Tetap sehat saat ramadhan 2020 dengan ikuti tips puasa sehat di tengah penyebaran virus corona? Siapa takut!

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ramadhan 2020 di Rumah

Bulan Ramadan 2020 ini sedikit berbeda dengan bulan ramadhan di tahun-tahun sebelumnya.

Kini, menyambut bulan ramadhan bukan hanya dibalut oleh perasaan senang, tapi juga tegang.

Tegang karena saat ini masyarakat Indonesia sedang kedatangan tamu tidak diundang yang memakan banyak korban jiwa.

Adalah virus corona atau COVID-19. Sejak kemunculannya, virus corona berhasil memporakporandakan hampir semua aspek di Indonesia, mulai dari sosial hingga ekonomi.

Stimulus kebijakan baru satu per satu mulai dijalankan. Peraturan pembatasan ruang gerak masyarakat pun sudah lama tercanangkan.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Hal ini tidak lain adalah karena penularan yang sangat masif antara satu orang dengan orang lainnya.

Bulan Ramadan, yang selalu identik dengan sholat tarawih berjamaah di Masjid bersama tetangga dan rekan sekitar rumah, kini mau tidak mau harus dihilangkan untuk sementara.

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Tata Cara Tarawih Di Rumah Dalam Masa Pandemi Covid-19]

 

Ramadan tahun ini, kita semua diam di rumah. Tapi ingatlah kalau ini bukan hal yang ironi atau yang harus disesali.

ini adalah salah satu upaya kita, bahu membahu, menghentikan rantai penularan COVID-19, agar virus ini segera enyah dari Tanah Air.

Oleh karena itu, meski harus melakukannya di rumah, bukan berarti kita harus mengurangi intensitas ibadah kita.

Lakukan seperti apa yang biasa kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya, fokuskan diri pada upaya mencari ridha Yang Maha Kuasa, sambil membentengi diri dari keluarga dari paparan corona.

 

Tips Puasa Sehat di Tengah Penyebaran Virus Corona

Melakukan aktivitas selama ramadan di rumah, bukan berarti menjamin kalau tubuh kita akan selalu sehat.

Nyatanya, berkurangnya gerak tubuh selama bekerja dan belajar di rumah malah menimbulkan banyak ancaman kesehatan.

Ditambah kalau kita tidak benar-benar hati-hati menjaga asupan nutrisi harian selama bulan Ramadan.

Bukannya membentengi diri dari paparan virus corona, kita malah punya kesempatan terpapar yang lebih tinggi karena imunitas berkurang.

Tips Puasa Sehat Saat Ramadan 2020 di Tengah Virus Corona 02

[Baca Juga: Kemenag: Panduan Ibadah ramadhan 2020 Saat Pandemi Covid-19]

 

Oleh karena itu, pastikan untuk tetap bergerak barang tiga puluh menit per hari, dan jangan lupa penuhi asupan nutrisi saat sahur dan buka puasa.

Berikut Finansialku hadirkan beberapa tips saat puasa agar tetap sehat dan terhindar dari paparan COVID-19 yang didapatkan dari beberapa sumber:

 

Tips Puasa Sehat #1 Memenuhi Nutrisi Harian Saat Sahur dan Buka Puasa

Hal pertama yang harus diperhatikan saat puasa adalah, pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Saat berpuasa, tentunya ada perubahan pola makan dan jumlah kalori serta nutrisi yang masuk ke tubuh kita.

Sebenarnya tidak masalah kalau ada pengurangan asupan kalori saat berpuasa, yang terpenting adalah asupan nutrisi kita tetap terpenuhi.

Bagaimana caranya? Jangan pernah lewatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan ketika sahur maupun buka puasa.

Penuhi tubuh dengan makanan yang tinggi serat, protein, sekaligus gizi lainnya yang berasal dari sayuran segar yang dimasak, ataupun buah-buahan.

Udah Tahu Belum Manfaat Puasa Bagi Kesehatan 04 - Finansialku

[Baca Juga: TTS: 10 Makanan Sahur dan Makanan Buka Buasa yang Harus Kamu Hindari!]

 

Ketika buka puasa, biasanya kita terlalu fokus pada hidangan pembuka seperti gorengan atau sirup.

Hal ini justru yang membuat asupan gizi kita berkurang. Karena kita cenderung malas untuk makan setelah beri tubuh asupan minuman dan makanan tinggi gula seperti sirup dan makanan berminyak.

Oleh karena itu, biasakan untuk berbuka puasa dengan minum segelas air putih, lalu makan secukupnya dengan komposisi 4 sehat 5 sempurna.

Begitu pula saat sahur. Ketika sahur, kita cenderung berpikiran makan seadanya, dan sebanyak-banyaknya.

Padahal, makanan yang kita konsumsi saat sahur menentukan kualitas puasa kita selama satu hari penuh.

Saat sahur, jika malas makan nasi, Sobat Finansialku bisa mengonsumsi oat dengan susu yang bergizi dipadu dengan buah segar.

Selain itu, Sobat Finansialku juga bisa memastikan kalau nutrisi tubuh tercukupi dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan.

Melansir laman suara.com, beberapa alternatif suplemen dan multivitamin yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah habbatussauda serta multivitamin yang bisa membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan imunitas.

 

Tips Puasa Sehat #2 Tetap Terhidrasi

Saat berpuasa, bukan hanya asupan nutrisi harian yang terbuang, tapi juga cairan dalam tubuh.

Hal ini tentu secara natural terjadi, mengingat kita hanya punya waktu untuk minum saat sahur, buka puasa, dan malam hari.

Tapi, mengingat akan pentingnya air untuk sirkulasi darah dan fungsi tubuh lainnya, tentu membuat kita harus tetap memperhatikan persoalan satu ini.

Oleh karena itu, Finansialku punya satu tips ringan yang bisa diikuti oleh Sobat Finansialku saat berpuasa agar tetap terhidrasi.

Caranya adalah, apabila kebutuhan air untuk tubuh Sobat Finansialku dalam satu hari adalah 2 liter, maka penuhi 2 liter tersebut saat sahur, buka puasa, dan malam hari.

Bagi asupan dua liter ini dalam tiga waktu berbeda. Misalnya, ketika sahur, Sobat Finansialku bisa mengonsumsi air sebanyak 600 ml.

Kemudian 1,4 liter lainnya, dipenuhi saat buka puasa dan malam hari. Mengingat, waktu yang kita miliki untuk minum, lebih banyak saat malam hari.

Sesuaikan jumlah air yang dikonsumsi dengan kebutuhan masing-masing, ya! Karena setiap orang punya kebutuhan air yang berbeda-beda.

 

Tips Puasa Sehat #3 Tetap Bergerak

Saat berpuasa, kita cenderung lebih lemas dan tidak produktif di siang hari, karena kekurangan cairan.

Tapi bukan berarti kita harus menuruti rasa malas dan tidak melakukan aktivitas fisik barang 15 sampai 30 menit per hari.

Aktivitas fisik tetap dianjurkan untuk dilakukan saat berpuasa. Hal ini dilakukan tentu untuk menjaga kebugaran tubuh kita selama berpuasa.

Seorang fitness youtuber, Yulia Baltschun dalam video yang diunggahnya soal bulan puasa, memberikan trik agar bisa berolahraga tanpa mengganggu puasa.

Dalam videonya, dia pernah mengatakan, ketika berpuasa, kita dianjurkan untuk berolahraga saat menjelang adzan maghrib.

Yaitu sekitaran pukul 16.00 – 17.00. Kenapa? Hal ini agar meminimalisasi rasa haus yang berlebihan.

Jadi, ketika kita sudah selesai berolahraga dan merasa haus, kita hanya perlu menunggu waktu beberapa menit sampai waktu buka puasa datang.

Sementara untuk gerakan olahraga, apabila biasanya Sobat Finansialku melakukan olahraga angkat beban, ketika puasa ini, bisa mengurangi beberapa kilo dari total beban yang diangkat.

Jika pada hari-hari biasa, Sobat Finansialku biasa mengangkat beban hingga 50kg, maka ketika berpuasa, Sobat Finansialku bisa menguranginya menjadi 30 atau 25kg.

Atau, jika biasanya Sobat Finansialku berolahraga kardio selama satu jam penuh, saat berpuasa, bisa diganti dengan gerakan yang lebih ringan dan durasi yang lebih singkat.

Intinya, sesuaikan dengan kapasitas tubuh masing-masing. Jangan sampai overestimate dan mengakibatkan tubuh mengalami kelelahan yang berlebihan, ya!

 

Tips Puasa Sehat #4 Tips Untuk Pasien Diabetes dan Hipertensi

Berbeda dengan orang normal lainnya, pasien diabetes dan hipertensi memang punya beberapa poin yang harus dipantang dan dilakukan.

Meski diabetes dan hipertensi hanya riwayat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankan puasa, lho!

Hal ini perlu dilakukan agar Sobat Finansialku yang menderita diabetes atau hipertensi, punya guide yang dijadikan patokan saat menjalankan ibadah puasa.

Sehingga tidak ada kebutuhan nutrisi serta cairan yang kurang selama berpuasa, yang bisa saja menjadi pemantik kambuhnya penyakit ini.

 

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Apakah Sobat Finansialku punya tips lainnya yang bisa dibagikan? Jangan ragu untuk sampaikan lewat kolom komentar, ya!

Jika Sobat Finansialku merasa kalau artikel ini bermanfaat, bantu kami untuk bagikan artikel ini melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Bimo Aria Fundrika. 23 April 2020.Puasa di Tengah Pandemi Corona Covid-19, Ini Tips Atur Asupan Gizi. Suara.com – https://bit.ly/3ax0F4n

 

Sumber Gambar:

  • Puasa 01 – https://bit.ly/2RZPxqd
  • Puasa 02 – https://bit.ly/3cEKljl