Apa saja target keuangan yang seharusnay sudah dimiliki saat seseorang berusia 30 tahun? Apakah cukup dengan memiliki rumah pribadi, mobil pribadi dan lain sebagainya? Jawabannya ternyata tidak hanya dengan kepribadian saja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

8 Daftar Target Keuangan yang Harusnya Sudah Dimiliki Orang Berusia 30 Tahun

Teman-teman mahasiswa/i yang baru lulus kuliah dan teman-teman yang berusia 20 an mungkin saja belum memiliki gambaran tentang target keuanga yang harusnya Anda kejar. Kesalahan yang sering dilakukan oleh teman-teman masih muda ada berpikir GIMANA NANTI dan mengalir saja. Bukan hal yang salah, karena 80% penduduk di DUNIA ini berpikir demikian.

apa-saja-target-keuangan-yang-harusnya-sudah-dimiliki-orang-berusia-30-an-finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an]

 

Sayangnya, fakta membuktikan bahwa 80% orang tersebut seringkali kesulitan dalam hal keuangan, gaji numpang lewat, tidak sehat secara keuangan dan lain sebagainya. Tentunya Anda tidak mau bukan kesulitan keuangan? Berikut ini target keuangan yang harusnya dimiliki oleh orang berusia 30 an.

 

#1 Memiliki Penghasilan Aktif, Sebisa Mungkin Mulai Penghasilan Investasi dan Pasif

Satu hal yang harus Anda perhatikan saat seseorang berusia 30 an, harus memiliki penghasilan. Paling minimum adalah penghasilan aktif. Apa itu penghasilan aktif? Penghasilan yang didapat karena kita menukarkan waktu, tenaga, pikiran dengan uang. Contoh Anda bekerja sebagai karyawan perusahaan, pemiliki toko, pekerja mandiri, freelance, pekerja profesi, atlet, penyanyi dan lain sebagainya.

Kondisi idealnya target keuangan yang harusnya bisa dicapai oleh seseorang berusia 30 an adalah memiliki penghasilan dari investasi. Setidaknya hasil investasi menyumbang 10% penghasilan. Contoh seseorang memiliki penghasilan bulanan Rp 10 juta yang terdiri dari Rp 9 juta penghasilan aktif (gaji, bonus dan tunjangan) serta Rp 1 juta dari hasil investasi.

Mau Cepet Bebas Keuangan, Gini Cara Ngatur Cashflow nya - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Prinsip MONEYTREE dan Anda akan Lebih Sejahtera]

 

Kondisi yang luar biasa adalah seseorang bisa memiliki penghasilan pasif di usia 30an. Target yang satu ini bukan hal mudah, tetapi bukan hal yang mustahil. Contoh seseorang memiliki waralaba (franchise), memiliki paten, memiliki blog yang sudah menghasilkan pemasukan dan lain sebagainya.

 

#2 Memiliki Dana Darurat dalam Jumlah yang Cukup

Miliki dana darurat dalam jumlah yang cukup, artinya tidak berlebih dan/atau tidak kekurangan. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa dana darurat yang Anda butuhkan. Contoh perhitungan dana darurat dengan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Kami kembali mengingatkan dana darurat ini fungsinya sebagai dana cadangan (cash reserve) dan pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Siapkan dana darurat dalam jumlah yang cukup, simpan dalam produk keuangan yang likuid, aman dan mudah diakses (tabungan, deposito, reksa dana pasar uang). Untuk informasi lebih lengkap mengenai dana darurat silahkan cek infografis berikut ini.

 

#3 Memiliki Proteksi untuk Kesehatan dan Jiwa (*)

Target keuangan yang penting dimiliki orang berusia 30 an adalah memiliki perlindungan atau proteksi. Anda bisa membeli asuransi kesehatan yang ditawarkan pemerintah (BPJS Kesehatan) dan/atau asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan swasta.

10 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memilih Asuransi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga]

 

Khusus untuk teman-teman yang sudah memiliki tanggungan: istri dan anak, maka Anda harus memiliki asuransi jiwa. Salah seorang perencana keuangan Amerika, bernama Suze Orman pernah mengatakan: If a child, a spouse, a life partner, or a parent depends on you and your income, you need life insurance.

 

#4 Memiliki Rencana Keuangan (Financial Plan)

Di awal artikel ini, kami menjelaskan konsep berpikir yang salah adalah GIMANA NANTI. Seharusnya setiap orang, termasuk Anda yang berusia 20 an dan usia 30 an harus memiliki konsep NANTI GIMANA. Artinya Anda merangsang otak Anda untuk berpikir lebih kreatif. Perencanaan keuangan (financial planning) adalah salah satu cara untuk membantu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

Contoh paling sederhana adalah: Bagaimana saya bisa beli rumah setelah bekerja 5 tahun? Tanpa rencana keuangan, Anda tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, berapa yang harus diinvestasikan, berapa target hasil investasi yang diperlukan dan lain sebagainya. Dengan perencanaan keuangan, membeli rumah bukan hal yang mustahil:

 

Stage 1 : Siapkan Uang Mukanya Terlebih Dahulu

  1. Hitung berapa harga rumah yang ingin Anda beli saat ini.
  2. Jangan lupa hitung kenaikan harga rumah (silahkan gunakan aplikasi Finansialku).
  3. Setelah itu hitung dana yang dibutuhkan dan harus Anda investasikan untuk dapat menyiapkan uang muka rumah.
  4. Perhatikan juga kenaikan gaji Anda, untuk mempercepat persiapan DP rumah.
  5. Jalankan rencana keuangannya, lakukan review berkala. Setelah target uang muka terpenuhi, lanjut ke stage 2.

 

Stage 2 : Gunakan KPR untuk Mencicil

  1. Pilih tawaran KPR yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Jangan asal bunga rendah, tapi perhatikan keseluruhan biayanya.
  2. Pastikan perbandingan cicilan terhadap penghasilan di bawah 30% dan perbandingan utang terhadap aset di bawah 50%.
  3. Bayar cicilan dengan disiplin dan buat rekam jejak kredit yang bagus.
  4. Lakukan hingga lunas.

 

Langkah di atas adalah langkah yang umum, dijumpai namun Anda dan siapa pun bisa mempraktekkan. Selamat mencoba.

 

Apakah Saya Sudah Memenuhi Target Keuangan yang Harusnya Dimiliki Orang Berusia 30 an?

Sampai tahap 1 – 4 ini, apakah Anda sudah merasa memenuhi target keuangan yang harusnya dimiliki orang berusia 30 an?

  • Apakah Anda sudah memiliki penghasilan aktif? penghasilan investasi? penghasilan pasif?
  • Apakah Anda sudah memiliki dana darurat dalam jumlah yang cukup?
  • Apakah Anda sudah memiliki proteksi kesehatan dan proteksi jiwa?
  • Apakan Anda sudah memiliki rencana keuangan (financial planning)?

 

Jika Anda sudah memiliki semua, kami ucapkan selamat. Silahkan lanjut ke daftar berikutnya. Jika ada satu atau lebih yang belum terpenuhi, silahkan lakukan langkah perbaikan. Hubungi perencana keuangan Anda untuk dapat membantu mempersiapkannya.

 

Apakah Anda pernah mengalami umur 30 an ini kok tantangan keuangan makin berat? Apakah saya sudah berada di jalan yang benar? Silahkan tuliskan keraguan atau pemikiran Anda, perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya.

 

Sumber Gambar:

young 30 years old – https://goo.gl/xN9P4D

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang