Ternyata ada target keuangan yang sebenarnya sudah dapat terpenuhi sat kita berusia 30 an. Pada artikel bagian pertama, Finansialku sudah berbagi 4 daftar terpenting, pada artikel kali ini kami akan melanjutkan 4 bagian sisanya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

8 Daftar Target Keuangan yang Harusnya Sudah Dimiliki Orang Berusia 30 Tahun

Melanjutkan diskusi kita sebelumnya mengenai target keuangan untuk orang-orang berusia 30 an, kita masih akan berdiskusi mengenai investasi, dana hari tua (pensiun), kekayaan bersih dan target jika sudah berkeluarga.

target-keuangan-yang-harusnya-sudah-terpenuhi-saat-usia-30-an-finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Langsung saja berikut ini daftar ke 5 sampai dengan 8 mengenai target keuangan yang harus tepenuhi saat usia 30 an.

 

#5 Memiliki Investasi untuk Dana Hari Tua

Pada usia 30 an, Anda harus sudah memikirkan Nanti Gimana saat hari tua atau pensiun? Pada saat pensiun, seseorang akan kehilang penghasilan aktifnya. Pada saat muda kita masih bisa bekerja di perusahaan, buka praktek, menjaga toko, nah bagaimana saat memasuki masa pensiun?

Jangan Berpikir Pensiun di Usia Muda, Jika 5 Hal Ini Belum Beres - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Banyak Karyawan Merasa Cemas Menghadapi Pensiun?]

 

Jika saat ini Anda berusia 20 an akhir atau usia 30 an, sudah saatnya Anda mulai merencanakan dana hari tua (pensiun). Jangan tunggu nanti Anda berusia 45 tahun atau 50 tahun baru memikirkan pensiun, karena opsi yang Anda miliki akan lebih sedikit. Ketika Anda berusia 30 an, Anda masih memiliki banyak opsi dan banyak waktu untuk mempersiapkan dana hari tua (pensiun). Pertama, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan dana hari tua.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

#6 Memiliki Rumah Pertama (Setidaknya Sudah Bisa Bayar DP)

Target keuangan berikutnya adalah pada usia 30 an, seseorang seharusnya sudah bisa membeli rumah pertama. Paling tidak sudah memiliki uang muka nya dan mampu mencicil rumah. Mengenai rumah pertama ini ada beberapa opsi yang biasanya menjadi pertimbangan, yaitu

  1. Membeli rumah tapak, ukuran yang tidak terlalu luas untuk keluarga kecil (suami, istri dan dua orang anak). Di beberapa kota, khususnya kota-kota besar harga rumah tapak saat ini cukup mahal.
  2. Membeli apartemen mungkin pilihan yang paling masuk akal dikota-kota besar. Daripada membeli rumah tapak yang letaknya sangat jauh, lebih baik membeli apartemen yang lokasinya tidak jauh dari tempat kerja. Hitung-hitung dapat menghemat ongkos transportasi.
  3. Membeli ruko adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan, karena bagian bawa ruko bisa dijadikan tempat usaha. Jadi suami bekerja di kantor atau buka praktek, sedangkan istri bisa membuka toko.

 

#7 Memiliki Kekayaan Bersih Positif

Apakah Anda pernah mendengar istilah kekayaan bersih (net worth)? Majalah Forbes menggunakan kekayaan bersih (net worth) untuk membandingkan dan membuat rangking orang-orang terkaya di dunia. Kekayaan bersih adalah selisih antara aset dan kewajiban (utang) yang dimiliki seseorang. Anda tidak perlu repot untuk menghitungnya, gunakan saja Aplikasi Finansialku. Didalamnya terdapat fitur untuk membantu mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda, termasuk posisi kekayaan bersih Anda. Namun jika Anda penasaran ingin tahu, apakah Anda sehat atau tidak secara keuangan, silahkan cek di sini (gratis).

 

Idealnya berapa kekayaan bersih yang harusnya saya miliki?

Menurut William Danko dan Thomas Stanley, (penulis buku The Millionaire Next Door: Surprising Secrets of America’s Wealthy) jumlah ideal kekayaan bersih seseorang dapat dihitung dengan rumus:

jumlah ideal kekayaan bersih = usia x total pemasukan tahunan dibagi 10

 

Contoh Pak Ronald, berusia 31 tahun, dan memiliki pemasukan Rp 10 juta per bulan (Rp 120 juta per tahun). Berapa jumlah kekayaan bersih ideal yang harusnya dimiliki Pak Ronald?

Jumlah ideal kekayaan bersih = 31 x 120.000.000 / 10

Jumlah ideal kekayaan bersih = Rp 372.000.000

 

#8 Plus: Tambahan Target Keuangan jika Hidup Berkeluarga

Ketika Anda sudah menikah dan berkeluarga, ternyata lebih banyak hal yang harus dipikirkan. Beberapa hal penting:

  1. Meningkatkan jumlah dana darurat sesuai dengan kebutuhan.
  2. Membeli asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga: pasangan dan anak-anak.
  3. Menyiapkan biaya pendidikan anak, minimum hingga kuliah S1.
  4. Baru memenuhi tujuan keuangan sekunder, seperti liburan ke luar negeri, membeli mobil mewah dan lain sebagainya.

 

Mengenai masalah keuangan keluarga, idealnya jangan ada kata suami takut istri, terlebih saat keluarga sedang mengalami krisis ekonomi atau badai keuangan. Seharusnya Anda dan pasangan kompak dan bersatu dalam mengurus keuangan.

 

Bagaimana Cara Agar Target Keuangan Saya Tercapai?

Pada artikel pertama dan artike ini, Finansialku sudah banyak berbagi tips mengenai target keuangan yang harusnya sudah dicapai oleh Anda yang berusia 30 an. Dalam mengelola keuangan keluarga, perlu ada sebuah kedewasaan dan kedisiplinan dalam menjalankan prosesnya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah miliki rencana keuangan. Silahkan hubungi perencana keuangan Anda atau gunakan aplikasi Finansialku. Dengan sebuah rencana keuangan, Anda memiliki penunjuk atau guide untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

 

Apakah Anda pernah mengalami umur 30 an ini kok tantangan keuangan makin berat? Apakah saya sudah berada di jalan yang benar? Silahkan tuliskan keraguan atau pemikiran Anda, perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya.

 

Sumber Gambar

Happy Family – https://goo.gl/99liJM

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang