Siapa yang tidak ingin menjadi orang sukses? Inilah 7 tindakan orang sukses yang perlu Anda contoh.

Bagi Anda yang baru pertama kali bekerja atau baru saja pindah ke tempat kerja baru, 3 bulan pertama Anda di tempat kerja baru ternyata sangat mempengaruhi kesuksesan Anda ke depannya.  

Bagaimana caranya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

7 Tindakan Orang Sukses yang Perlu Dicontoh Dalam 3 Bulan Awal Bekerja

Memasuki tempat yang baru tentu saja menuntut Anda untuk melakukan penyesuaian diri. Mulai dari lingkungan baru, budaya perusahaan, hingga jenis pekerjaan yang baru.

Berbagai hal ini dapat menimbulkan sedikit banyak kecemasan dalam diri seseorang. Bisa jadi pada Anda juga.

Namun, bagaimana Anda menghadapi 90 hari pertama atau 3 bulan pertama dalam pekerjaan baru Anda ternyata akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Anda ke depannya.

Tapi, bagaimana caranya?

Ada beberapa strategi yang biasa dilakukan orang sukses agar bisa sukses menghadapi lingkungan kerja yang baru. Dengan menjalankan strategi ini, Anda bisa melewati 90 hari pertama Anda di kantor dengan lebih mulus.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Menerima Tantangan dengan Antusias

Orang sukses memiliki satu kesamaan, kebanyakan mereka selalu menyukai tantangan, dan tahu bagaimana cara untuk menaklukkan tantangan tersebut.

Orang sukses biasanya akan mengambil kesempatan apapun yang mereka dapatkan, meskipun pada saat itu bisa jadi mereka belum tahu bagaimana cara mengerjakannya.

Namun, mereka akan mempelajarinya sambil berjalan, tanpa terlalu memikirkan bagaimana efek pekerjaan tersebut kepada karier mereka.

7 Tindakan Orang Sukses yang Perlu Dicontoh Dalam 3 Bulan Awal Bekerja 02 Semangat - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Skill yang WAJIB Dimiliki Saat Ini Dalam Menghadapi Tantangan Zaman]

 

Anda yang ingin sukses di tempat kerja, Anda perlu menerapkan hal ini pada diri Anda.

Jika suatu waktu atasan Anda memberikan pekerjaan atau proyek besar, Anda perlu menerima hal tersebut dengan antusias. Setidaknya selama 3 bulan pertama. Hal ini akan membuat Anda terlihat sebagai karyawan yang bersemangat.

Di samping itu, keberanian Anda dalam menyambut tantangan akan membuat semesta juga ikut mendukung Anda sehingga Anda akan menemukan kemudahan-kemudahan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jangan khawatir, karena seiring waktu, Anda akan mempelajari cara menyelesaikan pekerjaan Anda.

Siap menerima tantangan yang lebih besar dalam hal keuangan? Baca dulu ebook perencanaan keuangan dari Finansialku. Setelah Anda selesai membaca, maka Anda dapat mengatur dan menggunakan keuangan lebih bijaksana!

Yuk, download ebooknya secara GRATIS! Klik link pada tombol berikut ini!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#2 Tetapkan Target yang Relevan

Di dunia kerja, biasanya seorang atasan akan memberikan target pencapaian atas pekerjaan yang dilakukan oleh bawahan atau timnya.

Misalnya, target penjualan produk, penyelesaian proyek, dan berbagai macam target lainnya. Tentu saja target ini akan disesuaikan dengan level dan kemampuan karyawannya.

Akan tetapi, sebaiknya Anda juga memiliki target pencapaian pribadi di luar target yang diberikan oleh atasan.

Orang yang sukses di dunia kerja biasanya bukan hanya berusaha untuk menyelesaikan target yang ia dapatkan, tapi juga memiliki target pribadi yang relevan untuk dirinya.

Apa-yang-Terjadi-Jika-Tidak-Punya-Rencana-Waris-1-Finansialku

[Baca Juga: 8 Daftar Target Keuangan yang Harusnya Sudah Dimiliki Orang Berusia 30 an]

 

Target ini bisa berupa target satu bulan, tiga bulan, satu tahun, dan seterusnya.

Setelah membuat target, jangan lupa untuk membuat perencanaan dari target tersebut.

Dengan begitu, Anda akan memiliki panduan kerja yang lebih terarah dan target Anda jadi lebih relevan untuk dicapai.

 

#3 Memecahkan Masalah dalam Tim

Meskipun masih baru, bukan berarti Anda tidak boleh memberikan saran. Jangan habiskan tiga bulan pertama Anda hanya dengan main “aman”.

Jika Anda merasa ada sesuatu yang dapat Anda lakukan, atau ide yang Anda punya kemungkinan dapat membantu tim, tidak ada salahnya untuk mengemukakan hal itu.

Banyak atasan yang menyukai karyawan yang kreatif dan solutif dalam memecahkan suatu permasalahan.

Selain itu, jika Anda merasa ada sesuatu yang salah, tidak ada salahnya juga untuk menyampaikan hal tersebut. Tentu saja, jangan lupa untuk memberikan solusi saat menyampaikan hal tersebut.

Perhatikan juga untuk tidak membanding-bandingkan antara perusahaan lama Anda dengan perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

 

#4 Mengembangkan Hubungan Sosial

Menjalin keakraban dengan rekan-rekan yang posisi mejanya dekat dengan Anda mungkin bukan hal sulit.

Cobalah untuk memperluas hubungan Anda dengan karyawan lainnya. Misalnya, dengan sedikit bermain-main ke divisi lain di kantor Anda dan menemukan kenalan baru.

Orientasi dan Sosialisasi bagi Karyawan Baru 2 Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memiliki Relasi yang Luas? Bangun Komunikasi yang Baik dari Sekarang!]

 

Anda bisa memulai percakapan dengan meminta saran atau bertanya tentang perspektif mereka mengenai pekerjaan, karier, dan juga perusahaan.

Mayoritas orang suka membicarakan diri mereka sendiri. Karena itu, sebenarnya dengan sedikit pancingan, mereka akan dengan senang hati membicarakan tentang pengalaman dan pelajaran yang mereka dapat selama bekerja di perusahaan.

 

#5 Meminta Masukan Sejak Awal

Tidak perlu menunggu evaluasi 3 bulanan untuk mendapatkan masukan. Setelah bekerja satu atau dua bulan, Anda sebenarnya sudah bisa meminta masukan dari atasan.

Orang-orang yang sukses memiliki kebiasaan meminta kritik dan juga saran mengenai apa yang sebaiknya mereka tingkatkan dan kembangkan untuk menjadi lebih baik.

Dengan meminta saran sejak awal, Anda juga akan terbantu dengan mengetahui kesalahan Anda lebih awal dan memiliki waktu untuk segera memperbaikinya.

Cara ini juga akan membantu Anda lebih mudah lolos masa percobaan di tiga bulan pertama.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#6 Mengobrol Dengan CEO

Mengobrol dengan CEO, mungkin terdengar sebagai hal yang sulit. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan besar. Tapi bukan berarti tidak mungkin.

Anda bisa saja berpapasan dengan CEO perusahaan di lift atau pada saat acara besar atau saat rapat yang dihadiri oleh CEO.

Anda bisa membuka percakapan tentang hal-hal ringan seperti liburan atau menunjukkan minat Anda kepada pekerjaan dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Kunci-Sukses-Kepemimpinan-2-Finansialku

[Baca Juga: Mau Membangun Pola Pikir Orang Kaya Dalam Diri? Begini Caranya]

 

Di perusahaan seperti startup, kesempatan bertemu CEO bisa jauh lebih besar.

Banyak perusahaan startup yang mengadakan acara makan siang bersama setiap pekan bersama dengan pimpinan.

Anda bisa belajar banyak hal melalui CEO. Misalnya mengenai sudut pandang dunia kerja dan pelajaran lain sebagainya.

 

#7 Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja

Meskipun Anda sudah keluar dari perusahaan sebelumnya, jangan lupa untuk tetap menjaga hubungan dengan rekan kerja dan juga atasan dari perusahaan sebelumnya.

Jika mungkin, sesekali Anda bisa menjadwalkan makan siang atau minum kopi bersama mereka.

Siapa tahu, hubungan Anda yang tetap terjaga ini dapat memberikan Anda kesempatan besar di masa depan. Misalnya, rekomendasi dari mereka untuk jenjang karier Anda di pekerjaan berikutnya.

 

Ayo, Lakukan 7 Tindakan Orang Sukses Tersebut!

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan selama tiga bulan pertama di pekerjaan baru Anda. Dengan menerapkan hal ini, kehidupan Anda di perusahaan baru akan terasa lebih mulus dan mudah.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada sahabat, kenalan, atau keluarga Anda, khususnya yang akan melangkah ke dunia kerja, atau baru saja diterima kerja di tempat baru.

Siapa tahu mereka juga bisa menerapkan tips ini dan meraih kesuksesan di tempat kerja mereka karena bantuan Anda.

 

Apakah Anda memiliki tips lain untuk bisa sukses di dunia kerja atau di perusahaan baru? Misalnya melalui pengalaman atau cerita dari teman kerja Anda lainnya.

Jika ada, Anda bisa menuliskan tips dan pendapat Anda di kolom komentar dan berbagi dengan pembaca lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Eka Utami. Desember 2018. Ini yang Dilakukan Orang Sukses pada Tiga Bulan Pertama Kerja. Qerja.com – https://goo.gl/uahfsW

 

Sumber Gambar:

  • Tindakan Orang Sukses – https://goo.gl/XNfvfB
  • Tindakan Orang Sukses Antusias – https://goo.gl/YXFzvN