lengkap tentang tools ini pada artikel Finansialku. Selamat membaca.

 

Mencari Uang Lewat Kanal Sosial Media

Mencari uang lewat internet semakin banyak alternatifnya. Bahkan hanya dengan membuat video, seseorang bisa memperoleh penghasilan, lho.

Selain di kanal Youtube, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan melalui social media yang saat ini sedang naik daun yaitu TikTok.

Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa TikTok hanya sekedar media penghibur saja yang berisikan video orang menari atau membagikan cerita.

Padahal media sosial buatan Tiongkok ini sudah banyak dimanfaatkan beberapa perusahaan sebagai media promosi. Jadi, dengan kata lain manfaat TikTok ini sama halnya dengan media sosial lainnya seperti Youtube.

[Baca Juga: Biar Kekinian, Ini Tips Membuat Konten Kreatif Untuk Promosi]

 

Cara kerja TikTok pun tak jauh beda dari Youtube, kamu harus memperbanyak jumlah followers atau pengikut untuk bisa mendapat bayaran yang semakin besar.

Semakin banyak pengikut, kamu pun berkesempatan untuk di-endorse oleh perusahaan atau sejumlah produk yang akan menambah tebal kantongmu.

Bagi para content creator yang hendak menjadikan TikTok sebagai salah satu platform mencari tambahan uang, TikTok Money Calculator merupakan sebuah tools yang wajib untuk dipahami.

 

Alat satu ini wajib kamu manfaatkan jika berniat memonetisasikan akun TikTok. Hal ini karena fitur-fitur di dalamnya, dapat digunakan untuk melihat kualitas konten yang selama ini sudah disebarkan.

Jika kamu sebagai creator dapat memanfaatkan secara efektif, ketenaran akun TikTok yang kamu miliki sudah pasti akan melonjak dan berpengaruh pada jumlah uang yang akan kamu hasilkan nantinya.

[Baca juga: Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark]

 

Menghasilkan Uang di TikTok

Ada dua cara berbeda untuk menghasilkan uang di TikTok. Cara paling umum disebut pemasaran influencer.

Pemasaran influencer berarti kamu mempromosikan berbagai merek atau produk di video TikTok yang kamu posting.

Ini pada dasarnya berarti memiliki video iklan bersponsor yang akan menghasilkan lebih banyak penjualan untuk merek atau produk tersebut.

[Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah]

 

Cara kedua untuk menghasilkan uang di TikTok adalah dengan mengiklankan atau menjual produk atau layananmu sendiri pada akun TikTok mu. Kamu bisa misalnya mengiklankan bisnis rias atau kursus online.

 

Baik kamu melakukan pemasaran influencer atau mempromosikan layananmu sendiri, kamu pasti membutuhkan daya tarik yang kuat pada video yang kamu posting.

Kamu akan membutuhkan banyak pengikut, komentar, suka, dan tayangan sebelum profil kamu menarik cukup keterlibatan pihak lain beriklan ke akun TikTok milikmu.

Biasanya rata-rata kamu membutuhkan lebih dari 100.000 pengikut dan ratusan komentar untuk setiap video.

 

Cara Kerja TikTok Money Calculator

Untuk menghasilkan pendapatan dari TikTok, caranya sama dengan Instagram dengan meng-endorse produk atau layanan produk. Berbeda dengan Youtube, TikTok tidak menyediakan jasa Google Adsense.

Ada tiga faktor utama yang memengaruhi keuntungan di TikTok. Diantaranya adalah pengikut, penyuka, dan tingkat keterlibatan (engagement) agar dilirik iklan dan sebagainya.

Untuk memudahkan perhitungan, salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk menghitung keuntungan diatas adalah TikTok Money Calculator.

[Baca Juga: Siapa Sih Crazy Rich Tiktokers Viral, Sisca Kohl?]

 

Dilansir dari Metricool, tools ini bisa memberikan informasi tentang potensi pendapatan yang akan diperoleh pengguna akun TikTok.

Namun, hasil akhir perhitungan ini hanya sebuah perkiraan saja ya. TikTok Money Calculator ini bukan tools resmi yang dikeluarkan oleh TikTok.

Tools tersebut merupakan sebuah ekstensi dari Google Chrome yang dapat ditemukan pada beberapa situs tertentu, seperti Likigram dan Influencer Marketing Hub.

Selain itu, potensi pendapatan juga sangat bervariasi dan bergantung pada niche, negara, dan jenis konten TikTok yang sedang booming.

TikTok Money Calculator Akan Membantumu Para Creator - 02 - Finansialku

Sumber: akamaized.net – https://bit.ly/2TX3ysW

 

Cara Menggunakan TikTok Money Calculator

Untuk melihat perkiraan keuntungan pada akun TikTok, banyak platform yang telah menyediakan sarana tersebut yang dinamakan “TikTok Calculator Money”. Salah satunya adalah Influencer Marketing Hub.

Agar kamu lebih mudah memahami, Finansialku memberikan tutorial cara untuk memakai sarana TikTok Money Calculator melalui Influencer Marketing Hub.

 

#1 Buka Situsnya

Untuk mulai menghitung dengan tools-nya, kamu bisa masuk ke website resmi Influencer Marketing Hub melalui tautan ini

 

#2 Masukkan Username

Kemudian ketik username akun TikTok pada opsi yang telah disediakan. Setelah mencantumkan username, tunggu sampai keterangan penghasilan terlihat

 

#3 Hasilnya Keluar

Setelah menunggu beberapa saat, akan terlihat beberapa informasi seperti jumlah total video, penghasilan maksimum per posting, hingga penghasilan minimal per posting.

Bagaimana? Mudah kan melihat prediksi sekaligus menghitung penghasilan menggunakan TikTok Money Calculator. Pastinya semakin banyak followers, uang yang masuk ke kantongmu akan makin besar.

TikTok Money Calculator Akan Membantumu Para Creator - 03 - Finansialku

Sumber: uprint.id – https://bit.ly/3r3DI2z

 

Manfaat TikTok Money Calculator

Seperti yang sudah Finansialku jelaskan diatas, TikTok Money Calculator dapat dimanfaatkan content creator untuk menghitung jumlah penghasilan yang bisa mereka dapatkan dari akun TikTok mereka.

Akan tetapi, bukan hanya itu, lho, fungsi dari tools tersebut. Bila dimanfaatkan dengan baik, pengguna juga dapat menyaring beragam informasi penting lainnya.

Nah, kira-kira, apa saja manfaat yang akan diraih dengan menggunakan TikTok Money Calculator? Berikut adalah pemaparannya:

 

#1 Memahami Audiens

Melansir laman Influencer Marketing Hub, manfaat yang ditawarkan TikTok Money Calculator pada penggunanya adalah pemahaman yang detail terhadap kebutuhan audiens pengguna.

Mengapa demikian? Sebab, tools tersebut akan memaparkan minat audiens terhadap topik konten yang kamu buat.

 

Bila hasil yang didapatkan ternyata tidak memuaskan, maka kamu perlu merencanakan kembali strategi kontenmu.

Kamu bisa memahami dengan menanyakan mengapa orang ingin mengikuti akun TikTok-mu. Apa yang content creator tawarkan yang tidak dimiliki oleh ribuan akun lainnya?

Apakah itu hiburan? Apakah seorang penyanyi, musisi, penari, atau stand-up komedian?

 

#2 Validasi Akun

Hasil TikTok Money Calculator bisa kamu jadikan bahan validasi atas kesuksesan akunmu.

Bila hasil perhitungan ternilai memuaskan, maka hal tersebut bisa menjadi portofolio yang baik agar akunmu bisa digunakan untuk keperluan marketing.

Kamu juga bisa menjadikan hasil dari TikTok Money Calculator sebagai dasar penentuan rate untuk pihak lain yang berniat beriklan ke akun TikTok milikmu.

Dengan data insight yang dilampirkan, bisa menguatkan alasan kamu menetapkan besaran harga yang kamu tawarkan.

 

#3 Profil Akun yang Konsisten

Manfaat terakhir yang akan kamu dapatkan jika menggunakan TikTok Money Calculator adalah profil akun yang konsisten.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hasil perhitungan akan sangat bergantung pada banyak hal. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah profil akun.

Bila profil jarang menyebarkan konten kemungkinan besar pendapatan akun tidak akan besar.

Maka dari itu, secara tidak langsung creator akan didorong untuk lebih sering mem-posting konten, bukan?

 

Kamu sudah memahami cara menghitung penghasilanmu sebagai content creator, bukan? Selain itu juga, yang lebih penting adalah kamu harus memahami cara mengatur dan merencanakan keuanganmu.

Percuma kalau kamu punya penghasilan banyak tapi tidak tahu cara mengaturnya. Yuk pelajari caranya dalam audiobook Finansialku di bawah ini.banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

Itulah tadi pembahasan seputar TikTok Money Creator yang akan membantumu para content creator. Yuk manfaatkan tools ini untuk mempermudah menghitung penghasilanmu.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman dan kawanmu para content creator ya. Agar sama-sama membuka wawasan mereka. Terima kasih.

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Werner Geyser. 12 Maret 2021. TikTok Money Calculator [Influencer Engagement & Earnings Estimator] influencermarketinghub.com – https://bit.ly/3k6ry7q
  • Isabel Romero. 23 Desember 2020. TikTok Money Calculator. Metricool.com – https://bit.ly/36r5CvZ

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/36A9tql