facebook_pixel

Untung Ruginya menggunakan Mewariskan Emas Batangan

Apa saja yang harus dipertimbangkan untuk mewariskan emas batangan?Ada banyak pilihan alat waris, salah satunya adalah emas. Mari kita bahas keuntungan dan kerugian menggunakan emas sebagai alat waris.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Saja Untung Ruginya Mewariskan Emas Batangan?

Ada beragam cara untuk memberikan warisan pada keturunan Anda. Bisa dengan uang tunai, deposito, sertifikat tanah, atau barang-barang berharga seperti emas. Ada beberapa jenis emas yang bisa ditemukan di pasar yaitu emas perhiasan, emas batang bahkan emas cukim. Jenis emas untuk warisan yang dibahas hari ini adalah emas batangan.

untung-ruginya-menggunakan-mewariskan-emas-batangan-1-finansialku

[ Baca Juga : Apa Untung Ruginya dan Apa Saja Jenis Investasi Emas?]

 

Emas batangan adalah barang berharga yang biasanya hanya disimpan sebagai aset. Berbeda dengan emas perhiasan yang biasanya digunakan seperti kalung, anting, gelang dan cincin. Setiap emas batangan memiliki sertifikat tersendiri yang menyatakan keaslian emas tersebut. Karena nilainya yang tinggi, emas batangan sering kali digunakan sebagai warisan. Tentunya ada kekurangan dan kelebihan menggunakan emas sebagai alat waris. Jika Anda sedang mempertimbangkan emas batangan sebagai alat waris Anda kelak, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut.

 

Mari kita bahas satu per satu keuntungan dan kerugian menggunakan emas batangan sebagai alat waris.

 

Keuntungan menggunakan Emas Batangan sebagai Warisan

Berikut adalah keuntungan menggunakan emas batangan sebagai alat waris yang dapat menjadi pertimbangan Anda :

#1 Mudah Dipindahtangankan

Setiap emas batangan yang diakui keasliannya memiliki sertifikat. Di dalam sertifikat tersebut tidak dicantumkan nama pemilik. Berbeda dengan sertifikat tanah atau kendaraan yang harus menggunakan nama pemilik. Dengan begitu emas batangan bisa dipindahtangankan ke siapa saja dan kapan saja.

Jika Anda mewariskan deposito, pewaris akan butuh waktu panjang untuk mencairkannya. Ada berbagai tahapan verifikasi yang perlu dilakukan. Pewaris harus mendapatkan surat keterangan dari kelurahan setempat kemudian diberikan kepada bank. Setelah itu bank masih harus memverifikasi kebenaran surat tersebut kepada kelurahan yang menerbitkan surat. Jika proses verifikasi disetujui, barulah bank dapat memproses pencairan deposito untuk diberikan pada pewaris. Proses verifikasi ini bukanlah proses yang singkat sehingga akan lebih menyulitkan bagi pewaris dibandingkan jika Anda mewariskan emas batangan.

 

#2 Likuid

Emas batangan adalah alat investasi dengan tingkat likuiditas yang tinggi. Artinya, emas batangan sangat mudah dijual. Jika pada suat keadaan pewaris membutuhkan uang dengan cepat, akan sangat mudah menjual emas batangan. Berbeda dengan menjual bangunan atau tanah. Banyak faktor yang akan menjadi pertimbangan untuk seseorang memutuskan membeli bangunan atau tanah. Sedangkan untuk emas batangan, sudah ada standar yang jelas sehingga semua emas batangan sama saja dan demand pasarnya relatif tinggi.

 7-alasan-anda-perlu-pertimbangkan-menabung-emas-dan-berinvestasi-emas-finansialku

[Baca Juga : 7 Alasan Anda Perlu Menabung Emas dan Berinvestasi Emas]

 

#3 Tidak Ada Biaya Balik Nama

Karena tidak dibubuhkan nama pemilik di sertifikat emas batangan, maka pewaris tidak perlu membalik nama sertifikat. Jika Anda mewariskan tanah, pewaris harus membalik nama sertifikat tanah tersebut terlebih dahulu dengan biaya yang cukup mahal. Jika tidak dibalik nama maka pewaris tidak dapat menjual tanah yang Anda wariskan. Jangan salah, biaya balik nama sertifikat tanah bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Mewariskan emas akan menghindarkan pewaris Anda dari biaya balik nama yang mahal tersebut.

 

Kerugian menggunakan Emas Batangan sebagai Warisan

Itu tadi keuntungan menggunakan emas batangan sebagai warisan. Sekarang bagaimana dengan kerugiannya? Berikut adalah kerugian menggunakan emas batangan sebagai alat waris :

#1 Keuntungan Penjualan Masuk dalam Objek Pajak Non Final

Berdasarkan Undang-Undang Pajak Penghasilan, warisan tidak termasuk sebagai objek pajak. Jika seorang ayah mewariskan emas batangan kepada anaknya maka anak tersebut tidak perlu membayar pajak apapun karena menerima warisan tersebut. Tetapi jika anak tersebut menjual emas batangan yang dimilikinya maka hasil penjualan warisan tetap menambah kekayaannya. Oleh karena itu penghasilan tambahannya akan tetap dikenakan pajak.

Pilih Mana Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Apakah Benar Ada Pajak Penjualan Emas Sebesar PPH Final 0,45% ?]

 

Hasil dari penjualan emas batangan dikenakan pajak non final. Penjualan itu dianggap sebagai penghasilan lain-lain yang harus dilaporkan dalam SPT wajib pajak sehingga dikenakan pajak penghasilan normal. Pajak penghasilan menganut sistem progresif. Maka jika hasil penjualan emas batangan jumlahnya sangat besar maka akan terkena pajak yang semakin besar pula. Lain halnya jika Anda mewariskan tanah pada anak Anda. Hasil penjualan tanah hanya akan dikenakan pajak final yaitu PPHTB (Pajak Penghasilan atas Perolehan atau Penjualan Tanah dan atau Bangunan).

 

#2 Sulit Disimpan

Menyimpan emas batangan bukanlah hal yang mudah. Tidak ada nama pemilik di dalam sertifikat emas batangan, sehingga siapa saja bisa mengambil atau mencuri emas batangan tersebut. Anda tidak mungkin menyimpan emas batangan di bawah kasur dan menanggung risiko kehilangan yang sangat besar. Maka dari itu perlu pengamanan ekstra untuk menyimpan emas batangan. Anda perlu menyimpan emas batangan tersebut di safety box tertentu atau jika ingin lebih aman gunakan fasilitas deposit box yang disediakan bank. Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan serta tidak mudah untuk mengambilnya.

 

#3 Harganya Tidak fluktuatif

Pergerakan harga emas berbeda dengan harga tanah yang semakin lama semakin mahal. Harga tanah bisa berlipat-lipat ganda dalam beberapa tahun saja, sementara harga emas tidak. Anggapan bahwa harga emas tidak akan turun memang relatif benar. Tetapi kenyataannya harga emas tidak meningkat, melainkan hanya mengikuti angka inflasi saja. Harga emas batangan relatif stabil terhadap inflasi sehingga nilainya tidak pernah turun tetapi sangat jarang meningkat. Grafik pergerakan harga emas relatif stabil jika dibandingkan dengan pergerakan harga tanah atau aset lain seperti saham.  

Jangan lupa gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda menghitung keuntungan investasi emas (Contoh : perhitungan investasi emas dengan Aplikasi Finansialku). 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Perhitungkan Setiap Risiko dan Biaya Saat Mewariskan Emas Batangan

Masing-masing alat waris memiliki risikonya sendiri. Jika Anda berencana menggunakan emas batangan sebagai alat waris, penting untuk memahami setiap keuntungan dan kerugiannya. Ada baiknya menganalisa setiap perkembangan peraturan serta harga emas batangan agar pertimbangan Anda semakin matang.

 

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat merencanakan waris atau menerima warisan? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar :

  • Gold Investent – https://goo.gl/42Pypo dan https://goo.gl/qIabtg

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-06-07T08:24:35+00:00 December 14th, 2016|Categories: Emas, Investasi, Waris|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment