Selain sebagai alternatif hiburan, ternyata ada lho cara menghasilkan uang dari tiktok. Bermodal video pendek, kreator bisa memonetisasi karya mereka menjadi rupiah.

Penasaran, kan, bagaimana caranya? Baca artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Membuat Video Pendek dengan Tiktok

Beberapa tahun belakangan, media sosial berbagi video pendek, Tiktok, memperoleh atensi yang begitu tinggi dari masyarakat dunia.

Sempat diblokir di beberapa negara, termasuk Indonesia, kini kepopuleran Tiktok bahkan hampir setara dengan Facebook dan Instagram.

Tiktok memungkinkan pengguna yang terdaftar membuat kreasi video pendek mulai dari 15 detik hingga 1 menit.

Berkat beragam topik menarik di dalamnya, Tiktok menjadi alternatif hiburan karena tidak memakan waktu ketika menonton satu konten-berbeda dengan YouTube yang rata-rata berisi video panjang.

Sayangnya, sampai sekarang, Tiktok belum memiliki fitur monetisasi in app seperti halnya YouTube. Tapi, bukan berarti influencer yang memiliki banyak pengikut tak bisa menghasilkan apapun.

Mereka tetap bisa memperoleh penghasilan melalui beberapa cara.

 

Cara Memperoleh Penghasilan dari Tiktok

Pada dasarnya, Tiktok merupakan media sosial yang memiliki fokus utama pada konten hiburan. Namun, seperti media sosial lain, Tiktok juga potensial untuk promosi atau mendapat penghasilan karena basis penggunanya yang besar.

Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari Tiktok:

 

#1 Kemitraan Berbayar atau Sponsorship

Ketika seseorang memiliki banyak pengikut, maka akan semakin besar pula potensi sebuah perusahaan atau brand tertarik menjalin kerja sama.

Hal itu karena jumlah pengikut yang banyak umumnya berbanding lurus dengan jumlah penonton dalam setiap konten yang dibuat. Jika jumlah penonton banyak, artinya produk yang dipromosikan dilihat banyak orang.

Kemitraan berbayar menjadi sumber penghasilan utama bagi kreator Tiktok. Bentuknya bisa saja berupa kolase foto, testimoni produk, atau penampilan produk di video influencer yang ditunjuk.

Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Manfaat Penggunaan Media Sosial untuk Karier Anda]

 

#2 Menjual Akun dengan Database Besar

Cara menghasilkan uang dari Tiktok berikutnya adalah kamu bisa mendapatkan uang dari akun yang dijual. Yang harus dicatat, akun yang dijual adalah akun yang kamu kembangkan sendiri. Tentu bukan hal yang pantas kalau menjual akun milik orang lain.

Kamu bisa membuat akun berisi konten menarik agar memiliki banyak pengikut. Setelah memiliki massa yang cukup, kamu bisa menjualnya ke orang atau brand yang sesuai dengan akun tersebut.

 

#3 Menyumbang Koin

Tiktok memiliki fitur koin seperti aplikasi Twitch. Fungsinya, kurang lebih sebagai bentuk apresiasi kepada orang yang melakukan live streaming. Dengan cara ini, kamu bisa mendapat penghasilan kendati memiliki pengikut sedikit.

Ketika kamu melakukan live streaming, penonton dapat memberikan semacam hadiah berbentuk katak, bunga, boneka, gitar, dan sebagainya. Item-item tersebut dibeli menggunakan koin Tiktok yang didapat dengan uang asli.

Nah, item yang diberikan kepada kamu bisa kamu konversi kembali menjadi uang. Namun, kamu harus mengumpulkan antara US$ 100 hingga US$ 1.000 untuk bisa melakukannya.

Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Reels Rilis di Instagram, Mark Zuckerberg Jadi Centimiliarder!]

 

#4 Mengelola Kampanye Influencer

Alih-alih menjadi kreator, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan menjadi perantara antara influencer dengan brand yang membutuhkan orang-orang kreatif.

Di sini, kamu berperan sebagai manajer yang bertugas merekomendasikan seseorang kepada brand.

Kamu akan membuat perjanjian dengan brand dalam kurun waktu tertentu. Kamu akan mendapatkan bayaran dari perjanjian tersebut.

 

#5 Memanfaatkan Fitur Iklan Aplikasi

Rasanya, saat ini semua aplikasi memiliki fitur iklan sehingga memudahkan pengusaha mengenalkan produknya ke publik. Jika memiliki produk, kamu juga bisa melakukan hal ini.

Tiktok memiliki fitur iklan berbayar yang relatif murah. Meski terjangkau, namun mampu menjangkau banyak pengguna.

Dijamin, setelah beriklan di sini, produkmu akan laris manis. Satu catatan penting, iklan harus dikemas menarik agar seseorang berkenan melihatnya.

 

#6 Manajemen Akun

Serupa dengan media sosial lain, layanan manajemen konten juga cukup menggiurkan untuk dicoba. Cara kerjanya, kamu memberi strategi membuat konten yang menarik dan potensial ditonton banyak orang.

Misalnya, kamu menangani klien yang gemar meng-cover lagu. Kamu bisa memberi ide konten pecah suara hingga 3 layer, namun dengan suaranya sendiri.

Untuk menjadi manajer akun, tentunya kamu butuh banyak referensi, belajar, hingga kemampuan menganalisis pasar, ya.

Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Zhang Yiming, Pendiri Aplikasi TikTok]

 

#7 Menjadi Konsultan

Cara menghasilkan uang dari Tiktok yang terakhir adalah menjadi konsultan. Konsultan? Di Tiktok? Benar, menjadi konsultan Tiktok juga memiliki prospek yang baik. Namun, lagi-lagi kamu butuh skill untuk dapat memiliki pekerjaan ini.

Jika dilihat-lihat, saat ini ada banyak orang yang ingin menjadi pusat perhatian di media sosial. Nah, sebagai konsultan, kamu bertugas membantu mereka agar mendapat banyak review positif serta banyak pengikut.

Selain menjadi konsultan, kamu juga bisa menjadi manajer akun dan pengelola kampanye influencer secara bersamaan.

Terlihat sepele bagi orang awam, padahal sebenarnya strategi konten begitu diperlukan untuk menaikkan pengikut. Tapi, sekali lagi, kamu perlu pengalaman atau setidaknya memiliki memiliki pengetahuan mengenai layanan sejenis.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Tips Mendapat Penghasilan dari Tiktok

Kamu bisa mengikuti cara-cara berikut agar brand bersedia bekerja sama denganmu:

  1. Membuat profil yang unik dan konsisten membuat konten. Sebaiknya, kamu menonjolkan sisi dirimu yang berbeda dari kreator kebanyakan. Misalnya, kamu perempuan tapi senang bermain skateboard atau remaja berotot yang ternyata sangat pandai memasak.
  2. Berpartisipasi di tantangan yang viral. Dengan begitu, orang akan tertarik mengunjungi profilmu.
  3. Membuat konten sesuai kepribadian. Kebanyakan kreator membuat konten dance dengan gerakan yang sama antar kreator. Kamu harus bisa keluar dari bayang-bayang itu. Misalnya, dengan membuat tips mengelola keuangan, tips menabung untuk anak kost, atau cara mudah mengelola gaji UMR. Selain edukatif, konten semacam itu juga sangat dibutuhkan.

Cara Menghasilkan Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengaktifkan Instagram Shopping, Fitur Baru Instagram]

 

  1. Perhatikan penampilan. Ingat, kamu ditonton siapapun di dunia.
  2. Jika bisa, kamu boleh mengajak hewan peliharaan masuk ke video. Cobalah mengajak kelincimu yang lucu atau kucing yang menggemaskan.
  3. Menggunakan tagar yang tengah naik daun.
  4. Mengabungkan akun ke media sosial lain. Ini akan memudahkan pengikut jika ingin melihatmu dalam platform yang berbeda.
  5. Membuat konten kolaborasi dengan influencer atau kreator lain.
  6. Jika memiliki konten dance, sebaiknya membuat gerakan yang original.
  7. Konsisten.

 

Yuk, Manfaatkan Media Sosial!

Media sosial membawa dampak yang besar dalam kehidupan. Tak hanya berperan sebagai wahana komunikasi dan interaksi virtual, media sosial juga menjelma menjadi lahan bisnis baru.

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk berbisnis. Yuk, mulai manfaatkan sosial media!

 

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari Tiktok yang bisa kamu ikuti. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang suka dengan aplikasi Tiktok, ya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada teman-teman Tiktok lainnya.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 09 Juli 2020. 7 Cara Dapat Uang dari TikTok, Cuma Modal Video Pendek! Teknologi.id – https://bit.ly/3gM7p3a
  • Admin 20 September 2020. Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah dan Cepat. Idcloudhost.com – https://bit.ly/3gLblAY
  • Dinda Rachmawati. 19 Juni 2020. Ingin Dapat Penghasilan, Coba 6 Cara Cari Uang Lewat Tiktok. Jatim.suara.com – https://bit.ly/2IKVzcO
  • Fakhryan Ardyanto. 16 Juni 2020. 10 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok, Mudah untuk Dilakukan. Hot.liputan6.com – https://bit.ly/3oOTtYJ

 

Sumber Gambar:

  • Tiktok 1 – http://bit.ly/3pnaf1s
  • Tiktok 2 – http://bit.ly/3mROViO
  • Tiktok 3 – http://bit.ly/3nQa2Uj
  • Tiktok 4 – http://bit.ly/2WJqKbZ