Jika Anda tertarik untuk membangun perusahaan rintisan, tips sukses bisnis start up ala CEO dari China ini mungkin bisa membantu Anda.

Sayangnya, perkembangan start up tidak selalu berjalan mulus. Selebihnya gagal dalam waktu relatif singkat. Lalu, bagaimana cara mengembangkan bisnis ini supaya bertahan? Yuk kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Menghadapi Tantangan Bisnis Start Up

Perusahaan rintisan atau dikenal juga dengan start up mayoritas adalah perusahaan yang belum lama berdiri dan berada dalam fase pengembangan serta penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Umumnya start up bergerak di bidang teknologi dengan produk berupa aplikasi dalam bentuk digital. Karena perusahaan ini masih dalam tahap berkembang, maka berbagai tantangan bisnis kerap dihadapi tanpa henti.

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 05 Bisnis Startup 5 - Finansialku

[Baca Juga: AWAS BAHAYA, Jika Anda Melakukan 7+ Kesalahan Membangun Bisnis Startup Ini]

 

Alhasil, persaingan pun semakin ketat dan tak jarang banyak start up yang gagal karena tidak mampu bersaing. Salah satu dari beberapa penyebabnya adalah sulit memperoleh pendanaan dan kesalahan pengaturan keuangan.

Maka dari itulah, diperlukan konsep dan eksekusi yang matang supaya bisa mengantisipasi kegagalan, dan membuat bisnis start up terus berkembang.

 

Tips Sukses Bisnis Start Up

Melalui Channel Youtube Finansialku.com dalam program #FounderandMoney, Finansialku.com berkolaborasi dengan CEO asal China yaitu Brian Huang sebagai CEO Dachui Collection Technologies, memberikan beberapa tips sukses bisnis start up terutama dalam menarik perhatian investor.

Selain dibahas di artikel ini, Anda juga bisa melihat tayangannya secara langsung melalui link berikut:

 

Penasaran bagaimana tips menarik perhatian investor ala Brian Huang supaya start up Anda sukses dan berkembang? Simak berikut ini!

 

#1 Memahami Pasar

Dalam hal ini, Brian Huang menjelaskan bahwa ketika perusahaan start up berdiri di Indonesia maka pasar dari perusahaan yang dibangun tersebut harus jelas.

Cara menentukan dan memahami pasar, yaitu menggali informasi sebanyak mungkin tentang negara ini.

Sebagai CEO Dachui Collection Technologies, Brian pun telah melakukan fact finding dengan melakukan perjalanan pertamanya ke Indonesia di tahun 2004.

Sehingga karakteristik masyarakat, budaya, dan sebagainya sudah mulai dipahami. Hal ini mampu meningkatkan kepercayaan diri ketika berhadapan dengan investor.

 

#2 Membuat Bisnis Terlihat ‘Seksi’

Agaknya sulit mendefinisikan kata ‘seksi’, namun intinya Anda harus membuat investor merasa kagum pada bisnis start up yang Anda jalankan.

Misalnya dari value yang bagus untuk menghasilkan uang, sistem manajerial yang baik dengan memanfaatkan teknologi.

Utamanya dengan penggunaan teknologi membuat bisnis lebih menguntungkan”.

 

#3 Pertumbuhan yang Cepat

Tidak menutup kemungkinan bahwa ide cemerlang bisa lahir dari semua orang. Namun cara merealisasikan atau mengeksekusinya yang terkadang memberikan hasil berbeda.

Karena itulah, Brian menekankan agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan percepatan pertumbuhan bisnis.

Start up yang mampu berkembang dengan cepat, akan mudah dipertemukan dengan pasar yang semakin luas.

Bagi Brian:

Jika kamu sudah berhasil menghasilkan uang, maka semua orang akan memberikan uangnya juga untukmu.

 

Mengenal Start Up Perencanaan Keuangan, Finansialku.com

Salah satu start up di Indonesia yang belum lama berdiri tepatnya pada 2017 lalu adalah Finansialku.com. Dalam kurun waktu satu tahun, start up yang bergerak di bidang perencanaan keuangan ini berhasil membidik 50.000 pengguna.

 

Fitur Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk keuangan bisnis.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Founder & Money_ Tips Sukses Bisnis Start Up Ala CEO China 02

[Baca Juga: 4 Tanda Bisnis Startup Sukses dan Berhasil, Anda Sudah Punya Tanda Itu?]

 

Terdapat beberapa fitur dalam aplikasi ini, diantaranya:

 

#1 Pencatatan Keuangan

Fitur ini digunakan untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran sesuai kategorinya masing-masing. Mulai dari pajak, asuransi, donasi, pengeluaran rutin per bulan, dan sebagainya.

 

#2 Pembuatan Anggaran Keuangan

Anda dapat mengatur anggaran untuk setiap pengeluaran. Jika terdapat pengeluaran yang melebihi anggaran, maka aplikasi akan memberikan notifikasi sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran setiap bulannya.

 

#3 Investasi

Investasi bisa dilakukan melalui partner Finansialku yaitu bareksa. Dalam hal ini, Finansialku memiliki tujuan khusus yaitu memberikan edukasi dan latihan untuk mengenal dunia investasi.

 

#4 Pengecekan Kesehatan Keuangan (Financial Health Check Up)

Pengecekan kesehatan keuangan dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini dalam tahap aman/ideal atau sebaliknya.

 

#5 Perencanaan Keuangan

Terdapat beberapa kategori perencanaan keuangan yang bisa dimanfaatkan melalui aplikasi ini. Misalnya dana darurat, asuransi, membeli barang, dana pendidikan, dana liburan, dan sebagainya.

 

#6 Tanya Perencana Keuangan

Last but not least, Anda bisa berkonsultasi tentang keuangan dengan para perencana keuangan Finansialku yang sudah tersertifikasi.

Seperti yang kita ketahui, jika mengadakan janji khusus untuk konsultasi dengan perencana keuangan dibutuhkan biaya cukup besar.

Tapi dengan Aplikasi Finansialku, hanya Rp35 ribu per bulan atau Rp350 ribu per tahun, Anda sudah bisa berkonsultasi. Selamat mencoba.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jika Anda memerlukan konsultasi mengenai perencanaan keuangan, pribadi, keluarga, maupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Tips Sukses Bisnis Start Up 01 – http://bit.ly/36u5g5h
  • Tips Sukses Bisnis Start Up 02 – http://bit.ly/37qKvbU