Pernah mengalami kebakaran mobil? Ketahui cara mencegah mobil terbakar dan tips merawat mobil Anda!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Merawat Mobil Mencegah Kebakaran

Pada tahun 2015, tercatat telah terjadi lebih dari 174 ribu kasus kebakaran mobil di Amerika Serikat menurut data Asosiasi Perlindungan Api Nasional Amerika Serikat (NFPA). Setidaknya 455 orang tewas dan sekitar 1.500 orang lainnya mengalami luka akibat tragedi kebakaran mobil ini.

Tips Merawat Mobil Ketahui Sekarang Cara Mencegah Mobil Terbakar 3 Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Di samping dengan sengaja dibakar oleh oknum yang tak bertanggung jawab, mobil bisa saja terbakar dengan sendirinya. Bagaimana bisa?

Jika Anda pernah mengalaminya atau Anda tidak mau mengalaminya, ketahui beberapa tips merawat mobil Anda agar tidak terjadi kebakaran pada mobil Anda.

 

Tips Merawat Mobil

Banyak orang ingin memiliki kendaraan pribadi seperti mobil. Seperti kebanyakan orang, setelah mendapatkan sesuatu yang diinginkan, tantangan selanjutnya sebetulnya dalam merawat barang kepunyaan pribadi.

Apakah Anda salah satu yang senang merawat keadaan mobil Anda?

Agar kendaraan Anda tetap dalam kondisi prima, tidak terjadi sesuatu hal yang buruk seperti mogok di tengah jalan atau bahkan kebakaran karena mesin yang tidak terawat, berikut ini tips merawat mobil pribadi Anda:

 

#1 Ganti Oli Secara Berkala

Oli kendaraan adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus diganti secara berkala agar kondisinya tetap prima.

Oli sangat dibutuhkan bagi perangkat internal mobil untuk menahan gesekan saat mesin sedang bekerja.

Karena kondisi mesin mobil yang prima salah satunya dipengaruhi oleh oli yang Anda gunakan, Anda perlu secara teratur menggantinya.

Apa indikatornya? Kapankah oli harus diganti secara berkala?

Biasanya, oli mesin perlu diganti jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 3.000 km hingga 5.000 km.

Selain itu, pemilihan jenis oli juga perlu dipertimbangkan. Anda bisa menanyakan kepada teknisi di bengkel untuk jenis oli yang sesuai dengan mesin mobil Anda agar bisa berfungsi secara prima dan membuat kinerja mesin tetap optimal.

 

#2 Perhatikan Air Radiator

Suatu ketika di jalan tol sebuah mobil berhenti di pinggir jalan dan mengeluarkan uap panas dari kap mobilnya dan sang pemilik dengan paniknya

Banyak pengendara menyepelekan untuk mengecek air radiator mobil sehingga tak heran jika kejadian seperti uap panas yang keluar dari kap mobil kerap terjadi.

Jika Anda tidak mau hal itu terjadi pada mobil Anda dan membuat Anda panik di tengah jalan, sangat disarankan untuk mengecek air radiator mobil Anda secara berkala.

Uap panas dari kap yang keluar itu menandakan bahwa mesin Anda mengalami overheat dan jika hal ini sering terjadi, tentu akan berakibat buruk pada mesin mobil Anda dan usia mesin jadi tidak awet lagi.

Untuk menjaga performa mesin mobil Anda tetap baik, cek secara berkala air radiator mobil Anda, terutama sebelum Anda bepergian.

Tips Merawat Mobil Ketahui Sekarang Cara Mencegah Mobil Terbakar 4 Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

Mengecek air radiator tidak perlu harus dilakukan oleh teknisi di bengkel. Anda pun bisa melakukannya dengan cara yang sederhana.

Anda tinggal membuka tutup radiator, tapi Anda perlu memperhatikan jika kondisi mesin sedang panas atau mesin sedang menyala, tidak disarankan untuk membukanya karena akan membahayakan diri Anda.

Jika air radiator dirasa kurang mencukupi, Anda tinggal tambahkan saja airnya. Selain itu, tangki air radiator juga perlu dikuras ketika mobil Anda sudah menempuh jarak 1.000 km guna menjaga kualitas kendaraan Anda.

Sudah merencanakan biaya perawat mobil dalam anggaran bulanan Anda? Rencanakan sekarang juga dengan Aplikasi Finansialku!

Segera unduh Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan berikut ini. Nikmati setiap fitur lainnya, seperti kemudahan dalam merencanakan dana liburan atau membeli barang.

728x90 hitung sekarang Anggaran Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Anggaran Keuangan

 

#3 Cek Starter Mobil & Filter Karburasi

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam menyalakan mesin kendaraan Anda?

Jika ini terjadi, ada kemungkinan mobil Anda sedang dalam kerusakan di dalamnya. Biasanya, ini terjadi karena kurangnya supply bahan bakar ataupun udara.

Cek kembali filter dengan cara mencabut filter dan membersihkannya dengan kuas atau sikat gigi. Biasanya, kondisi filter yang kotor menyebabkan mobil Anda tidak bisa di-starter.

Jika dirasa sudah cukup bersih, coba pasangkan kembali dan nyalakan starter-nya. Namun, apabila mobil masih tidak bisa di-starter setelah berulang kali filter-nya dibersihkan, bawalah mobil Anda ke bengkel langganan untuk pengecekan selanjutnya dan mengetahui secara pasti kerusakan yang terjadi pada mobil Anda.

Tips Merawat Mobil Ketahui Sekarang Cara Mencegah Mobil Terbakar 5 Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Filter yang dibersihkan adalah filter karburasi yang jika mengalami pengendapan kotoran, maka akan membuat mesin mobil Anda tidak berfungsi secara semestinya dan tidak bisa di-starter. Bersihkan filter karburasi agar kotorannya tidak mengganggu kinerja komponen lainnya.

Bersihkan kerak yang terdapat pada saringan dan jangan menggunakan kompresor atau hairdryer karena akan risikonya adalah merusak filter karburasi.

 

#4 Periksa Timing Belt

Sebagai pemilik mobil yang tidak hanya sekadar mengendarainya saja, Anda perlu mengetahui juga kondisi timing belt dari mobil Anda.

Apa itu timing belt?

Timing belt adalah sebuah perangkat yang ada di dalam mobil yang memiliki fungsi untuk meneruskan putaran roda gigi yang juga berhubungan dengan bagian internal mesin.

Perhatikan dengan jelas jika Anda mendengar ada suara bising atau dengungan yang dihasilkan oleh mesin mobil Anda ketika dinyalakan, maka keadaan ini menunjukkan bahwa terjadi kerusakan pada komponen timing belt.

Jika timing belt tidak berfungsi secara semestinya, maka akan menyebabkan beberapa komponen tertentu dalam mesin mobil juga mengalami kerusakan.

Mengapa demikian? Karena supply listrik pada akumulator tidak bekerja dengan semestinya sehingga hal ini bisa terjadi pada mobil Anda. Oleh sebab itu, cek juga timing belt mobil Anda secara rutin.

 

#5 Rawat Aki Mobil

Salah satu komponen yang cukup berperan banyak dalam kinerja mesin mobil adalah aki.

Aki ini menghasilkan daya listrik yang juga menggerakkan mobil Anda. Agar mobil Anda tetap berfungsi secara optimal, Anda perlu merawat aki mobil Anda dan mengeceknya secara berkala.

Agar aki mobil Anda bisa awet dan tahan lama, pastikan air aki selalu berada di level yang semestinya.

Pastikan juga ukuran tegangan aki dengan menggunakan voltmeter jika Anda mempunyainya.

 

#7 Bersihkan Kerak Mesin

Jika Anda memiliki mobil yang usianya sudah cukup tua, perawatan secara berkala tidak lebih dari cukup.

Setiap mobil tua, seiring dengan usia penggunaannya akan terdapat kerak kotoran yang menempel dan agak sulit untuk dihilangkan.

Oleh sebab itu sebelum kotoran itu menjadi kerak yang susah diberikan, secara berkala bersihkan kotoran yang menempel pada mesin mobil Anda

Cara membersihkan kotoran pada mesin itu cukup mudah, Anda hanya menginjak pedal gas agak lebih lama sehingga kerak mesin dapat rontok dan keluar melalui knalpot mobil Anda.

 

#8 Isi Penuh Tangki Bahan Bakar

Tahukah Anda bahwa tangki bahan bakar juga bisa berkerak dan menimbun kotoran? Kerak tersebut bisa menumpuk juga pada bagian atas tangki.

Bagaimana agar tangki bahan bakar bagian atas tidak berkerak?

Ternyata dengan mengisi bahan bakar dengan penuh, maka akan membuat kotoran tidak menempel pada bagian tersebut.

Banyak orang yang terbiasa untuk tidak mengisi penuh tangki bahan bakar yang membuat kerak menempel pada tangki bagian atas.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda mengisi tangki bahan bakar secara penuh untuk menjaga kondisi bagian atas tangki tetap bersih dari kotoran dan kerak.

Tips Merawat Mobil Ketahui Sekarang Cara Mencegah Mobil Terbakar 2 Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Tahukah Anda bahwa kerak yang terbawa dari tangki bahan bakar akan sangat berbahaya jika terbawa ke dalam saluran pembakaran?

Selain itu, gunakan juga bahan bakar yang direkomendasikan, yaitu bahan bakar yang memiliki oktan tinggi dan bebas dari timbal.

Timbal pada bahan bakar yang tidak direkomendasikan akan membuat penyumbatan pada mesin dan membuat mesin Anda tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

 

#9 Lakukan Tune Up Secara Berkala

Selain perawatan sendiri secara sederhana seperti yang direkomendasikan pada beberapa tips di atas, membawa mobil Anda ke bengkel untuk di tune up secara berkala juga sangat penting, mengingat peralatan di bengkel lebih lengkap dan para teknisi yang memiliki keahlian di bidangnya.

Agar mobil Anda tetap awet, berfungsi secara optimal dan tidak menyusahkan Anda, bawalah mobil Anda secara berkala ke bengkel untuk dilakukan pengecekan secara keseluruhan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan pengecekan secara menyeluruh pada mobil Anda, maka akan diketahui kerusakan yang tidak Anda ketahui dan meminimalkan masalah-masalah kerusakan pada mobil, terutama mogok di tengah jalan bahkan hingga kebakaran akibat perawatan yang tidak dilakukan secara semestinya.

Memang Anda butuh merogoh kantong lebih dalam untuk melakukan tune up di bengkel, tapi perawatan ini bisa memperpanjang usia mobil Anda.

Agar Anda tidak kewalahan membayar biaya perawatan mobil, lakukanlah pengelolaan keuangan sejak awal. Pelajari kiat-kiat mengatur keuangan yang tepat supaya Anda bisa mencapai segala tujuan keuangan Anda!

Segera  download ebook perencanaan keuangan untuk usia 20-an dan 30-an dari Finansialku.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Merawat Mobil = Merawat Aset

Mobil adalah salah satu aset yang perlu dijaga mengingat setiap harinya kita membutuhkan mobil tersebut untuk transportasi ke kantor dan melakukan berbagai aktivitas.

Dengan merawat mobil dan secara berkala melakukan pengecekan dan perbaikan, dompet Anda pun tertolong karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar ketika kerusakan parah terjadi, apalagi ketika terjadi kebakaran (walaupun Anda menggunakan asuransi mobil sekalipun).

 

Bagaimana cara Anda merawat mobil kesayangan Anda? Apakah Anda pernah mengalami kebakaran pada mobil Anda?

Bagikan pengalaman Anda seputar merawat mobil kesayangan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda juga dapat membagikan informasi mengenai cara merawat mobil dari artikel di atas kepada teman-teman Anda yang membutuhkan.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai perencanaan keuangan pribadi, keluarga maupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Ghulam Muhammad Nayazri. 8 September 2015. Cegah Kebakaran Mobil dengan Cara Ini. Nasional.kompas.com – https://goo.gl/yqeawR
  • Admin. 13 Februari 2014. 4 Tips Mencegah Mobil Terbakar. Oto.detik.com – https://goo.gl/NFJn15
  • Admin. 16 April 2017. 5 Penyebab Mobil Terbakar, Kenali dan Hindari! Kumparan.com – https://goo.gl/QYZTp
  • Admin. 9 Perawatan Mesin Mobil Yang Wajib Dilakukan. Showroommobil.co.id – https://goo.gl/qo7k4w

 

Sumber Gambar:

  • Kebakaran Mobil – https://goo.gl/jdHE9C
  • Kebakaran Mobil 2 – https://goo.gl/6y6zGw
  • Oli – https://goo.gl/2pRWsw
  • Air Radiator – https://goo.gl/MTaEXa
  • Filter Karburator – https://goo.gl/AhSWzN