Hai para calon Eagles! Kamu pasti sudah tahu kalau Agnes Monica dan dokter Reisa dari ‘Dr OZ Indonesia’ itu alumni Universitas Pelita Harapan.

Yuk simak fakta-fakta seputar UPH lainnya di bawah ini supaya kamu makin yakin memutuskan pilihanmu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Universitas Pelita Harapan: Bergengsi Milik Konglomerat Tanah Air

UPH didirikan pada tahun 1994 oleh James Riady, putra dari pendiri sekaligus presiden komisaris Lippo Group, Mochtar Riady.

Lippo Group adalah sebuah grup yang memiliki lebih dari 50 anak perusahaan yang tidak hanya beroperasi di Indonesia, tetapi juga di Hong Kong, Shanghai, dan beberapa kawasan Asia Pasifik lainnya.

Dalam ibadah ucapan syukur Dies Natalis UPH ke-20, James mengungkapkan bahwa pendirian UPH berawal dari pertemuan para pengusaha Kristen asal Indonesia yang digagas oleh Johannes Oentoro.

Atas kegigihan Johannes, James akhirnya menangkap adanya kebutuhan Indonesia untuk memiliki sekolah dan perguruan tinggi Kristen yang benar-benar berkualitas.

Berniat Kuliah di Universitas Pelita Harapan Simak Profil dan Biayanya Dulu Yuk 02

[Baca Juga: Pahami Alur Pendaftaran Kuliah SNMPTN 2020 Pake KIP Kuliah]

 

James menambahkan, pembangunan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan dengan sekolah dan universitas di dalamnya, semata untuk menceritakan Kisah Tuhan. Dia berharap generasi mendatang mendapatkan didikan tentang takut akan Tuhan.

Kamu juga perlu merencanakan keuangan dengan baik agar ketika berkuliah nanti tidak kelabakan. Kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS. Selamat membaca!

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Lokasi dan Program Studi di Universitas Pelita Harapan

Banyak orang mengira UPH hanya ada di Lippo Karawaci. Padahal selain di Tangerang, ada juga kampus UPH di kota Surabaya dan kota Medan.

Kampus Lippo Karawaci sebagai kampus utama UPH menyelenggarakan  seluruh program Sarjana, Magister dan Doktoral yang tersedia di UPH.

Program-program studi tersebut mencakup bidang integrasi bisnis, industri pariwisata, pendidikan dan sosial, bangunan dan lingkungan fisik, perencanaan kota, teknologi solusi, ilmu kesehatan, serta industri kreatif.

Berniat Kuliah di Universitas Pelita Harapan Simak Profil dan Biayanya Dulu Yuk 03

[Baca Juga: 8 Langkah Memilih Karier yang Sesuai Dengan Anda]

 

Di kampus ini, kamu bisa menemukan beragam sarana olahraga yang berkualitas, di antaranya gymnasium, kolam renang internasional dan privat, billiard, lapangan basket, futsal, voli, bulu tangkis, bahkan sepak bola.

Kamu juga akan menemukan laboratorium privat (Microsoft, IBM, Oracle, CISCO, dan SAS), studio music dan 3D printing, juga museum, perpustakaan tiga lantai, serta auditorium berkapasitas lebih dari 2000 orang.

UPH juga menyediakan fasilitas asrama, student lounge, dan klinik Siloam serta beragam fasilitas lain guna menunjang kebutuhan dan keinginan peserta didik dan tenaga ahlinya.

Berniat Kuliah di Universitas Pelita Harapan Simak Profil dan Biayanya Dulu Yuk 04

[Baca Juga: Kado Si Kecil, Ini Rekomendasi Pembukaan Tabungan Pendidikan!]

 

Berbeda dengan UPH Karawaci, Kampus Surabaya hanya menyelenggarakan program Sarjana dengan disiplin ilmu Manajemen, Akuntansi, Hukum, dan Pengelolaan Hotel, serta program Magister Manajemen dan Magister Hukum.

Di samping itu, kampus Medan hanya menyelenggarakan program Sarjana dengan disiplin ilmu Manajemen, Akuntansi, Hukum, dan Teknik Informatika.

Rektor UPH saat ini merupakan Presiden, CEO, dan Ketua Indosat, yaitu Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc. Beliau telah menjabat sebagai Presiden dan Rektor UPH sejak 2006 silam.

 

Tenaga Pendidik dan Mitra Unggul

Selain sarana yang lengkap dan berkualitas, UPH juga memiliki tenaga pendidik yang unggul. Mereka adalah para alumni universitas ternama, baik lokal maupun internasional, yang tidak sedikit telah meraih gelar pascasarjana dengan beasiswa.

Banyak di antaranya juga yang sudah memiliki pengalaman profesional di luar pendidikan, seperti bekerja di IBM dan Janko Rasic Architects.

Selain itu, UPH telah bekerja sama dengan beberapa universitas terbaik di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara dalam bidang akademik seperti National University of Singapore, Seoul National University of Science and Technology, dan University of Leeds.

Selain itu, UPH bermitra dengan 34 perusahaan, baik nasional maupun internasional, dalam hal pengembangan karier dan komersial. Beberapa yang terbesar di antaranya adalah Manulife, PwC, dan BCA.

 

Alumni Mentereng

Banyak alumni UPH yang berkarier pada industri hiburan, di antaranya Agnes Monica, Astrid Ellena (Miss Indonesia 2011), Ben Kasyafani, Cantika Abigail Santoso, Dimas Anggara, Saykoji, Vidi Aldiano, Mikha Tambayong, dan dokter Reisa Kartikasari (juga Runner Up I Puteri Indonesia 2010).

Selain itu, tidak sedikit pula lulusan UPH yang berkarier di perusahaan multinasional seperti Ernst & Young, PwC, Baker McKenzie, Christian Teo and Partners, Allen & Overy Singapore, dan Facebook.

Banyak pula yang meniti karier di dunia keuangan global, seperti MUFG, juga organisasi nonprofit profesional seperti Persatuan Aktuaris Indonesia dan KADIN.

Tak cukup sampai di situ, banyak pula yang akhirnya mengabdi pada negara sebagai pegawai BUMN atau PNS seperti Perum DAMRI dan Mahkamah Agung.

Lebih keren lagi, banyak lulusan UPH yang menjadi bagian dari usaha bonafide, seperti GO-JEK, PT Citra Van Titipan Kilat (TiKi), Bridestory, dan Artisan Professionnel.

Berniat Kuliah di Universitas Pelita Harapan Simak Profil dan Biayanya Dulu Yuk 05

[Baca Juga: Kisah Sukses Prajogo Pangestu, Sopir Angkot yang Menjadi Bos Barito Pacific (BRPT)]

 

Bahkan lulusan UPH bisa berkarier di Silicon Valley seperti Bapak Hery Susanto Djie, alumni UPH Angkatan 1995.

Kalau kamu memiliki minat tinggi terhadap dunia aktuaria, kamu bisa coba telusuri program studi Matematika Aktuaria UPH sebab banyak lulusannya yang berhasil mencapai posisi tinggi dengan job title aktuaris.

 

Harga Tidak Mengkhianati Kualitas

Dengan segala fasilitas dan kesempatan yang tersedia, tentu saja UPH menawarkan biaya kuliah yang tergolong tidak murah.

Rata-rata biaya kuliah UPH per semester diilustrasikan dalam tabel di bawah ini.

Jurusan Semester Genap/Ganjil Semester Pendek
Other Majors Rp16-20 Juta Rp6-10 Juta
Medicine Rp38-46 Juta
International Rp17-23 Juta Rp7-8 Juta
Online Learning Rp4-8 Juta Rp2-7 Juta
Pharmacy Rp6-9 Juta Rp2-4 Juta

 

Dilansir dari biayakuliah.net, biaya kuliah UPH hingga lulus untuk mahasiswa yang masuk pada Tahun Akademik 2021/2022 meningkat rata-rata sebesar 10% dibandingkan dengan biaya untuk mahasiswa Tahun Akademik 2020/2021.

Jangan lupa rencanakan biaya pendidikan kamu dengan aplikasi Finansialku yang bisa kamu download di Google Play dan App Store.

 

Silakan bagikan artikel ini supaya teman atau saudara kamu bisa mengetahui profil UPH juga. Kalau kamu memiliki pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2020. Universitas Pelita Harapan. Official website – http://bit.ly/2SMcyg2
  • Admin. 28 Desember 2018. Biaya Kuliah UPH Jakarta 2019/2020. Mamikos – http://bit.ly/2SmxwCT
  • Admin. 2020. Biaya Kuliah UPH 2019. BiayaKuliah.net – http://bit.ly/2tRAk1t

 

Sumber Gambar:

  • UPH 01 – https://bit.ly/2IeK2Ph
  • UPH 02 – https://bit.ly/3ctQcbW
  • UPH 03 – https://bit.ly/2PJRHJh
  • UPH 04 – https://bit.ly/2TCCc7h
  • UPH 05 – https://bit.ly/2Tk76T2