Masuk dalam jajaran orang terkaya di Cina dengan kekayaan bersih senilai US$16,2 miliar, ini dia kisah sukses Zhang Yiming dibalik ketenaran Aplikasi TikTok.  Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Zhang Yiming Dibalik Suksesnya TikTok

Siapa yang tak tahu TikTok? Sebuah aplikasi video media sosial yang sangat populer dimana pengguna dapat membuat dan berbagi video pendek berdurasi 3 hingga 15 detik yang menampilkan sinkronisasi bibir, komedi, dan banyak hal lainnya.

Video TikTok sering menjadi viral di jagad dunia maya.

Siapa sangka, aplikasi kekinian yang banyak digunakan oleh anak milenial ini merupakan gagasan Zhang Yiming melalui perusahaannya, ByteDance di Cina pada September 2016.

Setahun kemudian, TikTok mulai merambah luar Cina pada September 2017.

Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia]

 

Tak butuh waktu lama, pada Oktober 2018, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Ini adalah pencapaian pertama dari aplikasi asal Cina yang menembus pasar Amerika Serikat.

Pada bulan Februari 2019, TikTok mencapai satu miliar unduhan secara global.

Perusahaan induk TikTok pun dikabarkan telah membayar US$1 miliar untuk mengakuisisi Musical.ly, sebuah aplikasi populer Amerika Serikat.

TikTok sangat populer di kalangan remaja di Amerika Serikat. Diperkirakan 60% dari 26,5 juta pengguna aplikasi bulanan di negara tersebut berusia antara 16 dan 24 tahun.

 

Tiktok – Startup Zhang Yiming Yang Dinilai Paling Berharga Di Dunia

TikTok kini bernilai US$75 miliar – menjadikannya startup paling berharga di dunia. Nilai perusahaan ini bahkan lebih berharga daripada Uber, Airbnb, dan juga SpaceX.

Namun, terlepas dari penilaian tinggi ini, TikTok tidak menghasilkan untung. Keadaan ini tidak biasa di lanskap teknologi. Uang dituangkan kembali ke perusahaan sehingga dapat tumbuh secara signifikan.

ByteDance, perusahaan induk TikTok adalah perusahaan teknologi asal Cina yang paling sukses dalam menciptakan basis pengguna internasional.

Aplikasi ini merambah hingga 150 pasar dan diakses dalam 75 bahasa. Bahkan aplikasi paling populer di Cina – aplikasi WeChat, meninggalkan rencana ekspansi internasional demi menghadapi dominasi TikTok.

 

Zhang Yiming Adalah Seorang Insinyur Software

Zhang Yiming lahir pada bulan April 1983. Dia mengambil jurusan teknik perangkat lunak di Universitas Nankai di Tianjin.

Zhang Yiming bertemu istrinya di perguruan tinggi dan merampungkan studinya pada tahun 2005. Pekerjaan pertama yang ia lakoni ialah menjadi karyawan di situs web wisata Cina Kuxun.

Zhang Yiming dipromosikan menjadi direktur teknis pada tahun 2006. Pada tahun 2008, Zhang Yiming meninggalkan Kuxun untuk bekerja di Microsoft.

Namun, budaya perusahaan tidak sejalan dengan prinsipnya. Zhang Yiming akhirnya meninggalkan Microsoft dan membangun startup-nya sendiri yang diberi nama Fanfou, yang pada akhirnya gulung tikar.

Pada tahun 2009, Zhang Yiming mendirikan 99fang.com, sebuah bisnis pencarian real estat yang menjadi perusahaan pertamanya.

 

Zhang Yiming Membuka Usaha Agregator Berita bernama Toutiao

Di tahun 2012, Zhang Yiming merenungkan gagasan aplikasi agregasi berita yang didukung oleh AI yang diberi nama Toutiao.

Dia pada dasarnya ingin membuat informasi agar lebih mudah diakses – sesuatu yang sangat sulit dilakukan di Cina, dimana hukum sensor begitu kejam berkuasa.

Para investor pun khawatir dengan gagasannya.

Di tambah lagi, Google sang raksasa saja tidak bisa melakukannya di Cina, bagaimana mungkin pengembang perangkat lunak berusia 29 tahun bernama Zhang Yiming bisa melakukan semuanya sendiri?

Aplikasi agregasi berita ini menggunakan AI untuk memprediksi apa yang ingin dibaca pengguna selanjutnya. Semakin banyak digunakan, umpan berita Anda akan semakin baik dan lebih personal. Tapi pada akhirnya, TikTok pun bisa lahir dari aplikasi berita ini.

 

Merintis Startup ByteDance

Zhang Yiming, seorang insinyur perangkat lunak yang lulus dari Universitas Nankai di Tianjin, merintis bisnis startup-nya ByteDance.

Di bulan Juli 2012, perusahaannya berhasil meyakinkan investor hingga mengumpulkan US$$5 juta dalam putaran pendanaan Seri A dari investor miliarder Yuri Milner dan Susquehanna Investments, yang kemudian memberikan kontribusi sebesar US$10 juta pada tahun 2013.

Tahun berikutnya, ByteDance mendapatkan suntikan dana sebesar US$100 juta dalam putaran Seri C dari perusahaan modal ventura Sequoia Capital China.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2017, aplikasi andalannya Toutiao – layanan agregasi berita yang populer di kalangan pengguna yang lebih muda – telah menjadi aplikasi berita yang paling banyak diunduh di iOS App Store di Cina.

Dua putaran pendanaan pada bulan April dan Desember 2017 yang juga dipimpin oleh Sequoia Capital China, mendorong penilaian ByteDance ke nilai yang fantastis hingga mencapai angka US$20 miliar.

Kisah Sukses Zhang Yiming, Pendiri Aplikasi TikTok 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ma Huateng, Pendiri Tencent Group WeChat]

 

Sebagai orang kaya baru, Zhang Yiming masuk dalam Billionaires Forbes World pada Maret 2018 dengan kekayaan bersih sebesar US$4 miliar.

Sejak meluncurkan TikTok di pasar internasional pada akhir tahun 2017, popularitas aplikasi ini telah meroket, mencapai tonggak sejarah 500 juta pengguna aktif secara global pada bulan Juli 2018.

Tiga bulan kemudian, ByteDance – perusahaan startup miliknya berhasil meningkatkan nilai perusahaan menjadi US$75 miliar, sebuah langkah yang melipatgandakan kekayaan bersih Zhang Yiming dan membuatnya mendapat tempat di antara orang-orang terkaya di Cina.

 

Zhang Yiming & TikTok

Layanan streaming selalu populer di negeri tirai bamboo, China dan pada tahun 2016, Zhang Yiming bertekad untuk mengambil keuntungan dari peluang besar ini.

Sebuah perusahaan bernama YY Inc. memberi orang kemampuan untuk bernyanyi dan menari di ruang pamer virtual dan mencoba memenangkan hadiah online dari para penggemar.

Zhang Yiming mengambil konsep itu tetapi sebaliknya hanya membatasi durasi video di aplikasinya hingga 15 detik.

TikTok diluncurkan di Cina pada bulan September 2016 dan menjadi sebuah hit secara instan. Orang-orang senang bisa merekam dan mengedit video, menambahkan filter menyenangkan dan efek khusus, kemudian berbagi video di seluruh platform media sosial.

Kepopuleran TikTok bahkan membuat aplikasi WeChat memblokir aksesnya dari aplikasi mereka.

 

Kekayaan Bersih Zhang Yiming

Popularitas dari aplikasi TikTok tidak hanya menciptakan generasi bintang baru di media sosial, tetapi juga menciptakan miliarder media sosial.

Zhang Yiming, insinyur perangkat lunak berusia 35 tahun yang mendirikan perusahaan induk aplikasi, sekarang memiliki kekayaan bersih sebesar US$16,2 miliar menurut taksiran dari Forbes.

Meskipun menjadi orang terkaya ke-13 di negeri tirai bambu yang diperingkat oleh Bloomberg Billionaires Index, Zhang Yiming tidak terlalu banyak diketahui tentang kehidupan pribadinya.

Sebuah bisnis tentunya bisa berjalan lancar karena perencanaan yang tepat. Begitu juga dengan kondisi keuangannya.

Anda bisa memulainya dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini. Semoga bermanfaat.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Kisah sukses yang luar biasa bukan? Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Taylor Nicole Rogers. 10 November 2019. Meet Zhang Yiming, the secretive, 35-year-old Chinese billionaire behind TikTok who made over $12 billion in 2018. Businessinsider.sg – https://bit.ly/2PGMqmp
  • David Ho. 18 Agustus 2019. How did TikTok’s Zhang Yiming become one of China’s richest men? Scmp.com – https://bit.ly/2Zb5YCn
  • Admin. Zhang Yiming. Businessoffashion.com – https://bit.ly/2Zb6gsX
  • Giacomo Tognini. 4 November 2019. Meet Zhang Yiming, The Chinese Billionaire Behind TikTok. Forbes.com – https://bit.ly/35DZxKB
  • Amy Lamare. 6 November 2019. Meet TikTok Founder Zhang Yiming — And Why The Popular App Is Under National Security Investigation. Yourtango.com – https://bit.ly/36VuyJZ
  • Admin. Zhang Yiming. Forbes.com – https://bit.ly/2r7Euks
  • Admin. 29 November 2019. Zhang Yiming Net Worth, Religion, Family, Wife. Mixedarticle.com – https://bit.ly/2r5jHxU

 

Sumber Gambar:

  • Zhang Yiming 1 – http://bit.ly/36pCoM4
  • Zhang Yiming 2 – http://bit.ly/37oaj8c