Tips backpacking ke Derawan berikut ini perlu kamu perhatikan jika akan travelling ke Derawan dengan budget share cost. Apa saja tipsnya? Yuk, simak lebih lanjut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Backpacking ke Derawan, Budget Share Cost

Sudah pernah menjelajah sebuah surga tersembunyi yang terletak di Kalimantan Timur?

Pulau yang sering dijuluki “The Divers Heaven” ini terletak di Kepulauan Derawan di Kabupaten Derawan, Provinsi Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan sendiri mempunyai sedikitnya 31 pulau yang berada di dalamnya. Empat di antaranya yang paling populer adalah Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua dan Kakaban.

Yang membuat kepulauan ini diminati banyak wisatawan yaitu karena ekosistem pesisirnya seperti terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove) dan pulau-pulau kecilnya yang menawan hati.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Derawan ala backpacker untuk melihat langsung pesona keindahannya, simak tips backpacking ke Derawan berikut ini, ya.

 

#1 Pilih Transportasi Paling Terjangkau

Tips backpacking ke Derawan yang pertama adalah pilih transportasi yang paling terjangkau. Kalau kamu berasal dari luar Kalimantan, seperti Surabaya, Bandung, atau Jakarta, gunakanlah transportasi via jalur udara.

Kamu bisa naik pesawat dari Jakarta ke Balikpapan terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan penerbangan menuju Berau.

Sesampainya di Berau perjalanan akan dilanjutkan menuju Tanjung Batu, yaitu dengan cara menaiki mobil travel umum dengan biaya sekitar Rp 75 ribu dengan jarak tempuh 2,5 sampai 3 jam.

Enaknya lewat Berau kamu bisa mampir dulu ke Labuan Cermin. Setibanya di Tanjung Batu naiklah speedboat untuk menyeberang ke Kepulauan Derawan dengan biaya sekitar Rp 100 ribu.

Tiket pesawat dari Balikpapan ke Tarakan biasanya lebih murah dibanding dari Balikpapan ke Berau. Dari Tarakan harus naik speed boat dengan lama perjalanan 3 jam sampai ke Pulau Derawan.

Sewa speedboat cukup mahal, untuk kapasitas 15 orang bisa kena Rp 11 juta untuk 3 malam.

7+ Tips Backpacking ke Derawan dengan Budget Share Cost 01 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Backpacker? Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo!]

 

Sebaiknya kalau mau lewat Tarakan lebih baik ikut open trip saja. Harga open trip ke Pulau Derawan selama 3 hari 2 malam biasanya sekitar Rp 1,7jt per orangnya sudah all-in termasuk penginapan dan makan.

Nah, untuk yang berdomisili di Kalimantan, jalur darat adalah alternatif paling murah. Kamu bisa naik bus dari Banjarmasin ke Samarinda lalu lanjut ke Tanjung Redeb, Tanjung Batu lalu terakhir Kepulauan Derawan.

Biaya untuk jalur darat kurang lebih Rp 600 sampai 700 ribu.

Namun, ada juga alternatif lain yaitu menggunakan pesawat langsung dari Jakarta menuju Tarakan, tapi biayanya agak mahal, sih.

 

#2 Berangkat Saat Low Season

Seperti biasa, tips backpacking ke Derawan ini tidak boleh terlewatkan dalam susunan itinerary kamu. Kemanapun kamu pergi berlibur, pilihlah waktu yang tidak ramai pengunjung.

Selain untuk menghemat biaya, kamu juga lebih leluasa menjelajahi wisata tujuanmu.

Hindari juga waktu akhir pekan, mungkin kamu bisa ambil cuti saat weekdays. Dijamin kamu akan merasakan seperti berada di pulau pribadi.

 

#3 Cari Penginapan Murah

Solo backpacker? Lebih baik cari penginapan di Pulau Derawan, deh. Di sana kamu bisa mendapatkan penginapan dengan harga Rp 100 ribu. Atau jika kamu pergi bersama teman-teman bisa memilih home stay dengan harga mulai dari Rp 250ribu.

Disarankan jika kamu hanya ingin berlibur selama 3 hari 2 malam, lebih baik pilih yang paling murah agar agenda backpacking-an mu bisa berjalan dengan maksimal.

7+ Tips Backpacking ke Derawan dengan Budget Share Cost 03 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Panduan Umroh Backpacker Yang Cocok Untuk Milenial]

 

#4 Tentukan Wisata Mana Saja yang Akan Dikunjungi

Sulit memang bila harus menentukan lokasi mana saja yang layak dikunjungi. Karena semuanya bagus! Terutama wisata airnya, benar-benar menyihir siapapun yang melihatnya.

Nah, karena terbatas biaya, tips backpacking ke Derawan ini kamu harus selektif kira-kira mana yang paling memikat hatimu.

Tentukan dari sekarang, jangan mendadak saat sampai di sana baru ditentukan. Itulah salah satu manfaat itinerary. Sebagai referensi, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau indah berikut ini.

 

#1 Pulau Derawan

Airnya bening sekali mirip seperti Pantai Ora di Maluku, sampai kelihatan dasarnya! Seekor penyu dengan santainya berenang di bawah jembatan dermaga.

 

#2 Pulau Sangalaki

Di Kepulauan Derawan ada penangkaran penyu yang terletak di Pulau Sangalaki. Kabarnya di pulau Sangalaki kamu bisa melihat pari mantai di sekitar pulau ini. Kamu juga bisa snorkeling di sini dengan karang yang lumayan memanjakan mata.

 

#3 Pulau Kakaban

Pulau Kakaban tidak terlalu jauh dari Pulau Maratua. Ombaknya agak tinggi. Pulau Kakaban sangat menarik karena sebagian besar bagian pulau ini merupakan danau.

Danau ini berasal dari rembesan air laut dan air hujan, sehingga airnya tidak terlalu asin lagi. Daya tarik dari Pulau Kakaban adalah ubur-ubur lucu tanpa sengat.

Di Indonesia hanya ada sedikit tempat untuk melihat jenis ubur-ubur ini yaitu di Raja Ampat dan Pulau Togean. Ubur-ubur ini kehilangan sengat karena tidak adanya predator.

Snorkeling boleh, asalkan jangan menyentuh ubur-ubur yang rapuh ini. Di sekitar dermaga Pulau Kakaban ada spot snorkeling juga.

 

#4 Pulau Maratua

Pulau Maratua berjarak sekitar 1 jam perjalanan kapal dari Pulau Derawan. Air laut di pulau ini benar-benar sebening kristal. Di sini juga terdapat cottage kayu yang berdiri di atas air. Tampak seperti berada di Maldives.

 

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

#5 Siapkan Perbekalan Penunjang Liburan

Tips backpacking ke Derawan berikutnya adalah sesuaikan perbekalan dengan tujuanmu ke Derawan. Misalnya, kamu ke Derawan karena ingin diving atau snorkeling, maka bawalah alat perlengkapanmu dari rumah.

Walaupun di sana ada tempat penyewaan, kalau menyewa sudah pasti akan keluar biaya. Kalau punya, lebih baik bawa dari rumah agar lebih irit dan uangnya bisa digunakan keperluan lain.

 

#6 Bawalah Uang Tunai Secukupnya

Karena kamu akan berlibur ke kepulauan maka untuk menemukan ATM agak sulit. Maka dari itu persiapkan uang tunai secukupnya.

Sesuaikan dengan estimasimu yang sudah disusun di itinerary. Tidak disarankan untuk membawa terlalu banyak uang tunai.

Selain untuk menjaga dari keborosan, tips backpacking ke Derawan ini untuk menghindari kamu dari hal yang tidak diinginkan. Tetaplah jaga keselamatan, ya!

7+ Tips Backpacking ke Derawan dengan Budget Share Cost 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Traveling Anti Mainstream? Simak Yuk Tips Backpacker ke India!]

 

#7 Bawalah Perlengkapan Pribadi

Selain perlengkapan diving, yang tidak boleh ketinggalan adalah perlengkapan pribadi. Kadang ada yang memilih untuk membelinya saat berada di lokasi. Ini adalah langkah yang kurang tepat, karena cara ini tidak menghemat.

Jadi, lebih baik kamu membawa perlengkapan pribadi dari rumah saja, seperti peralatan mandi, makanan, dan obat-obatan.

Apalagi jika kamu punya keluhan tertentu dan obatnya sulit ditemukan di lokasi, itu berbahaya. Jangan lupa juga membawa tabir surya, ya!

 

#8 Bersantai di Labuan Cermin

Bila sudah sampai di Derawan tapi belum ke Labuan Cermin, wah sayang sekali! Danau ini sangat cantik dengan air bening dan sangat jernih. Bahkan kappa yang mengapung di atasnya seperti melayang karena sangat jernih!

Danau yang terletak di Kec. Biduk-Biduk Kabupaten Berau ini sangat pas untuk bersantai. Suasana alamnya sangat asri.

Seakan masalah hidup menjadi hilang dalam sekejap. Ditambah panoramanya yang luar biasa selain bisa snorkeling dan diving, kamu juga bisa selfie di atas perahunya.

 

#9 Ingat Pedoman Traveller Sejati

Di manapun dan kemanapun kamu pergi berlibur, jadilah backpacker yang cerdas dan berperikemanusiaan. Tak sedikit kasus yang menceritakan tentang rusaknya kelestarian alam akibat ulah tangan nakal manusia.

Kamu tidak ingin dicap sebagai manusia jahat, bukan? Maka dari itu peganglah terus pedoman para traveler sejati yaitu:

“Don’t take anything other than pictures, don’t leave anything but traces, and don’t kill anything except time.”

 

Nah, itulah beberapa tips berlibur ke Derawan ala backpacker tanpa paket wisata. Tunggu apalagi? Ayo, rencanakan liburan kamu sekarang dengan fitur Rencana Keuangan dari aplikasi Finansialku.

Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui berapa total dana yang harus kamu siapkan untuk berlibur sesuai dengan pemasukan kamu, lho.

Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan jika kamu merasa kesulitan dalam mengatasi masalah keuangan kamu. Yuk, langsung saja download aplikasinya dan rencanakan liburan kamu!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Jadi, sejauh mana persiapan kamu untuk backpacking ke Pulau Derawan? Jika menurutmu ada yang perlu ditambahkan, kamu bisa beri pengalamanmu di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-teman backpacker lainnya, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Nonanomad. 9 Juli 2020. Panduan Lengkap dan Tips Jalan-Jalan ke Pulau Derawan. Nonanomad.com – https://bit.ly/3a0ec6e
  • David. 23 September 2018. Tertarik Jelajah Derawan dengan Cara Backpacking? Tips Ini Wajib Diikuti! Jejakpiknik.com – http://bit.ly/2LRUYrv

 

Sumber Gambar:

  • Backpacking 1 – http://bit.ly/3du3Zm2
  • Backpacking 2 – http://bit.ly/3awAq19
  • Backpacking 3 – https://bit.ly/2OWumXz
  • Backpacking 4 – http://bit.ly/2Zvoq9J