Kata siapa usaha di desa bukanlah usaha yang menjanjikan? Jenis Usaha ini juga bisa raup untung banyak, lho!

Buat kamu yang berpikir bahwa usaha di desa kurang berkembang, rasanya kamu salah.

Jika kamu pintar dalam membaca peluang pasar dan dapat memilih jenis usaha yang tepat, maka di manapun usahamu berada tetap akan mendatangkan laba yang tidak sedikit.

Penasaran usaha seperti apakah itu? Simak artikel selengkapnya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Tips Sebelum Memulai Usaha di Desa

Untuk memulai sebuah usaha, pastikan kamu memahami bagaimana caranya supaya usaha yang kamu rintis nantinya akan berjalan dengan baik. Usaha yang berhasil adalah usaha yang telah dipersiapkan dengan matang. Maka dari itu, ikuti beberapa langkah persiapannya.

Pertama, kamu harus melakukan survei peluang di mana kamu mencari tahu apa saja kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi karena belum ada di sekitar desa.

Semakin langka sebuah produk atau jasa dan besar kebutuhan masyarakat akan hal tersebut, maka semakin tinggi prospek usaha yang kamu bangun.

Setelah kamu menemukan prospek yang tepat, ketahui minat dan bakat yang kamu miliki. Karena jika kamu sudah menyukai usaha yang kamu jalani dan sesuai dengan kemampuanmu, maka kamu akan nyaman dalam mengerjakannya.

Terakhir, belajarlah dari orang yang ahli dan modifikasi ide usahanya. Hal ini biasa disebut dengan istilah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

 

Jenis Usaha di Desa dengan Potensi Untung Banyak

Nah, setelah kamu mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, kamu juga perlu mengetahui jenis usaha apa saja yang berpotensi mendatangkan untung banyak jika dilakukan di desa.

Berikut beberapa jenis usaha yang dapat kamu pilih.

 

#1 Pom Bensin Mini

Penggunaan kendaraan bermotor kian hari kian meningkat. Dengan demikian, bahan bakar mesin seperti bensin pun menjadi sebuah kebutuhan.

Amati terlebih dahulu apakah desa tempat kamu akan membangun usaha sudah mulai berkembang dan menggunakan banyak kendaraan bermotor?

Jika ya, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuka pom bensin mini. Karena biasanya, pom bensin di wilayah pedesaan belum terlalu banyak.

Tentukan lokasi yang tepat di mana sekiranya kendaraan bermotor sering berlalu lalang. Ingat, pemilihan tempat yang strategis merupakan salah satu penentu keberhasilan usaha.

Tinggal Jauh Dari Kota Ini Jenis Usaha di Desa yang Raup Banyak Untung 01 - Finansialku

[Baca Juga: 25 Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil (2020)]

 

#2 Rental Playstation

Keberadaan video game untuk anak-anak di wilayah pedesaan akan lebih minim dibandingkan dengan di kota-kota besar. Sehingga usaha seperti rental playstation akan lebih diminati di sana.

Jika kamu mau membuka usaha playstation, pastikan bahwa kamu tetap menjaga hubungan baik dengan masyarakat desa sekitar. Jangan sampai rentalmu malah membuat setiap anak menjadi bolos sekolah.

Tetapkan jam buka dan jam tutup yang tepat sehingga tidak mengganggu kegiatan anak. Selain itu, kamu juga harus mengetahui modal awal sebelum menentukan harga rental setiap jamnya.

Usaha jasa seperti ini memang membutuhkan waktu hingga akhirnya balik modal. Tapi tenang, kamu hanya perlu mengeluarkan modal yang cukup besar di awal.

Selanjutnya, kamu hanya perlu merawat peralatan game agar tahan lama sehingga biaya maintenance dapat diminimalisasi.

 

#3 Warung Serba Ada

Berbeda dengan toko kelontong biasa, warung serba ada juga menyediakan barang-barang lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tak hanya barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari namun juga barang-barang lainnya.

Mulai dari jajanan pasar seperti kue basah untuk sarapan, kedai kopi kecil atau kedai jus, bahan-bahan memasak seperti tepung dan telur, hingga pulsa, dan sebagainya.

Singkatnya, apapun yang masyarakat butuhkan ada di warung serba ada.

Semakin lengkap barang daganganmu, maka masyarakat akan semakin mencarimu. Mereka tak perlu repot mencari warung lain untuk berbelanja jika semua sudah kamu sediakan. Menjanjikan, bukan?

Tinggal Jauh Dari Kota Ini Jenis Usaha di Desa yang Raup Banyak Untung 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua]

 

#4 Ternak Kroto

Untuk kamu yang hobi beternak, kroto merupakan salah satu hewan yang menjanjikan. Apa sih kroto itu? Kroto merupakan semut rangrang yang bisa kamu budidayakan.

Telurnya dapat kamu jual sebagai makanan ikan atau burung. Nah, harga telur kroto per kilonya bisa menjadi sangat mahal karena keberadaannya yang sudah mulai langka sementara kebutuhannya masih sangat tinggi.

Untuk beternak kroto pun cukup mudah. Biasanya kamu hanya perlu membuat rak lalu menyediakan toples untuk tempat kroto bertelur.

Ternak kroto membutuhkan waktu 15-20 hari hingga panen, bergantung pada cara perawatan yang kamu lakukan. Rata-rata satu toples bisa menampung 1 hingga 2 ons kroto.

Untuk harganya, telur kroto bisa dihargai dengan kisaran Rp 150 ribu per kilo. Lumayan banget, kan?

 

 

#5 Jual Pulsa dan Token Listrik

Tak hanya di kota-kota besar, jaringan seluler kini juga telah berkembang hingga ke desa-desa. Akses internet pun turut menjadi kebutuhan segala kalangan.

Dengan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa kini pulsa menjadi salah satu keperluan utama masyarakat secara keseluruhan.

Selain modal yang tergolong rendah, usaha pulsa juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan handphone. Bahkan handphone yang belum masuk dalam kategori smartphone juga dapat kamu gunakan, lho.

Namun ada plus minus-nya dari segi kemudahan transaksi, ya. Tak hanya pulsa, kamu juga bisa berjualan token listrik maupun voucher game!

Jika kamu tertarik untuk melakukan usaha ini, usahakan setiap customer melakukan pembayaran cash agar laporan keuangan usahamu sehat karena usaha berjualan pulsa berpotensi dengan sistem bayar belakangan.

 

#6 Pangkas Rambut/Salon

Siapa sih yang tidak butuh ke salon? Rambut yang semakin panjang dan sudah tidak rapi tentunya akan mengganggu penampilan sehingga orang akan datang ke salon untuk memangkasnya.

Apabila kamu memiliki keahlian dalam memangkas rambut, maka usaha salon dapat mendatangkan untung yang besar, lho.

Hanya bermodalkan keahlian dengan peralatan sederhana seperti gunting dan tempat untuk mencuci rambut, kamu sudah dapat menjalankan usaha yang satu ini.

Memang benar bahwa tarif pangkas rambut di desa tidaklah semahal tarif pangkas rambut di kota-kota besar. Namun bayangkan jika dalam satu hari kamu dapat memangkas 10 orang atau lebih, maka untungnya tetap besar!

Pastikan saja bahwa pelayanan yang kamu berikan merupakan pelayanan yang maksimal sehingga orang yang datang merasa puas dan menjadi pelanggan setia untuk ke depannya.

Ingat, lebih mudah mencari pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan lama. Jadi, selalu mengedepankan kualitas dan pelayanan adalah kunci keberhasilan usaha.

Tinggal Jauh Dari Kota Ini Jenis Usaha di Desa yang Raup Banyak Untung 03 - Finansialku

[Baca Juga: Berhasil! Ternyata Ini Dia Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah Dengan Modal Minimal]

 

#7 Budidaya Ikan

Cobalah lakukan riset, apakah di desa tempat kamu akan membuka usaha sedang minim pemasok ikan untuk kebutuhan pedagang pasar?

Jika ya dan kamu memiliki modal yang cukup banyak, budidaya ikan menjadi pilihan bisnis yang menggiurkan.

Langkah terpenting ketika ingin memulai budidaya ikan adalah mencari kemampuan pasar terlebih dahulu. Carilah dimana agen dan distributor ikan berada lalu pahami kekuatan pasar dan harga dari masing-masing jenis ikan.

Dengan data tersebut, kamu dapat menghitung apakah budidaya ikan cocok untuk dijalankan. Adapun jenis ikan yang bisa kamu budidayakan adalah golongan ikan untuk dikonsumsi seperti ikan nila, lele, belut, gurame, dan lain-lain.

Pilihlah jenis ikan untuk dikonsumsi dibandingkan dengan jenis ikan hias. Walaupun harga ikan hias jauh lebih tinggi, namun kebutuhan masyarakat akan ikan untuk dikonsumsi jauh lebih umum dan lebih dicari ketimbang ikan hias.

Tinggal Jauh Dari Kota Ini Jenis Usaha di Desa yang Raup Banyak Untung 04 - Finansialku

[Baca Juga: 25 Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil (2020)]

 

#8 Usaha Kuliner

Usaha kuliner memang tak pernah ada matinya. Bahkan, usaha yang satu ini terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Tidak dipungkiri bahwa kebutuhan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

Maka selama manusia masih membutuhkan asupan makanan, maka selama itu pula usaha kuliner dibutuhkan.

Peluang usaha di bidang kuliner juga semakin terbuka lebar karena banyaknya target pasar yang dapat dibidik. Segala jenis makanan yang variatif memiliki peminat yang berbeda-beda pula.

Maka, kesempatan kamu dalam membuka usaha kuliner yang kreatif dan dinamis selalu ada. Begitu juga teknik pemasarannya yang beraneka ragam.  Mulai dari membuka warung makan hingga sistem online maupun pre-order.

Dengan demikian, kamu dapat menentukan bagaimana sistem penjualan yang akan kamu lakukan menyesuaikan dengan kemampuanmu sehingga usaha kuliner yang kamu lakukan berjalan seefektif mungkin.

 

#9 Kerajinan Tangan

Usaha rumahan seperti kerajinan tangan menjadi sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, pengrajin dapat membuat kreasi kerajinan tangan yang cantik dan unik dengan nilai yang tinggi.

Biasanya masyarakat desa sangat terampil dalam membuat berbagai kerajinan yang jarang bisa dilakukan oleh orang-orang di kota besar. Peluang seperti inilah yang dapat kamu jadikan sebagai modal usaha.

Cari tahu apakah banyak tenaga pengrajin di desa tempat kamu akan membuka usaha. Jika ya, fasilitasi kemampuan mereka dengan membuat sebuah usaha yang mendatangkan keuntungan.

Dengan demikian, kamu dapat sekaligus mengurangi jumlah pengangguran di desa dan membantu kesejahteraan mereka.

Pastikan bahwa kerajinan tangan yang dibuat memiliki kualitas yang baik juga sehingga kamu dapat menjualnya di pasar nasional bahkan internasional!

Kerajinan tangan banyak jenisnya, mulai dari kerajinan tas dari rotan, daur ulang bahan bekas, perhiasan dari plastik, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Jika karyamu menarik perhatian, bukan tak mungkin bahwa barang jualanmu dihargai dengan nilai yang sangat tinggi.

Tinggal Jauh Dari Kota Ini Jenis Usaha di Desa yang Raup Banyak Untung 05 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Peluang Usaha Menguntungkan Selama Pandemi Corona]

 

#10 Aneka Bibit

Sebagian besar masyarakat desa menghidupi keluarganya dengan profesi-profesi seperti petani, peternak, dan sejenisnya. Dengan demikian, usaha pendukung di seputar bidang-bidang tersebut akan sangat diminati.

Salah satunya adalah dengan menjual aneka bibit untuk memfasilitasi masyarakat yang berladang.

Untuk bercocok tanam, mereka tentunya membutuhkan bibit dengan kualitas baik, harga yang terjangkau, dan lokasi yang dekat dengan area pertanian mereka.

Pertimbangan tersebut menjadi acuan kamu untuk membuka jenis usaha yang satu ini.

Nah, jika kamu memiliki hobi atau minat yang besar terhadap tanaman atau kegiatan bercocok tanam, maka kamu dapat menghasilkan keuntungan yang besar dari sini. Salah satunya adalah dengan menjual aneka bibit tanaman.

Sediakanlah berbagai jenis bibit yang sesuai dengan kebutuhan dan tren di masyarakat, baik bibit yang langka sekalipun jika diperlukan.

Pastikan pula bahwa harganya tidak mencekik karena kamu berperan sebagai pemasok. Untuk jenisnya, kamu dapat menyediakan beragam bibit seperti bibit cabai, bibit sayuran, dan aneka bibit tanaman lainnya.

Tinggal Jauh Dari Kota Ini Jenis Usaha di Desa yang Raup Banyak Untung 06 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan, Langsung Cair!]

 

Kata Siapa Usaha di Desa Kurang Menghasilkan?

Setiap kegiatan usaha memiliki target pasar yang berbeda-beda. Maka, di manapun usahamu dilakukan, baik di desa sekalipun, tetap memiliki peluang untung jika dilakukan sesuai dengan minat pasar yang ada.

Kamu dapat memilih salah satu jenis usaha seperti yang telah disebutkan di atas. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kamu telah melakukan survei peluang, mendalami minat dan bakat usaha, hingga mencari ide-ide usaha baru hasil modifikasi dari usaha yang sudah ada.

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkahnya dengan tepat, tentukan modal yang akan kamu alokasikan sesuai dengan jenis usaha yang akan kamu lakukan.

Lakukan pencatatan keuangan agar kamu bisa mengetahui dana yang kamu alokasikan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk mencatat keuangan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perencanaan keuangan dan konsultasi keuangan dengan ahli keuangan bersertifikat.

Tunggu apa lagi? Download aplikasi Finansialku dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu untuk menjadi member premium dengan memasukkan kode CUAN50.

playstore icon
appstore icon

 

Sekian artikel mengenai jenis usaha di desa yang dapat mendatangkan untung banyak. Nah, adakah ide usaha yang menginspirasi kamu?

Tuliskan tanggapanmu di kolom komentar dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20+ Contoh Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan. Kolomsatu.com – https://bit.ly/308gA7k

 

Sumber Gambar:

  • Usaha 1 – https://bit.ly/2XpdxG1
  • Usaha 2 – https://bit.ly/3k8e495
  • Usaha 3 – https://bit.ly/39RmRaw
  • Usaha 4 – https://bit.ly/39PMt7K
  • Usaha 5 – https://bit.ly/2De2Fns
  • Usaha 6 – https://bit.ly/3i50zVw