Apakah kamu sudah menemukan jawaban soal bagaimana pasar komoditi bisa terbentuk?

Kalau belum, yuk cari tahu sama-sama di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Kurva penyebaran virus corona belum menunjukkan penurunan. Ini sebabnya, jika tidak ada kepentingan mendesak, lebih baik kamu bertahan diam di rumah, ditemani dengan video-video informatif yang ada di kanal youtube Finansialku, yuk!

 

 

Jangan lupa untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Bagaimana Pasar Komoditi Terbentuk?

Kalau sebelumnya, kita belajar sedikit tentang investasi komoditi, maka kali ini, kita akan melanjutkan pembelajaran dengan materi tentang bagaimana pasar komoditi terbentuk?

Sebenarnya perdagangan komoditi sudah ada seiring dengan perkembangan peradaban manusia.

Tapi karena kebutuhan manusia makin beragam dengan jarak yang sulit dijangkau, perdagangan komoditi terjadi antar kelompok manusia.

Misalnya, daerah A merupakan penghasil beras, sedangkan daerah B merupakan penghasil daging. Jadi, ada pertukaran komoditi di daerah ini.

Tempat di mana komoditi-komoditi tersebut diperdagangkan disebut dengan pasar. Penjual dan pembeli komoditi akan bertemu dalam proses tawar-menawar harga dan nilai.

Adanya pasar memicu terbukanya jalur-jalur perdagangan baru yang menghubungkan penjual dan pembeli dari seluruh penjuru dunia.

Kalau dilihat dari sejarah, Pasar komoditi pertama didirikan tahun 1848 di Chicago, Amerika Serikat yakni Chicago Board of Trade (CBOT).

Pasar ini kemudian menjelma menjadi Bursa Komoditi modern, di mana perdagangan dan penentuan harga komoditi paling penting di dunia terjadi.

Bursa adalah tempat dimana transaksi penjual dengan pembeli tercatat dan kedua belah pihak mendapat kesempatan untuk melakukan price discovery dan tercipta proses perdagangan yang transparan.

CBOT berperan sangat besar dalam menjadikan Dolar AS sebagai mata uang acuan perdagangan dunia hingga saat ini–meskipun jenis komoditi yang diperdagangkan di bursa tersebut berasal dari negara lain di seluruh penjuru dunia.

Lalu, bagaimana dengan bursa komoditi yang ada di Indonesia?

10+ Komoditi Pertanian Unggulan Indonesia yang Siap Diekspor 03 (2)

[Baca Juga: Kenali Awal Mula dan Perkembangan Pasar Komoditi Di Indonesia]

 

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah dan merupakan pusat produksi utama dari banyak komoditi unggulan dunia seperti timah, emas, minyak sawit, kopi dan lainnya.

Hal ini lah yang membuat bangsa-bangsa besar zaman dahulu memperebutkan Indonesia untuk mengeksploitasi kekayaan alamnya dan memenuhi kepentingan bangsa yang menjajahnya.

Situasi tersebut mendorong Indonesia harus mampu berdikari. Namun, menjadikan Indonesia berdaulat untuk mengelola perdagangan dan menentukan harga komoditi yang dihasilkannya sendiri masih perlu melalui perjalanan panjang.

Indonesia masih harus menghadapi ancaman baik dari luar maupun dalam negeri, terutama dari pihak-pihak yang telah lama menikmati keuntungan dari tata niaga komoditi Indonesia yang belum baik.

Maka dari itu, perlu dilakukan perbaikan berkelanjutan agar proses perdagangan komoditinya optimal dan mampu memberikan manfaat ekonomi maksimal bagi Indonesia.

Optimalisasi perdagangan komoditi paling baik dilakukan melalui pembentukan pasar yang lebih terorganisir, yaitu melalui pembentukan Bursa.

Seperti halnya dengan CBOT yang meningkatkan perekonomian AS, kehadiran Bursa modern di Indonesia dapat mendorong kebangkitan perekonomian bangsa. Bursa dapat menjadi pusat perdagangan dan penentuan referensi harga komoditi asli Indonesia.

Selain itu, seiring dengan kemajuan teknologi digital, Bursa telah membuka peluang baru yaitu akses terhadap pasar global.

Sehingga, perdagangan komoditas pun menjadi semakin aktual dan adaptif. Kamu juga pun ga perlu khawatir tidak dapat mengakses pasar bernilai fantastis ini. Perdagangan komoditas tidak hanya dapat diakses oleh pihak tertentu saja (korporasi), lho! Individu seperti kita juga punya akses yang sama, kok!

Kit bisa menjadi pelaku pasar komoditif dengan adanya penerbitan kontrak berjangka, yang akan dijelaskan di artikel video selanjutnya!

 

Itu dia penjelasan mengenai bagaimana pasar komoditi bisa terbentuk. Apakah kamu punya pertanyaan? Kalau ada, jangan sungkan untuk tanyakan di kolom komentar, ya!

Kalau kamu sudah paham, kamu bisa bagikan informasi penting ini kepada teman-teman dan keluarga kamu lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!