Hidup hanya dengan Rp 26 ribu apakah bisa mencapai financial freedom? Ataukah ada strategi lain untuk mencapai bebas keuangan?

Yuk, ketahui jelasnya dalam artikel video Finansialku berikut ini.

 

Sobat Finansialku, bagaimana kabarmu hari ini? Semoga selalu sehat begitu pula dengan keuangannya, ya.

Tak usah khawatir jika keuangan kamu belum sehat, karena channel Youtube Finansialku punya video-video inspiratif yang bisa membantu kamu menyehatkan keuangan kamu hingga sampai meraih financial freedom.

 

Jangan lupa klik tombol subscribe dan nyalakan loncengnya agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video bermanfaat lainnya!

 

 

Apa Bisa Financial Freedom dengan Hidup Hemat?

Sobat Finansialku, tahukah kamu? Ada seorang wanita asal Jepang bernama Saki Tamogami yang telah berhemat selama 16 tahun dan mengeluarkan biaya makan per hari hanya Rp 26.700.

Saki berhemat lantaran dia memiliki cita-cita untuk membeli rumah idamannya. Nah, apakah hidup hemat seperti Saki bisa membuat kita kaya dan bebas finansial (Financial Freedom)?

Bagi sebagian orang, menjalani hidup diet finansial mungkin sangat sulit. Apalagi jika kamu dalam kondisi sudah berkeluarga dan punya anak, sandwich generation, single parent, orang tua dengan anak berkebutuhan khusus atau kondisi lainnya.

[Baca Juga: Yuk Cari Tahu Hambatan Mencapai Financial Freedom Sekarang!]

Lalu, berapakah target financial freedom kita?

Menurut Robet T. Kiyosaki, financial freedom adalah ketikan penghasilan investasi (cashflow) dan penghasilan pasif bisa membiayai pengeluaran kamu.

Mari kita coba hitung.

Misal Rp 10 juta per bulan atau Rp 120 juta per tahun.

Seandainya ada investasi yang bisa menghasilkan keuntungan 8% per tahun dan inflasi 4% per tahun, maka modal untuk financial freedom adalah

 

= Rp 120 juta / (8% – 4%)

= Rp 3 miliar

 

Apakah Rp 3 miliar ini akan habis?

Yuk, kita simulasikan.

Misal kita kejar  Rp 3 M dalam waktu 15 tahun atau kurang.

Seandainya kita bisa berinvestasi Rp 5 juta apakah bisa?

Investasi Rutin

Berapa Lama Kejar 3 miliar pertama?

5 juta per bulan

18 tahun

10 juta per bulan

13 tahun

15 juta per bulan

10 tahun

20 juta per bulan

9 tahun

 

Nah, kamu sudah dapat pilihannya, kan? Apakah kamu mau pilih 9 tahun, 10 tahun, 13 tahun atau 18 tahun?

Jika kamu merasa kesulitan untuk berinvestasi sesuai dengan jangka waktu yang kamu pilih, maka solusinya adalah tambah penghasilan kamu. Caranya bisa dengan menambah earned income dari bonus di tempat kerja, berhemat (frugal living) seperti cerita di atas, mengambil proyek, atau trading.

 

Nah, jika kamu mau trading emas berjangka atau mata uang, yuk belajar dari ahlinya agar kamu tahu strategi berdagang yang benar dan sukses.

Ikuti pelatihan Traders Lab bersama CEO Finansialku Melvin Mumpuni CFP dan Direktur PT Agrodana Futures Tommy Zhu CFA, CFP, CWM yang sudah berpengalaman melakukan trading selama 20 tahun.

Dalam pelatihan ini kamu akan mengetahui bagaimana cara kerja seorang professional trader dalam meningkatkan potensi keuntungan dan kamu akan diajarkan dari nol hingga sukses.

Yuk, daftar sekarang karena ada diskon 90% sebelum kehabisan kuota.

Daftar Traders Lab

 

Bagaimana pendapat kamu mengenai informasi di atas? Semoga bisa bermanfaat, ya. Jika kamu memiliki pertanyaan atau komentar, silakan tulis pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa untuk membagikan ini pada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH