Anda mulai menduduki kursi kepemimpinan untuk sebuah tim, lakukan tips kepemimpinan berikut untuk mempercepat kesuksesan Anda.

Jangan lewatkan tips berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mempimpin

Memimpin dan mengelola adalah sebuah kerja keras. Ada kalanya kita perlu mengubah gaya dan pendekatan dalam upaya untuk mencapai hasil terbaik sebuah tim.

Sebagai pemimpin tim, meningkatkan kepercayaan dan mendorong tim untuk berinovasi merupakan tugas utama. Cobalah menggunakan tips ini untuk menghemat waktu dalam mengejar kinerja dan kesuksesan bersama dalam tim Anda.

 

Perubahan Konsep Waktu

Pengembangan proyek dan produk sudah mulai berubah. Kini dunia lebih dinamis, terlebih lagi untuk lingkungan bisnis. Bisnis bergerak dengan sangat cepat, selalu berubah, namun tidak demikian dalam hal memimpin dan mengelola.

Dengan begitu setiap orang yang terlibat dalam membimbing, mengarahkan sebuah tim, dia perlu mempelajari bagaimana menyusutkan waktu untuk kualitas kerja. Berikut tips nya untuk Anda.

 

#1 Tips Kepemimpinan Pertama, Memberi Kepercayaan

Dalam hal melepas dan memberi kepercayaan kepada anggota di tim anda. Perlu belajar untuk mengubah pendekatannya.

Dari sebuah penelitian mengenai kepemimpinan tim dalam situasi berbahaya, kepercayaan adalah komponen fondasi atau dasar untuk menciptakan tim berkinerja tinggi.

Sementara hilangnya kepercayaan adalah awal dari kegagalan. Semakin cepat kepercayaan berkembang dalam tim, maka semakin cepat juga tim Anda akan belajar menerima dan menghargai kepercayaan itu dengan hasil kinerja mereka.

 

#2 Mengubah Peran

Pemimpin tim memeriksa literatur dan kinerja tim, mempelajari kegagalan dan perjuangan, sebagai petunjuk dan informasi kritis dari kepemimpinan yang efekif. Anda juga perlu memperhatikan kejelasan tujuan.

Meskipun ada berbagai tugas dan tanggungjawab pekerjaan, yang pertama dan yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda memerankan peran yang tepat untuk setiap situasi.

Tipe Kepemimpinan dalam Organisasi, yang Manakah Anda 05

[Baca Juga: Banyak Gaya Kepemimpinan di Dunia, Anda Tipe yang Mana?]

 

Daripada Anda memakai mode perintah dan kontrol dalam memimpin, dan menegaskan otoritas. Lebih baik lakukan ini, tarik nafas dalam-dalam dan delegasikan peran Anda kepada anggota tim.

Mintalah tim untuk mengevaluasi dan memberikan feedback atas kinerja Anda sebagai pemimpin tim. Karena ini juga akan memacu kinerja tim.

Tidak hanya pemimpin yang dapat memberikan evaluasi kepada anggotanya, peran yang satu ini juga dapat dilakukan oleh anggota tim kepada Anda.

 

Inovasi

Buku berisilan inovasi wajib memenuhi beberapa rak-rak buku Anda.

Karena esensi dari hal itu adalah Anda memerlukan banyak ide, kemampuan, proses dan dukungan untuk membuat setiap ide menjadi sebuah eksperimen cerdas yang bermanfaat dalam mendukung proses pembelajaran Anda.

Banyak Gaya Kepemimpinan di Dunia, Anda Tipe yang Mana 05 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 12 Sifat Pemimpin yang Bisa Bikin Usaha Sukses]

 

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu proses berinovasi:

  1. Pelihara ide. Siapapun yang memiliki sebuah ide dapat berinovasi. Meskipun ada beberapa jenis ide. Seperti ide yang belum pernah ada sebelumnya, sentuhan baru untuk sebuah ide lama. Bekerja dalam tim dalam mengumpulkan ide-ide.

  1. Dinding ide. Pasang pada dinding kantor, sebuah papan tulis atau flip chart. Dorong siapa saja untuk secara teratur menambah pemikiran mereka pada dinding tersebut. Saring ide-ide tersebut kedalam sebuah eksperimen yang mudah dikelola.
  2. Ide diluar tembok. Dapatkan ide diluar kantor. Lewat pengamatan, pembicaraan dengan pelanggan, berkomunikasi dengan mitra internal dan eksternal.

 

PENTING! Garis Bawahi Hal Ini!

Memimpin dan mengelola dimasa sekarang adalah aktivitas kontak, keterikatan, keterlibatan dan proses mendukung. Sementara dasar-dasar kepemimpinan tidak pernah berubah sejak dahulu. Para pemimpin dan manajer terbaik terus memikirkan kembali peran mereka.

Tipe Kepemimpinan dalam Organisasi, yang Manakah Anda 01

[Baca Juga: 5 Prinsip Kepemimpinan Dalam Islam yang Bisa Kamu Tiru]

 

Mereka mengupayakan dan mengukur keberhasilan mereka dengan keberhasilan anggota tim. Melakukan semua dengan mengutamakan kelincahan dan kemampuan beradaptasi seiring dengan kecepatan perubahan.

 

Baik, kita telah selesai membahas tips kepemimpinan. Bagaimana menurut Anda artikel ini? Berikan komentar atau pertanyaan Anda pada kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Art Petty. 29 Januri 2020. 3 Leadership Hacks to Accelerate Success in an Era of Change. Thebalancecareers.com – http://bit.ly/2TJYHY3