Wajib dicatat! Ini lima cara efektif mendapatkan modal usaha untuk bisnis UMKM yang jarang diketahui pebisnis pemula!

Apa saja? Ketahui informasi selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini.

 

Diam di rumah bukan berarti berhenti memberi asupan diri dengan wawasan-wawasan baru soal finansial, lho!

Tetap #ProduktifDiRumah ditemani oleh ratusan video informatif di kanal youtube resmi Finansialku, agar literasi finansial kita lebih luas!

 

 

Finansialku sangat senang kalau video-video kami bisa bermanfaat untuk sobat Finansialku.

Kami akan lebih senang kalau sobat Finansialku memberi apresiasi untuk kanal youtube resmi Finansialku dengan menekan tombol subscribe di bawah ini. Terima kasih!

 

 

 

Lima Cara Efektif Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pebisnis Pemula

Pernahkah kita berpikir, kenapa perusahaan rintisan (Startup) lebih mudah mendapatkan pendanaan sampai miliaran rupiah, tapi tidak berlaku sama untuk para pengusaha UMKM?

Terus, kalau gitu, gimana caranya UMKM Indonesia bisa mendapatkan pendanaan dan berkembang semakin baik?

Nah, kali ini, Melvin Mumpuni, CEO sekaligus founder Finansialku, akan kasih bocoran soal lima cara mendapatkan modal usaha yang efektif untuk bisnis UMKM kamu. Apa saja? Ini dia!

 

#1 Pendanaan Dari Uang Sendiri

Cara mendapatkan modal usaha yang pertama adalah, dengan menggunakan pendanaan dari uang sendiri atau dalam dunia startup, biasa disebut dengan istilah bootstrapping.

Pada fase ini, biasanya kita direkomendasikan untuk fokus dan memastikan apakah bisnis yang diidekan bisa berjalan dan memiliki konsumen, dan sebagainya.

Melvin Mumpuni juga memberikan contoh bootstrapping secara blak-blakan, yang bisa ditonton di video di atas.

 

#2 Jual atau Gadai Aset

Cara mendapatkan modal usaha yang kedua ini biasanya dilakukan apabila jumlah dana tunai yang kita miliki tidak cukup untuk menutupi kebutuhan bisnis rintisan.

Sobat Finansialku bisa mulai mempertimbangkan untuk menjual atau menggadaikan aset pribadi seperti rumah, mobil, dan sebagainya.

 

#3 Pendanaan dari Angels Investors

Ketiga, adalah pendanaan dari keluarga, teman, atau kenalan, yang bisa kita sebut juga dengan istilah angels investors.

Dalam pendanaan ini, yang ditukar dengan dana yang telah dikucurkan oleh angels investors adalah kepemilikan perusahaan atau disebut juga dengan SAHAM, dengan kepemilikan sekitar 10-20 persen.

Oleh sebab itu, untuk Sobat Finansialku yang ingin mendapatkan pendanaan dari orang lain, disarankan agar perusahaan atau bisnis yang dijalankan memiliki badan hukum Perseroan Terbatas (PT).

 

#4 Utang

Pendanaan lain yang bisa dijadikan alternatif adalah dengan mengajukan utang ke bank.

Nah, pendanaan dari bank ini punya berbagai jenis, seperti Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja, atau KUR (Kredit Usaha Rakyat).

 

#5 Pendanaan Dari Venture Capital

Cara mendapatkan modal usaha yang terakhir, adalah dengan mengajukan pendanaan dari investor modal ventura atau venture capital.

Pendanaan ini bisa memberikan dana ke perusahaan dengan dua skema, yaitu:

  • Pemberi pinjaman: Artinya, ivnestor akan mendapatkan keuntungan dari pengembalian pokok dan bunga.
  • Membeli saham

 

Itu dia beberapa cara mendapatkan modal usaha yang bisa dicoba untuk para pemula. Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan terkait pembahasan ini? Silakan utarakan di kolom komentar, ya!

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada teman dan keluarga sebanyak mungkin, agar makin banyak yang mengetahui cara mendapatkan modal usaha. Terima kasih!