Kabar tewasnya Andi Ramdani, seorang bocah 11 tahun yang tewas digigit ular weling sempat buat warganet gempar. Lalu bagaimana cara penanganan yang benar?

Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tewas Digigit Ular

Seorang bocah berusia 11 tahun, Andi Ramdani harus meregang nyawanya setelah dipatok oleh seekor ular weling di Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/01).

Dilansir dari laman Liputan6.com, Andi Ramdani diketahui digigit ular hasil tangkapannya yang kemudian sempat dia pelihara di dalam akuarium kering.

Kronologinya berawal dari hari Selasa, ketika Andi menemukan seekor ular di belakang rumahnya.

“Jadi dia nangkap ular pada Selasa (21/01) itu. Ularnya itu ada di belakang rumahnya,yang tak jauh dari sana ada sawah kering.” Kata Didin Dikayuana, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Ujung Berung, yang dikutip dari laman liputan6.com, Kamis (23/01).

 

Menurut pengakuan temannya, Andi diberitahu bahwa ular tersebut akan laku Rp500 ribu jika dijual.

“Kemudian besoknya atau Rabu (22/01), dia mau menunjukkan ke teman-temannya kalau dia punya ular. Waktu itu sekitar jam 9 pagi. Temannya yang lain bilang kalau itu suka gigit. Tapi anak itu (Andi) bilangnya bisa ular sudah dibuang.” Lanjut Didin.

 

Tidak lama ketika ular sedang dipamerkan ke teman-temannya, jari Andi terpatok ular itu. Setelah itu, sekitar pukul 11.00 WIB, Andi pulang ke rumah dan mendapati tidak ada siapapun di rumah karena orangtuanya sedang mengikuti kegiatan rapat di kantor kelurahan.

Segera Lakukan 6 Langkah Ini Jika Anda Tergigit Ular Weling 02 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Utama Kamu Harus Punya Asuransi Kesehatan Sedini Mungkin]

 

Setelah Ibunya pulang, Andi lantas mengadu, lalu jarinya yang terluka ditaburi garam oleh Ibunya. Tidak lama setelah itu, Andi semakin meraung kesakitan. Dia bahkan sempat mencakar lantai rumah.

Mendapati anaknya yang semakin kesakitan, orangtuanya lantas melarikan anaknya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung. Tapi sayang, bocah itu harus meregang nyawa di perjalanan menuju RSUD.

 

Apa itu Ular Weling?

Amir Hamidy, Ahli Herpetologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, ular weling (Bungarus candidus) adalah ular yang memiliki jenis bisa tinggi bernama neurotoksin. Bisa ini dapat menyebar dalam hitungan detik dan menyerang sistem syaraf pernapasan sehingga menyebabkan gagal nafas.

Bungarus candidus itu ular yang memang sangat berbisa tinggi. Jenis ini memiliki bisa neurotoksi, kegigitnya tidak sakit tapi efeknya sangat besar.” Ucap Amir seperti dikutip dari laman cnnindonesia.com, Kamis (23/01).

 

Ular weling banyak menyebar di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, ular ini banyak tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi.

Dilansir melalui laman Liputan6.com, ular weling banyak hidup di hutan-hutan dataran rendah yang lembab atau kering, hutan pegunungan, hutan mangrove, semak belukar, perkebunan, lahan pertanian, dan di sekitar pemukinan.

 

Ular jenis ini juga banyak ditemukan di sawah dan tempat-tempat yang dekat dengan air.

Segera Lakukan 6 Langkah Ini Jika Anda Tergigit Ular Weling 03 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Premi Murah dan Klaim cepat, Apa Saja Kriteria Pilih Asuransi Kesehatan?]

 

Karakteristik fisik dari ular weling adalah tubuhnya ramping dan memiliki ukuran panjang sekira 100-155 cm. Struktur warna tubuh ular weling adalah belang hitam-putih, namun pada bagian perut bawahnya berwarna putih. Selain itu, ekornya juga berbentuk lancip.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan atau bengkak di sekitar luka gigitan, namun bisanya bisa menimbulkan kematian.

Dilansir dari laman Liputan6.com, saat masuk ke tubuh mangsanya, akan muncul berbagai gejala seperti gejala keracunan di antaranya, kelopak mata yang memberat, kesulitan menelan, kesulitan bernafas, hingga kegagalan kerja jantung.

Bukan hanya itu, bisa ular weling juga bisa membuat kerusakan otak besar dan membuat korban tidak bisa bicara dan mengalami kelumpuhan.

Gigitan ular weling bisa biasanya mulai berefek 5 hingga 20 jam setelah gigitan. Oleh karena itu, sebenarnya masih ada waktu sekitar lima jam untuk melakukan pertolongan pertama setelah tergigit ular jenis ini.

 

6 Langkah Pertolongan Jika Tergigit Ular Weling

Jika sudah terlanjur tergigit, cepat lakukan langkah ini sebagai pertolongan pertama. Mengutip laman Liputan6.com, begini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika tergigit ular weling.

 

#1 Tetaplah bersikap tenang dan jangan panik setelah tergigit ular

Jangan pernah panik setelah tergigit ular. Sebisa mungkin tenangkan diri Anda dengan mengatur pernafasan dan tidak banyak bergerak. Anda masih punya waktu lima jam sebelum efek bisanya benar-benar menyebar.

 

#2 Jangan banyak bergerak

Untuk Anda, diharapkan untuk tidak banyak bergerak. Pastikan untuk memosisikan bagian yang tergigit lebih rendah dari posisi tubuh lainnya. Jangan lupa juga untuk pastikan bagian yang terkena gigitan untuk tidak banyak bergerak, misalnya dihimpit menggunakan kayu atau kardus seperti penanganan pada orang patah tulang.

Segera Lakukan 6 Langkah Ini Jika Anda Tergigit Ular Weling 04 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Jenis-jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu]

 

#3 Bersihkan bagian yang tergigit dengan tangan

Jangan bilas luka Anda dengan air. Gunakan tangan untuk bersihkan luka gigitan. Pastikan untuk menutup bagian yang tergigit dengan kain kering yang bersih.

 

#4 Lepas seluruh aksesoris di bagian tubuh yang terluka

Untuk menghindari infeksi, lepas aksesoris seperti cincin, gelang, atau jam tangan agar tidak semakin membengkak.

 

#5 Longgarkan pakaian

Agar sirkulasi pernafasan tidak terganggu, segera longgarkan pakaian yang Anda gunakan.

 

#6 Segera Cari Pertolongan Medis

Setelah melakukan pertolongan pertama, dianjurkan untuk segera menghubungi pertolongan medis. Jangan lupa juga untuk mengecek Rumah Sakit mana yang menyediakan Serum Anti Bisa Ular (SABU) agar bisa yang belum menyebar bisa dimatikan.

 

Sejatinya, ular adalah binatang melata yang cukup ganas. Seringan apapun kekuatan bisanya, akan selalu menimbulkan efek samping. Jika Anda menemukan ular, jangan pernah menyentuhnya langsung dengan tangan. Gunakan media lain seperti kayu panjang atau alat bantu lainnya.

 

Lihat video “Kenapa Saya Butuh Asuransi?” pada video YouTube berikut ini:

 

Apakah informasi ini berguna untuk Anda? Jangan lupa untuk sebarkan informasi ini pada rekan-rekan Anda agar tidak banyak lagi korban berjatuhan karena bisa ular.

 

Referensi Sumber:

  • Admin. 23 Januari 2020. Bocah Tewas Usai Pamer Ular Weling, Ini Pelajaran Penting bagi Kita. Sains.kompas.com – http://bit.ly/3awR0vI
  • Admin. 23 Januari 2020. Ahli Herpetologi Sebut Bisa Ular Weling dan Welang Nomor Dua Setelah Kobra. Oketimes.com – http://bit.ly/36qBRZv
  • Huyogo Simbolon. 23 Januari 2020. Bermaksud Pamer, Bocah di Bandung Tewas Digigit Ular Weling. Liputan6.com – http://bit.ly/3aGnnYO
  • Husnul Abdi. 23 Januari 2020. Bahaya Ular Weling dan Cara Menanganinya, Jangan Gegabah. Liputan6.com – http://bit.ly/37luHHm
  • Admin. 24 Januari 2020. Camat Sebut Ular Weling di Bandung Ditemukan Korban di Sawah. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2tO4F0R
  • Admin. 23 Januari 2020. Mengenal Bahaya Ular Weling yang Tewaskan Bocah di Bandung. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/30Whrqs

 

Sumber Gambar:

  • Ular Weling – https://bit.ly/30RmmbT
  • Ular Weling 01 – https://bit.ly/36oy27j
  • Ular Weling 02 – https://bit.ly/2Rmamfo
  • Ular Weling 03 – https://bit.ly/38BaZrn