Mengikuti jejak Facebook, saham Apple naik hingga 5% dalam seminggu ini! Tim Cook resmi jadi miliarder baru!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

CEO, Apple Tim Cook Resmi Jadi Miliarder

Pada hari Senin (10/08) kemarin CEO Apple, Tim Cook, akhirnya resmi berstatus miliarder. Hal ini merupakan sesuatu yang langka bagi seorang CEO yang tidak membangun sendiri perusahaan yang dipimpin.

Mengacu data perdagangan, harga saham Apple naik hampir 5% sepekan lalu, mendorong kapitalisasi pasar perusahaan yang didirikan bersama oleh Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne mencapai hampir US$ 2 triliun (Rp 29.445 triliun).

Tim Cook sendiri resmi menjabat sebagai CEO Apple sejak 24 Agustus 2011 silam. Pria berusia 59 tahun itu mengisi jabatan yang ditinggal sang founder, Steve Jobs, yang meninggal dunia enam minggu kemudian.

Perkiraan kekayaan bersih Cook senilai US$1 miliar (Rp 14, 7 triliun) ini dibuat berdasarkan data regulasi dan estimasi yang didasarkan pada performa pasar.

Tim Cook 02

[Baca Juga: Wow! Reels Rilis di Instagram, Mark Zuckerberg Jadi Centimiliarder!]

 

Pada tahun 2005 silam, Tim Cook, pernah mengungkapkan bahwa ia akan memberikan sebagian besar kekayaannya untuk keperluan amal.

Bloomberg melalui laman Kontan juga menjelaskan bahwa sebagian besar kekayaan Cook berasal dari penghargaan ekuitas yang ia terima sejak bergabung dengan Apple pada tahun 1998.

Di hari pertamanya menjabat sebagai CEO, Cook diberi penghargaan berupa saham terbatas. Untuk saat ini Cook memiliki 847.969 saham secara langsung, atau sekitar 0,02% saham Apple, dengan nilai sekitar US$ 375 juta (sekitar Rp 5,5 triliun).

Hasil dari penjualan saham sebelumnya, dividen dan kompensasi lainnya menambah US$ 650 juta (Rp 9,5 triliun) ke total harta Cook.

Menurut perkiraan Bloomberg seperti dikutip Kontan, jika pembayaran kesembilan akhir bulan ini sudah cair, maka kekayaan Tim Cook akan bertambah lagi sebesar US$ 100 juta (Rp 1,4 triliun).

Pada akhir bulan ini, Cook kemungkinan akan menerima pembayaran kesembilan dari penghargaan tersebut yang akan menambah pundi-pundi kekayaannya.

Status miliarder yang baru diraih oleh Tim Cook ini tidak lepas dari performa baik saham Apple dalam seminggu terakhir.

Saham Apple telah meningkat hampir 5% dalam seminggu terakhir, membuatnya semakin dekat ke valuasi pasar US$ 2 triliun.

Apple sendiri baru berhasil mencatat valuasi pasar di angka $1 triliun (Rp 14.722 triliun) dua tahun lalu. Peningkatan hingga hampir US$ 1 triliun dalam dua tahun ini jelas merupakan catatan keuangan yang baik bagi Apple.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Meskipun Apple selama dekade terakhir belum mengungkapkan produk baru yang inovatif seperti iPhone, perusahaan tersebut tetap berkembang pesat.

Tim Cook telah mengawasi pengembangan perangkat seperti iPhone X dan Apple Watch, layanan baru seperti Apple Music, dan penelitian tentang mobil tanpa pengemudi dan kacamata augmented-reality.

Bahkan pandemi, yang telah banyak berpengaruh pada roda ekonomi, telah menjadi keuntungan bagi Apple dan perusahaan teknologi besar lainnya karena orang-orang semakin bergantung pada produk dan layanan mereka.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 11 Agustus 2020. Nilai Saham Apple Meningkat, CEO Tim Cook Resmi Jadi Miliarder. Kontan.co.id – https://bit.ly/2PDHKg6
  • Lynda Hasibuan. 11 Agustus 2020. Dapat Bonus Saham Apple, Tim Cook Bakal Jadi Crazy Rich Dunia. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/33O5TbZ
  • Redaksi. 11 Agustus2020. BOS APPLE TIM COOK BERGABUNG DENGAN KLUB MILIARDER. Klikbulukumba.com – https://bit.ly/3alGAzy
  • Redaksi. 11 Agustus 2020. Apple Boss Tim Cook Joins the Billionaires Club. Bbc.com – https://bbc.in/2XKciBi

 

Sumber Gambar:

  • Apple Tim Cook 01 – https://bit.ly/2DP9f3Q
  • Apple Tim Cook 02 – https://bit.ly/3acPVcG