Simak tips mengatur kesehatan keuangan Imlek berikut ini agar kondisi keuangan Anda tetap sehat dalam menyambut tahun kerbau logam ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kesehatan Keuangan di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek yang ditandai dengan masuknya periode tahun Kerbau Logam memang menjadi sebuah momen yang diharapkan dapat membawa berkah sekaligus menyudahi era berjayanya pandemi Covid-19.

Harapan tersebut tentu saja menjadi harapan kita semua.

Namun, Tahun Baru Imlek meski membawa berkah, terkadang ada beberapa yang menganggap bahwa bisa menjadi dilema, terutama bagi kondisi kantong.

Tentu akan banyak pengeluaran yang harus disiapkan, mulai dari pernak-pernik Imlek, makan bersama keluarga meski dalam lingkup yang lebih kecil karena kondisi pandemi, belum lagi soal angpao dan berbagai tetek bengek lainnya.

Tak ada salahnya bertanya soal peruntungan dari sebuah ramalan shio, tapi jika keuangan tidak diatur dengan baik dan tidak bertanya pada ahlinya dalam merencanakan keuangan, tentu akan membawa petaka bagi kondisi keuangan.

Tips Menjaga Kesehatan Keuangan di Tahun Baru Imlek 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Menyambut Tahun Baru Imlek 2021!]

 

Tips Menjaga Kesehatan Keuangan

Berikut ini beberapa tips sederhana menjaga kesehatan keuangan Imlek ala Perencana Keuangan.

 

#1 Miliki Catatan Keuangan

Tips menjaga kesehatan keuangan Imlek yang pertama adalah memiliki catatan keuangan. Catatan Keuangan adalah sebuah media dasar untuk menolong kondisi keuangan dapat diatur dengan baik.

Bagaimanapun laporan keuangan pribadi, baik itu rapi atau berantakan, jika dimulai dengan mencatat keuangan dan membereskannya satu per satu, lama kelamaan akan membuat kondisi keuangan semakin membaik.

Ada 2 cara dalam mencatat keuangan, secara konvensional, atau modern. Anda bisa mencatat semua keperluan dan kebutuhan Tahun Baru Imlek secara konvensional dengan sebuah buku dan pena.

Kelemahannya, Anda mungkin bisa menghilangkan buku tersebut atau misalnya catatan tersebut rusak, entah terkena air atau karena hal-hal yang tidak disengaja sehingga mengaburkan catatan yang sudah ditulis sebelumnya.

Cara berikutnya, Anda bisa mencatat dengan sebuah aplikasi canggih seperti Aplikasi Finansialku. Membuat anggaran atau budgeting bulanan juga jadi sangat mudah dengan Aplikasi Finansialku.

Bagi Anda yang belum tahu, Anda bisa mengunduh Aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau Apps Store secara gratis.

Fasilitas free trial juga diberikan selama 60 hari namun ada batasan-batasan seperti limit dalam pencatatan keuangan harian.

Miliki fasilitas pencatatan keuangan tak terbatas dengan menjadi Member Premium. Tidak hanya mencatat keuangan harian secara leluasa, tetapi Anda juga dapat mencatat berbagai transaksi dan juga investasi yang Anda lakukan. Selain itu, konsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku jadi tidak ada batas.

Jika Anda sudah menjadi member Premium, manfaatkan semua fitur Aplikasi Finansialku yang akan menolong Anda dalam merapikan laporan keuangan dan catatan keuangan harian.

Gunakan kode promo CUAN50 untuk mendapatkan harga yang semakin ekonomis. Dengan demikian, finansial Anda semakin siap untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

#2 Buat Anggaran

Tips menjaga kesehatan keuangan Imlek selanjutnya adalah membuat anggaran keuangan. Catatan keuangan tentu saja sangat berhubungan dengan anggaran.

Anggaran setiap bulannya tentu berbeda. Menjelang Tahun Baru Imlek, pengeluaran tentu akan bertambah, seperti untuk memberi angpao, makan spesial dengan keluarga atau membeli baju baru.

Anda kembali dapat memanfaatkan fitur dari Aplikasi Finansialku yang akan menolong Anda memilah setiap pos-pos keuangan yang diperlukan setiap bulannya.

Anda dapat mengubahnya sesuai dengan kebutuhan karena sifatnya yang fleksibel. Sudahkah Anda membuat anggaran menjelang Tahun Baru Imlek? Pos mana yang menurut Anda paling besar?

 

Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketersediaan dana yang dimiliki. Jika Anda sudah punya pasangan, diskusikan dengan pasangan Anda untuk setiap pos pengeluaran.

Jika memungkinkan, demi menghemat pengeluaran, Anda bisa mempertimbangkan dengan bijak untuk memangkas berbagai pengeluaran yang tidak perlu.

Setidaknya mengurangi pos-pos tertentu seperti mengurangi jumlah angpao, namun esensi dari memberi angpao tetap dilaksanakan.

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

#3 Konsultasi dengan Perencana Keuangan

Membuat rencana keuangan memang sedikit tricky. Ada saja yang miss dalam melakukan perencanaan keuangan, entah itu nombok atau kurang dan harus menggunakan uang dari pos lain atau bahkan lebih parahnya bisa saja berutang.

Jika hal ini terjadi, sepertinya Anda membutuhkan solusi dan panduan dari ahlinya seperti Perencana Keuangan.

Tahukah Anda biaya untuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan itu bisa mencapai sekitar Rp 500.000 untuk sekali konsultasinya.

Kabar baiknya, Anda tak perlu merogoh kocek lebih dalam karena hanya dengan Rp 350.000 saja dalam satu tahun, Anda bisa menjadi member premium aplikasi Finansialku dan bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan yang bersertifikat.

Anda bisa curhat masalah keuangan pribadi dan keluarga Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku. Dapatkan solusi dan panduan dalam melakukan perencanaan keuangan pribadi dan keluarga.

 

Tetap Hoki di Tahun Baru Imlek

Sambut Tahun Baru Imlek dengan keberuntungan dan hoki apapun shio Anda dengan melakukan perencanaan keuangan dengan bijak.

Apapun ramalan shio Anda, tetap hoki dan miliki finansial yang stabil dengan aplikasi Finansialku!

 

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan keuangan Imlek yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatur keuangan menjelang Imlek.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya agar kesehatan keuangan kita semua bisa terjaga. Terima kasih.

 

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan Imlek 1 – http://bit.ly/375SDk4