Logam mulia identik dengan “safe haven”, apakah tidak ada risikonya sama sekali dalam trading logam mulia?

Kilau logam mulia selalu menjadi favorit para trader dan investor sepanjang sejarah. Mulai dari keistimewaan kualitas fisiknya hingga sebagai objek investasi yang menjanjikan.

Mari simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Peluang Logam Mulia

Secara umum logam digolongkan menjadi 2 jenis yaitu logam mulia dan logam industri.

Sesuai dengan namanya, logam mulia memiliki banyak keistimewaan baik dari segi kualitasnya yang tahan korosi, tidak mudah bereaksi kimia, ketersediaan yang sangat terbatas di bumi, dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Perbandingan Investasi Logam Mulia Emas atau Perak 1 Finansialku

[Baca Juga: Prospek Investasi Emas 2019: Hitung Keuntungan Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Selain karakternya yang istimewa, logam mulia juga tahan terhadap inflasi sehingga digunakan untuk keperluan investasi. Ada kalanya harga-harga logam mulia ini naik turun secara fluktuatif, sehingga trader memanfaatkan kondisi ini untuk bertransaksi jangka pendek.

Banyak investor yang mengidolakan logam mulia, bahkan beranggapan bahwa logam mulia lebih berharga daripada uang kertas.

Beberapa logam mulia yang biasa ditransaksikan yaitu emas, perak dan platinum. Di antara 3 logam tersebut, emas adalah primadona favorit para trader dan investor meskipun harganya termahal dibandingkan logam mulia lainnya.

Dalam jangka panjang, harga emas stabil cenderung naik. Di sisi lain bagi investor dan trader yang merasa harga emas sudah terlalu mahal maka lebih menyukai silver/perak. Sedangkan platinum dan palladium digunakan sebagai alternatif pilihan logam mulia untuk diversifikasi portofolio.

 

Emas

Emas adalah logam mulia paling bergengsi diantara logam mulia lainnya. Segala hal yang dibuat dengannya dan berkaitan dengan emas dianggap memiliki nilai istimewa.

Bahkan suatu negara jika hendak mencetak uang kertas baru, menggunakan emas sebagai jaminan (underlying). Selama berabad- abad emas dikembangkan berdasarkan keunikan sifat logamnya yang kuat, non reaktif, dan sebagainya.

Dengan banyaknya industri dan penggunaan emas dalam kehidupan sehari-hari, makin mendorong permintaan emas.

Jika Anda ingin berinvestasi emas, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi Finansialku agar investasi yang Anda lakukan dapat lebih terarah dan matang. Aplikasi Finansialku dapat Anda download dengan mudah melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Satuan dan Kadar Emas

Sama seperti logam pada umumnya, berat emas dihitung berdasarkan satuan troy ons (oz) secara global. Selanjutnya barulah dikonversi sesuai dengan mata uang masing-masing negara.

1 troy ons setara dengan 31,1 gram. Menurut sejarah, istilah “troy” berasal dari salah satu kota di Perancis yang kala itu menjadi pusat perdagangan logam mulia di abad pertengahan.

Sedangkan emas dalam jumlah sangat besar dihitung berdasarkan satuan metric tons. 1 metrik ton setara dengan 32.150 troy ons. Bank sentral umumnya menyimpan emas dalam sekala metrik ton.

Dalam hal kemurnian emas diukur dalam satuan karat. Bentuk emas yang paling murni sebesar 24 karat. Jika kadarnya di bawah 24 karat, artinya emas dicampur dengan logam lain ataupun dilapisi menjadi emas putih.

 

Perak/Silver

Perak dikenal sebagai perhiasan seperti emas. Sebenarnya penggunaan perak terbesar berada pada industri kelistrikan karena sifat konduktornya yang baik dalam menghubungkan arus listrik.

Hampir separuh produksi perak digunakan untuk membuat mesin ramah lingkungan karena kemampuan konversi reaksi katalitik. Karena banyaknya aplikasi penggunaan perak dalam keseharian, tidak mengherankan jika permintaannya meningkat seiring bertambahnya waktu.

 

Platinum

Platinum merupakan logam mulia dengan berbagai sifat unik seperti tahan korosi, tidak teroksidasi udara, dan memiliki sifat kimia yang stabil. Platinum merujuk pada kelompok logam yaitu palladium, rhodium, ruthenium, osmium, and iridium.

Langkah Awal Memulai Trading Logam Mulia yang Benar 02 Platinum - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Logam di Bursa Komoditas]

 

Selain sifatnya yang istimewa, platinum juga jarang ditemui sehingga membuatnya langka dan bernilai tinggi. Diperkirakan platinum pertama kali ditemukan dan dikembangkan manusia di Afrika sejak abad ke 17.

Selain di Afrika, platinum banyak ditemukan pada Rusia dan Amerika Utara. Afrika Selatan diperkirakan merupakan produsen platinum terbesar di dunia mencapai 90%.

 

Instrumen Bertransaksi Logam Mulia

Ada banyak pilihan “kendaraan” produk investasi yang dapat digunakan untuk meraih profit pada sektor logam mulia. Kendaraan ini dapat disesuaikan dengan karakteristik produk komoditas yang hendak dipilih.

Tiap kendaraan investasi memiliki mekanisme dan prosedur transaksi yang berbeda. Apa sajakah kendaraan tersebut?

 

#1 Futures (Perdagangan Berjangka)

Transaksi futures memungkinkan trader bertransaksi terhadap suatu komoditas di harga tertentu pada jangka waktu kontrak yang dipilih. Kontrak tersedia dari mingguan hingga bulanan.

Transaksi ini biasanya digunakan sebagai lindung nilai terhadap fluktuasi harga yang mungkin terjadi. Uniknya, margin dalam transaksi ini digunakan sebagai uang jaminan. Semakin sesuai pergerakan harga future yang Anda beli, maka profit didapat.

Jika harga berlawanan arah dengan posisi barang yang dibeli, maka kerugian akan memotong jumlah uang jaminan ataupun margin. Jika kerugian berlangsung terus menerus hingga marginnya habis, maka terjadilah “margin call”.

Agar transaksi berlangsung secara jujur dan wajar, tiap negara yang menyediakan perdagangan komoditas berjangka memiliki lembaga pengawas.

Sebagai contoh ada beberapa lembaga pengawas seperti SEC (Securities and Exchange Commission) dan CFTC (Commodity Futures Trading Commission) untuk mengawasi transaksi pada perdagangan futures  Amerika Serikat.

Sedangkan di Indonesia diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

 

#2 Komoditas Fisik

Bagi sebagian orang, lebih meyakinkan jika investasi pada suatu produk yang dapat disimpan fisiknya. Sebab wujudnya dapat dilihat dan selama disimpan memberikan rasa aman, setidaknya tidak hilang meskipun harganya bisa berfluktuasi.

Jenis komoditas yang umum dilakukan transaksi secara fisik adalah komoditas logam. Transaksi emas dan perak batangan dapat dilakukan di toko emas resmi ataupun penjual emas resmi yang memiliki sertifikat asli.

Selain emas batangan, emas perhiasan dapat juga digunakan sebagai sarana investasi jangka panjang. Platinum fisik sangat jarang ditemui di Indonesia. Sehingga riskan terhadap platinum batangan yang palsu.

Logam mulia batangan atau fisik ditransaksikan dalam satuan gram, ons ataupun kilogram di Indonesia.

 

#3 Perusahaan Komoditas

Meskipun pasar komoditas memungkinkan trader/investor untuk bertransaksi langsung, pasar modal menawarkan akses terhadap komoditas.

Anda dapat melakukan investasi pada perusahaan yang bergerak pada produksi, transformasi, dan distribusi sumber daya alam. Bagi Anda yang lebih terbiasa dengan pasar modal bisa menggunakan penawaran ini untuk memasuki dunia komoditas.

Meskipun konsekuensinya, ada lebih banyak faktor eksternal selain komoditas yang perlu diperhatikan terkait perusahaan yaitu manajemen perusahaan, kondisi pajak, hutang, dan keuntungan perusahaan.

Beberapa contoh perusahaan terbuka berbasis komoditas di Indonesia melingkupi sektor pertambangan, pertanian, dan lainnya.

Contoh perusahaan saham Indonesia berbasis logam mulia: ANTAM. Contoh perusahaan saham Amerika berbasis logam mulia yaitu FCX (emas), PAAS (silver), dan seterusnya.

 

Risiko Trading Logam Mulia

Investasi logam mulia banyak diyakini merupakan investasi paling aman yang dapat melindungi aset dari inflasi dan penurunan nilai. Namun tidaklah tepat jika faktor risiko diabaikan sama sekali.

Bagaimanapun sifat alamiah investasi tentulah memiliki risiko yang tak terpisahkan dari potensi profit yang mengikuti. Dalam transaksi logam mulia, risiko fluktuasi harga adalah faktor utama. Selain itu timing dan keaslian produk logam mulia adalah faktor lainnya.

Jika Anda ingin berinvestasi namun bingung bagaimana berinvestasi emas bagi pemula, Anda dapat membaca ebook Panduan berinvestasi emas untuk pemula di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Apa logam mulia favorit Anda? Kendaraan instrumen apa yang menjadi unggulan dalam menghasilkan profit? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Lawrence Pines. 2018. Precious Metals & Industrial Metals: The commodity.com guide. Commodity.com – https://goo.gl/FuCvn1
  • J Crawford. 19 Juni 2018. The ultimate beginners guide to precious metals in 2018. Learntotradeprofit.com – https://goo.gl/GmJZJ7

 

Sumber Gambar:

  • Trading Emas – https://goo.gl/9NXQfT
  • Platinum – https://goo.gl/3fwaLt