Miliki nilai valuasi hingga US$1 miliar, CEO BukaLapak Achmad Zaky ungkapkan jika e-commerce besutannya ini mendapatkan ronde pendanaan baru dari investor asing.

Pendanaan ini membawa BukaLapak resmi jadi Unicorn. Kali ini Finansialku akan membahas kesuksesan BukaLapak menjadi startup Unicorn.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

BukaLapak Catatkan Valuasi Hingga US$1 Miliar

Menyusul Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia, BukaLapak resmi menyandang status sebagai startup unicorn. CEO Bukalapak Achmad Zaky mengungkapkan bahwa pihaknya mendapatkan ronde pendanaan baru dari investor yang tidak disebutkan jumlahnya.

Walaupun kabar ini belum secara konkrit diumumkan BukaLapak, namun jika mengacu pada jumlah valuasi yang diungkapkan oleh CEO yang berusia 31 tahun ini, secara otomatis menjadikan BukaLapak sebagai startup ke empat yang berhasil menjadi startup unicorn di Indonesia.

Resmi Jadi Unicorn BukaLapak Catatkan Valuasi hingga USD 1 Miliar 03_ Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com]

 

Dikutip dari tempo.co, Kamis, (16/11/17), Zaky mengungkapkan:

“…itu (dananya) dari investasi, tapi saya belum bisa share siapa (investornya). Pokoknya sudah one billion.”

 

Kabar ini diungkapkan Zaky saat menghadiri acara diskusi Digital Economic Briefing 2017, yang digelar Tempo Media Group di gedung Indosat Ooredoo Pusat hari Kamis, 16 November 2017 kemarin.

Kendati demikian, BukaLapak akan tetap menjaga kelokalan dalam bisnis yang sudah dirintis oleh pria kelahiran Sragen sejak tujuh tahun yang lalu. Bahkan, secara struktural kepemilikan ia menjamin BukaLapak tidak akan jatuh ke tangan asing.

Zaky beranggapan kontrol perusahaan harus tetap dipegang oleh lokal. Dari data kuartal ke tiga 2017, pemilik terbesar BukaLapak adalah konglomerasi media Emtek. Bersama Emtek, Bukalapak masih memiliki kepemilikan saham mayoritas sebesar 60-70 persen.

Ronde pendanaan terbaru ini akan digunakan Bukalapak untuk melakukan ekspansi tim dengan merekrut talenta-talenta berbakat di bidang teknologi informasi. Bagi Zaky, talenta berbakat merupakan kunci kesuksesan setiap startup.

 

Resep Sukses BukaLapak Jadi Startup Unicorn

Zaky menceritakan bagaimana rahasianya hingga berhasil membawa BukaLapak menjadi startup unicorn, dilansir detik.com (16/11/17):

“…Kuncinya ada di talent. Basis industri teknologi itu mereka, karena kita tidak punya aset walaupun valuasi kami triliunan sekali pun.” 

 

Sang CEO meyakini bahwa sumber daya manusialah yang menjadi bahan baku terpenting dari perusahaan teknologi. Hal ini juga yang berlaku di perusahaan besar seperti Google, Facebook, Amazon, dan Apple.

Dia mengajak para pendiri startup, terutama yang masih baru, untuk terus berusaha dan lebih berpikir panjang dalam menjalankan perusahaan rintisan. Zaky menekankan agar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, terlebih dalam mencari pembiayaan melalui investasi.

“Saya bukannya anti asing, tapi kita harus memanfaatkan dana asing supaya kita bisa take the control, lead company. Kita memang butuh dana, tapi jangan banyak-banyak, atau bahkan sampai dipaksa jual dan merelakan ownership.”

 

Resmi Jadi Unicorn BukaLapak Catatkan Valuasi hingga USD 1 Miliar 01_ Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! BukaLapak Rilis Buka Emas, Tawarkan Investasi Emas Online]

 

Mengalami kegagalan dan beberapa kali defisit dalam membangun perusahaan startup merupakan hal yang lazim. BukaLapak pun merasakan hal yang sama, mengalami kerugian bahkan hingga triliunan.

“Awal-awal dulu, perusahaan-perusahaan teknologi itu pasti rugi, triliunan bahkan. Tapi, semua defisit, atau burn istilahnya, karena sebuah pilihan. Kita harus burn untuk growth. Kalo kita tidak growth, pasti kalah sama kompetisi. Karena para investor melihat potensi growth dari startup.”

 

Akan ada masanya bagi sebuah startup untuk bisa meraup keuntungan, yaitu ketika perusahaan rintisan tersebut sudah memiliki skala yang cukup besar untuk masuk dan bersaing di pasar.

Dan sekarang BukaLapak sudah mampu untuk mengambil keuntungan.

“Kita sudah profitable, mungkin dengan cara untuk menghentikan iklan di televisi. Karena budget marketing memang yang paling besar.”

 

Sahabat, menurut Anda startup apa lagi yang tidak lama lagi bakal menyandang status unicorn? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Caesar Akbar. 16 November 2017. Bos Bukalapak Minta Pemerintah Sabar Dulu Tarik Pajak E-Commerce. Tempo.co – https://goo.gl/Bnzjts
  • Muhamad Imron Rosyadi. 16 November 2017. Bos BukaLapak Beberkan Resep Sukses Jadi Unicorn. Detik.com – https://goo.gl/4K26Et

 

Sumber Gambar:

  • BukaLapak – https://goo.gl/cBBZfi
  • Achmad Zaky – https://goo.gl/FAWAks dan https://goo.gl/ZseHzs

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang