Bagaimana cara menghemat air yang efektif? Ternyata ada step by stepnya loh untuk menghemat air sekaligus menghemat uang.

Jangan ketinggalan informasi update seputar tips hemat air di rumah dalam artikel Finansialku berikut ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hemat Air, Selamatkan Bumi

Bukan hanya avengers yang bisa selamatkan bumi, Anda bisa juga lho! Tidak perlu jadi Iron Man, Captain America, atau superhero lain, cukup jadi manusia yang berhemat.

Eits, tunggu dulu hemat bukan melulu makan nasi dan sambal di akhir bulan bagi mahasiswa tingkat akhir yang kehabisan uang untuk bahan skripsi.

Selain Hemat Uang, Tips Hemat Air di Rumah Bisa Dilakukan Untuk Selamatkan Bumi 02 Hemat Air 2 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Hemat Tagihan Internet dan TV Kabel (TV Berbayar) Paling Efisien]

 

Hemat bisa dilakukan tanpa merasa terpaksa karena keadaan, namun bisa dengan hal sederhana tapi punya manfaat besar.

Hemat air! Sederhana, tapi dampaknya lebih besar dari sekedar cerita fiktif avengers loh, benar-benar menyelamatkan bumi dalam belasan atau puluhan bahkan ratusan tahun kedepan.

Bukannya air adalah sumber terbarukan yang tak mungkin habis? Kenapa harus berhemat? Oh tidak semudah itu ferguso, boleh jadi air melimpah dan tidak akan habis, namun keberadaan air bersih lambat laun semakin berkurang.

Hal ini banyak sekali faktor penyebabnya, mulai dari pencemaran lingkungan yang menjadikan buruknya kualitas sumber air. 

Belum lagi kebutuhan yang terus meningkat dikarenakan jumlah penduduk yang semakin banyak.

Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), pada tahun 2017 hanya 72,04 persen rumah tangga memiliki akses terhadap sumber air minum layak.

Angka ini masih di bawah target Sustainable Development Goals (SDGs) yakni sebesar 100 persen. Sehingga masih banyak penduduk yang belum mendapatkan akses air bersih.

Maka dari itu, bagi kita-kita yang dengan mudahnya mendapat akses air bersih, kita perlu berhemat untuk ketersediaan yang bisa jadi akan semakin berkurang kedepannya.

 

Mulai dari Diri Sendiri

Hal terkecil yang dapat dilakukan adalah dimulai dari diri sendiri di lingkungan terkecil, yaitu rumah. Berikut ini ada tips yang berguna bagi sobat untuk bisa dipraktikkan:

 

#1 Kurangi Durasi dan Frekuensi Mandi

Tidak dipungkiri selain melamun berlama-lama di kamar mandi, kegiatan mandi yang lama pastinya lebih banyak menghabiskan jumlah air daripada yang mandi sebentar. Begitu pula bagi yang terlalu sering mandi.

Kita memang hidup di Negara tropis yang tidak bisa tidak mandi dilakukan dua kali sehari karena gerahnya suhu di Indonesia.

Namun, dua kali sudah lebih dari cukup ya guys, tidak perlu lah sampai sehari 4 sampai 5 kali. Kalau sedang libur aktivitas luar, sekali saja cukup kok.

728x90 hitung sekarang Anggaran Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Anggaran Keuangan

 

#2 Matikan Keran Saat Tidak Dipakai

Hal boros tentang air paling sering adalah keran yang menyala saat kita melakukan aktivitas seperti: sikat gigi, membersihkan kotoran dan menyabuni piring sebelum dibilas, menyikat baju, dan aktivitas lainnya.

Apapun kegiatan yang berkaitan dengan air, jika masih belum membutuhkan air, kerannya dimatikan dulu ya supaya air tidak menetes sia-sia.

Selain Hemat Uang, Tips Hemat Air di Rumah Bisa Dilakukan Untuk Selamatkan Bumi 03 Hemat Air 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Hemat yang Suka Dilupakan Oleh Banyak Pasangan Muda]

 

Jika tidak yakin bisa menghabiskan air dalam kemasan, maka ambil kemasan terkecil. Banyak dari kita membuang-buang air hanya karena minum seteguk lalu dibuang begitu saja.

Sekarang sudah tersedia air kemasan gelas dengan volume 115 ml, jadi ambil yang itu saja, atau minum di gelas saja ya.

 

#3 Perhatikan Lingkungan Rumah

Meskipun rumah kecil, penggunaan air tetap perlu diperhatikan ya. Jangan sampai kita lalai memantau pemakaian air di rumah. Berikut tips yang bisa diaplikasikan untuk menghemat air di rumah.

 

#4 Ganti Bak Mandi di Rumah Dengan Shower

Penggunaan bak mandi membutuhkan banyak sekali air, terutama saat dilakukan pengurasan air, akan banyak air yang terbuang.

Selain itu, dengan menggunakan shower lebih memudahkan kita untuk merawat kebersihannya karena tidak perlu repot-repot menguras bak. Tidak pula khawatir air luber karena kelupaan mematikan keran saat mengisi bak mandi.

 

#5 Memantau Penggunaan Air

Kita harus rutin dalam memantau penggunaan air, sehingga jika terjadi air keran yang meluber di kamar mandi atau di bak penampungan kita akan menyadari hal ini.

Hal ini bisa dilakukan dengan memasang meteran air agar tidak terlalu boros atau pun mengidentifikasi adanya kebocoran.

 

#6 Tampung Air Hujan

Selain Hemat Uang, Tips Hemat Air di Rumah Bisa Dilakukan Untuk Selamatkan Bumi 04 Hemat Air 4 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Dia Rahasia dan Trik Jitu Dalam Hemat Belanja Bahan Makanan]

 

Saat musim hujan tiba, air hujan ini bisa sangat bermanfaat loh. Air hujan yang kita tampung bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, mencuci sepeda motor, menyiram halaman saat musim kemarau.

Hal ini akan menghemat penggunaan air yang semula dari air keran menjadi air hujan yang sudah ditampung. Tapi pastikan ya tampungan air tersebut tertutup rapat supaya tidak ada jentik-jentik nyamuk berkembang biak.

 

#7 Perbaiki Pipa Yang Bocor

Jangan malas-malas mengecek pipa yang bocor, selain menjadikan meteran air menjadi mahal karena air yang terus-terusan keluar, tidak ada sia-sianya memeriksa pipa secara rutin.

Dengan segera memperbaiki kebocoran saluran pipa air ini maka penghematan bisa terwujud, baik air maupun uang.

 

#8 Gunakan Kembali Air (Reuse)

Seperti halnya menampung air hujan, penggunaan air kembali bisa dilakukan pada kondisi tertentu. Seperti halnya, air bekas mencuci sayuran dan buah masih bisa dilakukan untuk menyirami tanaman, menyiram halaman.

 

#9 Penggunaan Mesin Cuci

Jika kita hendak mencuci baju dalam jumlah sedikit, ada baiknya tidak menggunakan mesin cuci, karena air yang dipakai dalam satu kali gilingan mesin cuci sangat banyak.

Kita bisa kembali ke 10 tahun lalu saat mencuci manual menggunakan tangan adalah hari-hari yang indah sambil bercengkrama dengan sesama.

 

#10 Perhatikan Tandon Air

Tangki air (tandon) perlu diberikan katup pelampung sehingga aliran air dapat dihentikan saat ketinggian air dalam tangki sudah cukup tinggi.

Jika sudah menggunakannya, periksalah secara rutin setiap bulan, sehingga tangki tidak luber dan air terbuang percuma lagi.

 

Superhero Penyelamat Bumi

Dengan tips yang ditulis di atas, sekiranya kita akan menjadi superhero tanpa susah-susah melawan penjahat, karena sejatinya yang susah adalah melawan kemalasan diri sendiri.

Selain itu, dengan menghemat air yang melimpah di rumah kita, kita dapat merasakan empati yang tinggi pada 33,4 juta penduduk indonesia yang  masih kekurangan air bersih.

Selain menghemat air, Anda juga perlu menghemat dan memperhatikan kembali pengeluaran keuangan Anda. Apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan yang matang?

Jika belum, jangan khawatir Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Kita semua setuju, bahwa hampir semua aktivitas manusia membutuhkan air. Selain berhemat, kita juga harus menjaga kebersihan sumber air agar tidak tercemar.

Akhir kata avengers boleh saja end game, kalau bumi dan air ini jangan sampai end ya..

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hemat Air 1 – http://bit.ly/2H3a7AO
  • Hemat Air 2 – http://bit.ly/2H1mzQt
  • Hemat Air 3 – http://bit.ly/2VOIp35
  • Hemat Air 4 – http://bit.ly/2J4L5Uo