Bagaimana cara agar rumah aman saat ditinggal mudik dan liburan? Kali ini Finansialku akan berbagi beberapa trik untuk menjaga agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik dan liburan oleh pemiliknya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menjaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik dan Liburan

Beberapa hari lagi, sebagian dari teman-teman pembaca tentu saja akan mulai bepergian liburan dan mudik ke daerah masing-masing. Tentu saja liburan atau travelling adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun Anda juga tetap harus ingat untuk menjaga rumah agar tetap aman, selama ditinggal mudik dan liburan.

Trik Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik dan Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Rumah dari FLEXAS]

 

Berikut ini 9 tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar rumah tetap aman selama ditinggal mudik dan liburan:

 

#1 Lapor Ke Pak RT dan Satpam, bahwa Rumah Kosong 

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah beritahu dan titip rumah kepada Ketua RT dan satpam lingkungan. Informasikan bahwa rumah Anda akan kosong dalam waktu beberapa hari ke depan. Karena mereka sudah tahu Anda sedang berlibur, mereka dapat segera bertindak jika menemukan sesuatu yang janggal atau orang yang mencurigakan. Setidaknya satpam dapat membantu mengawasi rumah Anda, selama ditinggal liburan dan mudik.

 

[Baca Juga: Best Practice Menyiapkan Dana Liburan Akhir Tahun]

 

#2 Minta Bantuan Tetangga untuk Memeriksa Rumah Secara Berkala

Selain memberi tahu Pak RT dan Pak RW, Anda sebaiknya juga menitipkan rumah Anda kepada tetangga terdekat jika mereka tidak mudik atau liburan. Minta tolong kepada mereka untuk mengawasi rumah. Terkadang ada juga tetangga yang baik hati membantu menyapu halaman agar tampak bersih sehingga tidak terlihat sedang ditinggal oleh pemiliknya. Jangan lupa tinggalkan nomor yang dapat dihubungi, kalau-kalau terjadi sesuatu.

 

#3 Cabut Aliran Gas dan Listrik yang Tidak Perlu

Selain risiko pencurian, rumah yang ditinggal juga rawan dengan risiko kebakaran. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan mencabut aliran gas, mematikan aliran listrik alat-alat elektronik seperti computer, televisi, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang berpotensi menjadikan korsleting. Ayo jangan malas untuk mengosongkan isi lemari es dan kemudian matikan aliran listriknya. Cabut juga regulator tabung gas, karena gas tetap akan mengalir ke selang regulator yang terpasang pada tabung.

 

YouTube Courtesy. Blue Gaz – Cara Melepaskan Regulator dari Tabung Blue Gaz

 

#4 Kosongkan Tempat Penampungan Air

Jangan lupa untuk mengosongkan bak mandi, ember atau tempat penampungan air. Jika harus tetap terisi, sebaiknya tutup dengan rapat dan beri bubuk abate agar tidak menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Jika ada rumput liar, sebaiknya rapikan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik atau liburan. Jangan meninggalkan sampah organic yang dapat mengundang semut, kecoak, serangga lainnya dan tikus.

 

#5 Amankan Barang-Barang Berharga

Simpan barang-barang berharga Anda di tempat yang sulit dijangkau atau letaknya tersembunyi. Misal simpan perhiasan di antara baju atau tempat khusus. Simpan di tempat-tempat yang tidak mencolok. Cara kedua adalah titipkan barang-barang berharga Anda di safe deposit box bank. Jika Anda memiliki hewan peliharan, sebaiknya titipkan ke tempat penitipan hewan. Hubungi jauh-jauh hari agar tidak penuh saat Anda pergi. Jika Anda memiliki tanaman, ada baiknya letakkan tanaman di pot dengan tatakan yang memiliki penampung air. Tujuannya agar tanaman Anda tetap lembab.

 

[Baca Juga: 5 Tips Liburan Hemat ala HaloMoney.co.id]

 

#6 Pastikan Semua Pintu, Jendela dan Pagar Terkunci serta Tertutup Rapat

Cek kembali kondisi pintu, jendela dan pagar serta pastikan semuanya sudah tertutup dengan rapat. Pastikan akses-akses menuju rumah sudah terkunci dan tertutup rapat. Anda dapat menggunakan gembok yang memiliki alarm anti-maling. Gembok tersebut akan mengeluarkan bunyi uang kencang jika dibuka paksa. Selain itu pastikan gorden Anda juga tertutup dengan sempurna, sehingga tidak isi rumah, tidak dapat terlihat dari luar.

 

#7 Pasang CCTV yang Dapat Dipantau dari Smartphone

Alternatif lainnya adalah pasang CCTV yang dapat dipantai melalui smartphone. Sekarang ini CCTV dapat terhubung dengan internet sehingga Anda masih dapat memantau isi rumah melalui smartphone. Jika Anda ingin menyimpan video Rumah selama pergi berlibur, maka Anda harus menggunakan kartu memory untuk menyimpan data di CCTV.

 

[Baca Juga: Mau Liburan Kemana Ni, Akhir Tahun?]

 

#8 Jangan Tunjukkan Bahwa Rumah Kosong

Gunakan lampu dengan sensor cahaya atau photocell agar lampu rumah Anda dapat menyala secara otomatis, ketika gelap. Khususnya gunakan sensor pada lampu-lampu di depan rumah Anda. Hal ini adalah salah satu cara ampuh untuk memastikan rumah masih ada orangnya.

 

#9 Hati-Hati dalam Upload Cerita Perjalanan Liburan dan Mudik

Hati-hati saat Anda berdiskusi dengan tetangga mengenai rencana perjalanan Anda. Selain itu hati-hati juga pada saat upload-upload perjalanan Anda. Orang yang berniat jelek, tentu saja akan memanfaatkan saat lengah korbannya untuk melakukan tindak kejahatan.

 

[Jawab Quiz: Liburan itu Kebutuhan atau Keinginan?]

 

Rumah Aman, Liburan Senang

Liburan tentu akan lebih menyenangkan dan tenang, jika rumah aman. Risiko selalu ada dan sulit untuk dihilangkan. Langkah terbaik yang dapat kita lakukan adalah mengurangi risiko dengan cara-cara preventif di atas.

 

 [Baca Juga: Apakah Bijak Liburan dengan Utang?]

 

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda mempersiapkan rumah, agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik dan liburan. Selamat berlibur untuk teman-teman pembaca, semoga liburan teman-teman dapat menyenangkan.

 

Sudahkah Anda memastikan rumah Anda aman saat ditinggal mudik atau liburan ?

 

 

Sumber Gambar:

  • cctv – http://goo.gl/soQHwO

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang