Apa yang harus dilakukan jika keluarga sedang menghadapi badai keuangan? Badai keuangan dalam keluarga adalah hal yang sulit. Namun selalu ada jalan keluar disetiap masalah keuangan keluarga, berikut caranya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh 

DuitPintar

 

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Badai Keuangan Menerpa Keluarga

Kehidupan keluarga, seringkali ada dihadapkan masalah keuangan atau badai keuangan. Nah apa yang harus dilakukan jika sebuah keluarga sedang terkena badai keuangan keluarga? Kali ini ada 6 hal yang dapat dilakukan pasangan (baca suami dan istri) untuk keluar dari badai keuangan.

6-hal-yang-harus-dilakukan-saat-badai-keuangan-dalam-keluarga-finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Ketika menghadapi badai keuangan, pasangan jangan saling menyalahkan, jangan saling mencari kambing hitam. Akui kesalahan yang sudah dilakukan dan mulai berpikir untuk mencari solusi. Solusi apa yang sekiranya dapat membantu keluar dari badai keuangan? Berikut ini 6 cara yang perlu dipertimbangkan dan dicoba.

 

#1 Duduk Bersama dan Berunding

Langkah pertama menghadapi badai keuangan adalah dengan duduk bersama, cari momen yang pas dan bicara serius. Ingat jangan saling menyalahkan, karena menyalahkan bukanlah solusi atau jalan keluarnya. Diperlukan komunikasi yang efektif antar pasangan dan mau terbuka. Terkadang ada pasangan yang tertutup satu dengan yang lain, tentang masalah uang. Justru karena tertutup seringkali masalah menjadi semakin runyam.

5 Manfaat jika  Anda & Pasangan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: 5 Manfaat Jika Anda dan Pasangan Kompak Mengurus Keuangan]

 

#2 Mulai Menata Cash Flow dan Disiplin

Dalam piramida keuangan, pondasi dasar keuangan keluarga adalah arus kas atau cash flow. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mulai menata kembali cash flow yang berantakan. Caranya mudah, yaitu mulai membuat anggaran keuangan keluarga dan disiplin mencatat keuangan harian. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengelola keuangan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Dengan membuat anggaran, Anda dapat memastikan uang dikeluarkan sesuai dengan pos-pos yang tepat. Harus diakui mencatat keuangan, memang bukan kebiasaan yang umum dilakukan oleh orang Indonesia. Disiplin dalam mencatat keuangan sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan. Setidaknya Anda akan selalu update dan tahu kondisi terkini mengenai keuangan Anda. Jadi yuk kita buat anggaran dan mencatat keuangan keluarga.

 

Ketika Anda membuat anggaran, Anda dapat mengetahui pos-pos pengeluaran mana yang dapat dihemat. Misal mengurangi biaya untuk asisten rumah tangga, biaya untuk liburan, biaya untuk makan di luar dan lain sebagainya. Selain itu Anda dan pasangan juga dapat berpikir lebih kreatif untuk segera meningkatkan penghasilan.

 

#3 Cek Kondisi Kesehatan Keuangan

Ketika badai keuangan menerpa keluarga, jangan lupa cek kondisi kesehatan keuangan. Cari tahu mulai dari tingkat likuiditas, tingkat utang, tingkat aset, tingkat kekayaan bersih dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan kalkulator Finansialk untuk mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda. Setelah Anda mengetahui kondisi kesehatan keuangan, Anda dapat melakukan perbaikan dengan tepat dan efektif.

 

#4 Buat Komitmen untuk Bergerak Maju

Setelah duduk bersama, membuat rencana untuk mengatur cash flow, selanjutnya Anda memerlukan komitmen. Komitmen untuk segera keluar dari badai keuangan keluarga, misal komitmen untuk disiplin dalam berinvestasi dan menabung, komitmen untuk menghemat pengeluaran dan lainnya. Pertama-tama Anda akan merasa tidak nyaman, namun setelah 1 minggu semuanya akan menjadi hal yang biasa. Dan dalam waktu 1 bulan, biasanya Anda akan mulai melihat sedikit perbaikan.

 

#5 Segera Bangkit dan Mengambil Tindakan

Tidak ada gunanya jika hanya diskusi, diskusi dan diskusi tanpa eksekusi. Setelah Anda melakukan ini itu, segera lakukan langkah-langkah penyelamatan keuangan. Mulai menambah pemasukan, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, menghemat pengeluaran yang bisa dihemat (tetapi bukan pelit). Prioritaskan kebutuhan dan batasi keinginan. Anda dan pasangan pasti bisa mulai melangkah. Anda juga perlu sebuah rencana keuangan yang berfungsi untuk menyelamatkan keluarga Anda dari badai keuangan.

Perencanaan Keuangan Yang Tepat dan Wujudkan Mimpi Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan, Jika Seseorang Masih Memiliki Banyak Utang]

 

#6 Saling Menguatkan dan Memberi Support

Terakhir Anda dan pasangan perlu saling menguatkan dan memberi dukungan (support). Lakukan dengan cara yang wajar dan jangan lebay. Tidak perlu sampai hidup pelit, tetapi Anda berdua harus mengukur kemampuan.

 

Setiap Keluarga Pasti Bisa Keluar dari Badai Keuangan, Asalkan Tahu Caranya

Tahukah Anda ketika sebuah kapal terkenda badai ditengah lautan, apa yang mereka lakukan? Semua awak kapal akan kompak dan saling membantu. Sekaligus nahkoda berusaha untuk memegang kendali dan mengontrol kapalnya. Hal yang sama adalah cara terbaik untuk keluar dari badai keuangan keluarga. Mulai saling membantu dan jangan menyalahkan. Kedua segera pegang kendali dan kontrol arah keuangan. Semakin cepat Anda memegang kontrol keuangan, semakin cepat keluarga Anda keluar dari badai keuangan. Selamat mencoba.

 

Menurut Anda, apa sajakah hal-hal yang harus dilakukan agar kita terhindar dari badai keuangan dalam keluarga?

 

Sumber Gambar:

  • Financial Strom – https://goo.gl/cdUMcl

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang