Begini cara membeli emas yang legal dan aman, plus LIKUID! Jangan sampai di-skip, kalau nggak mau menyesal di kemudian hari.

Kamu bisa ketahui informasi selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini.

 

Kurva penyebaran virus corona belum menunjukkan penurunan. Ini sebabnya, jika tidak ada kepentingan mendesak, lebih baik kamu bertahan diam di rumah, ditemani dengan video-video informatif yang ada di kanal youtube Finansialku, yuk!

 

 

Jangan lupa untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

Cara Membeli Emas yang Legal dan Aman

Saat ini, emas lagi jadi perhatian banyak orang karena harganya yang terus menguat di tengah pandemi Covid-19 ini.

Sejalan dengan itu, semakin marak pula penipuan yang menyasar investor pemula dengan skema investasi yang too good to be true.

Ini yang harus sama-sama kita hindari dengan menambah banyak wawasan dan membaca tips dari Finansialku, karena kali ini kami akan memberi tahu kamu tips cara membeli emas yang legal dan aman! Ikuti sampai akhir, ya!

 

#1 Konvensional

Sampai sekarang, cara konvensional menjadi salah satu cara yang cukup aman buat kamu yang ingin beli emas.

Meski begitu, kamu harus tetap memastikan kalau toko yang kamu datangi untuk membeli emas tersebut legal, ya!

Oh ya, untuk kamu yang mau menyimpan emas, pastikan untuk beli emas batangan 24 karat, dan bukan perhiasan, ya.

Karena kalau kamu beli emas dalam bentuk perhiasan, biasanya kamu akan dikenai potongan harga saat menjual kembali aset kamu. Selain itu, emas berbentuk perhiasan juga cenderung sudah dicampuri dengan bahan lain, sehingga emas jadi tidak murni.

Bukan cuma itu, faktor lain juga bakal jadi pertimbangan untuk harga perhiasan turun, seperti model perhiasan yang sudah tidak banyak peminat.

 

#2 Beli di Pegadaian

Cara membeli emas yang legal dan aman yang kedua, kamu bisa membelinya di outlet Pegadaian dan Galeri 24 Pegadaian.

Untuk informasi, sekarang Pegadaian juga memberikan layanan pembelian emas untuk semua kalangan.

Sistem pembayarannya sendiri bisa dilakukan secara tunai di jaringan distro Galeri 24 Pegadaian atau secara angsuran di outlet Pegadaian.

Adapun, emas yang dijual tersedia mulai dari kepingan 0,5 gram hingga 1 kilogram dengan masa angsuran hingga 36 bulan.

Dengan beli di Pegadaian, kamu tidak perlu khawatir soal legalitas, karena Pegadaian sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga terjamin keaslian dan keamanannya.

 

#3 Secara Online

Cara ketiga, kamu bisa membeli emas secara online di platform penyedia layanan penjualan emas.

Tapi sebelum itu, pastikan kalau platform yang kamu pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, seperti salah satunya adalah Pegadaian Digital.

Pegadaian Digital adalah salah satu platform terpercaya yang memungkinkan kamu untuk beli, jual, cicil, hingga gadai emas.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa mencetak emas yang sudah dikumpulkan di Tabungan Emas.

Aplikasinya bisa kamu unduh lewat Google Play Store dan Apple Apps Store sekarang!

 

#4 Pastikan Menerima Sertifikat

Setelah membeli emas di platform atau tempat pilihanmu, jangan sampai kamu tidak menerima sertifikat, ya! Karena sertifikat adalah bukti keaslian dari emas yang kamu beli.

 

#5 Simpan di Tempat Aman

Setelah berhasil membeli emas batangan, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang menurutmu aman, ya. Misalnya, Safe Deposit Box.

Safe Deposit Box sendiri merupakan jasa penyewaan kota penyimpanan barang atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus. Jangan khawatir, keamanan akan terjamin, karena emasmu akan ditempatkan di ruangan khusus yang kokoh, tahan bongkar, hingga tahan api.

 

Itu dia lima cara membeli emas legal dan aman ala Finansialku. Intinya, pastikan kamu kamu membeli dan menyimpan emas di tempat yang sudah pasti aman, ya!

 

Apakah kamu punya tips lain yang bisa dibagikan pada Sobat Finansialku lainnya? Jangan ragu sampaikan di kolom komentar, ya!

Jangan lupa juga untuk membagikan tips ini kepada teman dan keluargamu lewat pilihan platform yang tersedia. Terima kasih!