Jajaran Menteri Presiden RI Joko Widodo akan mendapat mobil dinas menteri berupa Toyota Crown Hybrid. Berapa kira-kira harga mobil mewah ini?

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Harga dan Spesifikasi Toyota Crown Hybrid

Menjadi menteri tentu akan mendapatkan beberapa fasilitas mewah yang diberikan oleh pemerintah, salah satunya dengan diberikannya mobil dinas.

Mobil Toyota Hybrid yang merupakan pilihan Toyota Astra Motor (TAM) selaku anak perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk ini diperkirakan akan menjadi mobil dinas menteri atau pejabat di periode 2019-2024.

Toyota Crown Hybrid 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelancer, Inilah 7 Rahasia Keuangan bagi Anda yang Perlu Anda Ikuti]

 

Executive General Manager Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengungkapkan bahwa varian hybrid yang baru terjual yaitu Toyota Alphard Hybrid, Toyota Cary Hybrid, dan Toyota C-HR Hybrid.

Toyota Crown Hybrid pada dasarnya belum dijual untuk retail di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari situs website yang disediakan Toyota Indonesia. Namun merujuk beberapa sumber, mobil ini diklaim ramah lingkungan.

Jika melihat spesifikasinya, mobil mewah ini masuk ke dalam persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 577/KM.6/2017 tentang modul perencanaan kebutuhan barang milik negara atau kendaraan dinas operasional jabatan di dalam negeri.

Aturan ini mengatur soal Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) untuk mobil dinas menteri, wakil menteri, dan jabatan setingkat menteri.

Namun, Standar Barang dan Standar Kebutuhan sebagaimana diatur dalam PMK SBS AADB secara umum merupakan batas tertinggi standar Barang Milik Negara (BMN) yang dapat diusulkan pengadaannya.

Dengan kata lain, Kuasa Pengguna Barang (KPB) berhak memiliki pertimbangan, sehingga pengadaan BMN dapat diupayakan di bawah standar maksimum dengan mengikuti aturan yang berlaku.

Sebelum membahas lebih jauh, Finansialku tidak akan lupa mengingatkan Anda untuk atur arus kas dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Anda juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Fiksasi Mobil Dinas Menteri: Toyota Crown Hybrid

Mobil dinas para menteri rencanakan akan menggunakan mobil berwujud sedan bermesin 3.500 cc, enam silinder atau SUV 3.500 cc, enam silinder.

Toyota Crown Hybrid yang dijual di Jepang ini mempunyai tiga pilihan mesin. Crown generasi ke-15 ini memiliki varian mesin 3,5L V6 hybrid.

Tipe paling mewah ini mampu menghasilkan tenaga hingga 356 ps dan torsi maksimum 620 Nm. Varian lainnya yang memiliki mesin 2.0L turbo 4- silinder dan 2.5L Hybrid.

Toyota Crown Hybrid 02 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Asuransi Syariah di Indonesia (Asuransi Jiwa dan Kesehatan) yang Dapat Menjadi Pertimbangan Anda]

 

Khusus untuk mesin 2.000 cc turbo 4 silinder memiliki tenaga 245 PS pada 5.200 – 5.800 rpm dan torsi 350 Nm di putaran serendah 1.650-4.400 rpm.

Untuk level menengah, ada mesin Hybrid 2.500 cc 4 silinder dengan potensi tenaga gabungan 226 PS dan torsi gabungan 521 Nm. Khusus untuk model tertinggi yaitu Crown 3.5L Hybrid memiliki tiga varian.

Tiga varian itu terdiri dari yang terendah 3.5L Hybrid S, kemudian 3.5L Hybrid RS Advance, dan yang tertinggi yaitu 3.5L Hybrid G Executive.

Di Jepang 3.5 L Hybrid S dibanderol dengan harga ¥6.237.000 atau setara dengan Rp835 juta.

Untuk Crown 3.5 L Hybrid RS Advance seharga ¥6.906.600 atau setara Rp924 juta dan Crown 3.5 L Hybrid G Executive ¥7.187.400 atau Rp962 juta.

Anggaran untuk pengadaan mobil dinas ini baru mencapai Rp147 miliar.

Total, ada 101 unit kendaraan bagi para anggota kabinet 2019-2024, yang terdiri dari pejabat setingkat menteri dan pimpinan lembaga negara.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel di atas, Anda jadi tahu kan berapa budget yang disediakan untuk sebuah mobil dinas yang tidak main-main.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Agustus 2019. Harga Toyota Crown Hybrid, Sedan Mewah Kandidat Mobil Dinas Jajaran Menteri Baru Jokowi. Tribunjualbeli.com – https://bit.ly/2KRKm8B
  • Ihsanuddin. 23 Agustus 2019. Istana Tegaskan Anggaran Mobil Dinas Untuk DPR. Kompas.com – https://bit.ly/2HnxzIR
  • Wira Utama. 22 Agustus 2019. Mengenal Toyota Crown Hybrid, Calon Mobil Dinas Menteri 2019-2024. Tempo.co – https://bit.ly/2ZmkA07

 

Sumber Gambar:

  • Mobil Dinas – http://bit.ly/33SfyvP
  • Toyota Crown Hybrid 1 – http://bit.ly/2NE6khl
  • Toyota Crown Hybrid 2 – http://bit.ly/2ZtzTrW